Cara Membuat Pot Sabut Kelapa dengan Mudah dan Benar

Membuat pot dari sabut kelapa itu hal yang mudah karena selain ramah lingkungan, bisa dikatakan biayanya cukup murah. Kelapa juga memiliki banyak manfaat. Dalam konteks ini, saya akan menceritakan sesuatu tentang kelapa dan saya juga. menyediakan cara untuk membuat Pot dari sabut Kelapa. dan produk kelapa apa yang bisa digunakan. Menarik, bukan? Mari kita lihat baik-baik.

Sabut Kelapa

sabut kelapa

Tanaman kelapa memiliki beberapa manfaat. Seluruh tanaman digunakan untuk berbagai keperluan. Yaitu bagian sabut kelapa. Sabut kelapa kering cocok untuk berbagai kerajinan. Salah satu keunggulan sabut kelapa adalah bisa digunakan untuk membuat pot gantung. Pot gantung terbuat dari sabut kelapa yang lembab dan mudah menyerap air, sehingga kelebihan pot gantung bisa digunakan untuk menanam tanaman contohnya  pakis kadaka, tanduk rusa, suplir dll..

Selain untuk menanam pakis, pot gantung juga bisa digunakan untuk menanam anggrek yang secara alami memberikan efek natural dan elegan pada tanaman anggrek.

Manfaat Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kebun kelapa sering dimanfaatkan oleh warga kebun kelapa untuk berbagai manfaat, beberapa di antaranya kami sajikan di bawah ini.

1. Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

Sabut kelapa mempunyai kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman, makanya dianjurkan untuk menggunakan pupuk organik dari sabut kelapa ini. Selain itu, pupuk organik berbahan dasar batok kelapa memberikan kandungan air 60% lebih banyak.

Dibandingkan dengan pupuk konvensional. Oleh sebab itu, pemberian pupuk kelapa organik sangat dianjurkan pada daerah yang mengalami kekeringan atau yang mengaalami hujan rendah. Bahkan di pantai berpasir, menambahkan kelapa atau pohon kelapa ke pasir pantai dapat digunakan sebagai penanaman.

2.  Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru dibuat pasti seringkali ada bau semen yang tidak enak. Hal ini tentu membuat budidaya ikan menjadi sulit.Cara alami untuk menghilangkan bau semen pada tambak yang baru dibangun adalah dengan menggunakan jantung kelapa.

Caranya cukup sederhana yaitu anda tinggal memercikkan kelapa atau mencampurnya dengan daun yang mudah membusuk dan diamkan selama 1-2 minggu kemudian airnya berubah warna menjadi kecoklatan hingga kehijauan.

3. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Ada juga kerajinan tangan lain yang terbuat dari kelapa yang mungkin sudah dikenal oleh lingkungan kita yaitu kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau perdagangan.

Ada banyak jenis kerajinan tangan yang terbuat dari kelapa, terutama karena banyak suku daerah di Indonesia. Sehingga dapat menghasilkan berbagai kerajinan kerajinan unik dari berbagai daerah.

4. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Tentunya Anda mungkin tidak asing lagi jika mendengar briket berasal dari batok kelapa bukan? Tentu saja, briket kini bisa dibuat dari sabut kelapa. Dan mungkin Anda bisa seperti orang luar ketika briket berasal dari serabut kelapa.

Briket yang bahan utamanya adalah sabut memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan biaya produksi yang lebih murah, karena biaya produksi briket sabut lebih rendah dibandingkan dengan briket batubara. Pembuatan briket sabut juga mudah karena proses pembuatan briket sabut hampir mirip.

 5. Sebagai Media Pembakar

Keunggulan umum dari kelapa ini adalah para pengusaha sering menggunakannya untuk arang yang terbuat dari batok kelapa, lalu dijadikan kelapa sebagai media yang sangat mudah terbakar. Kecuali tempurung kelapa yang digunakan untuk pengasapan.

Kelapa juga sering digunakan di restoran tradisional. Juga dalam industri seperti pembuatan keramik dan genteng, sabut sering digunakan karena sabut kering mudah terbakar dan juga menghasilkan api yang stabil.

6. Sebagai Penyaring Air

Salah satu yang paling manfaat kelapa adalah sebagai alat penyaring air yang mudah. Tekstur kelapa dapat membantu penyaringan air. Bagaimana Anda menerapkan proses penyaringan?

Di bawah ini kami telah menyajikan metode yang sederhana. Pada motode awal, sabut kelapa harus dikupas kulitnya terlebih dahulu, sehingga baru bisa digunakan untuk menyaring air. Air mengalir melalui saringan sabut kelapa

Air yang lebih jernih dapat diperoleh dengan mudah dengan memisahkan kotoran atau kotoran, namun proses ini harus dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan air yang paling jernih.

Cara Membuat Pot Sabut Kelapa

cara membuat pot sabut kelapa

Alat-alat

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan-bahan:

  • tempurung kelapa kering
  • serat sawit

Cara Membuat Pot Kelapa Kelapa :

  1. Keluarkan batok kelapa dari kelapa parut dan gunakan alu untuk mengeluarkan batok kelapa agar batok kelapa masih terjalin. Di pedesaan biasanya batok kelapa dikupas dengan cara ini, sehingga batok kelapanya masih terkelupas. Sebarkan batok kelapa dan potong permukaannya dengan pisau besar. Anda bisa menggunakan coir processor agar lebih mudah.
  2. Tandai tepi bawah dan atas masing-masing bagian dengan bekas, bagian ini akan dibor untuk mengikat bagian kelapa serta pengikat pot.
  3. Bor dengan hati-hati di bagian yang ditandai.
  4. Masukkan serat ke setiap lubang di tempurung kelapa, biarkan setiap setengah dari tempurung kelapa menyatu.
  5. Setelah ikatan bagian dalam terbentuk, silangkan ikatan di bagian luar, lakukan hal yang sama untuk semua bagian sabut. Sehingga membuatnya menjadi ikatan yang kuat.
  6. Pot batok kelapa siap ditanam anggrek atau pakis.

Tentunya apabila ingin mengurai sabut kelapa, anda bisa mengurai sabut kelapa dahulu agar nantinya dapat menghasilkan serat dan gabus. Dengan cara ini, anda harus memiliki alat pengurai sabut kelapa dan mesin sabut kelapa.  Sehingga nantinya anda akan dapat mengurai sabut kelapa dengan baik dan bagus

Leave a Comment