Apa itu Anchor Text: Tips dan Fungsinya

Apa Itu Anchor Text: Jenis dan Fungsinya- Anchor text merupakan bagian penting dalam optimasi SEO website, terutama bagi Anda yang sering menggunakan teknik backlink. Apa itu anchor text dan apa manfaatnya? Dalam panduan ini kami akan menjelaskannya kepada Anda secara rinci.

Apa Itu Anchor Text?

Apa Itu Anchor Text

Anchor text adalah teks di situs web yang mengarah ke tautan atau URL tertentu. Backlink berupa anchor text bisa merujuk ke website Anda sendiri (internal) atau link yang merujuk ke website lain (eksternal).

Anchor text merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan peringkat sebuah website di search engine. Namun, Anda juga perlu memperhatikan relevansi antara isi konten dengan link yang Anda buat. Pastikan keduanya relevan agar nilai backlink bagus di mata mesin pencari.

Jenis Anchor Text

1. Exact Match

Yang pertama adalah pencarian yang tepat, sejenis teks jangkar yang berisi kata kunci yang sama dengan kata kunci di halaman yang ditargetkan. Pencarian yang tepat ini adalah jenis teks jangkar yang dapat dikatakan paling efektif dalam meningkatkan mesin pencari.

Namun, perlu dicatat bahwa jika Anda salah menggunakannya, peringkat situs web Anda akan lebih rendah. Misalnya, jika Anda mengarahkan ulang ke URL situs web berjudul “Artikel Teknis melalui manajemen cpanel” yang menggunakan kata kunci “Artikel Teknis”, maka teks jangkar yang ditampilkan juga akan berisi “Artikel Teknis”.

2. Partial Match

Pencocokan sebagian adalah jenis teks tautan yang identik dengan pencarian persis, tetapi Anda dapat menambahkan variasi pada teks yang ditampilkan sehingga tidak harus sama persis dengan kata kunci yang digunakan. Misalnya, jika situs dialihkan ke halaman dengan kata kunci “webbuilder rumahweb”, Anda dapat menampilkan teks jangkar seperti “instal rumahweb webbuilder”.

3. Generic Anchor

Generic Anchor adalah jenis yang umum digunakan. Umumnya, jangkar umum menggunakan kata-kata seperti “klik di sini”, “unduh sekarang”, atau “baca lebih lanjut” untuk merujuk ke tautan situs web tertentu.

4. Naked Anchor text

Seperti namanya, jenis text anchor ini menampilkan teks berupa link website yang digunakan. Misalnya, jika Anda menautkan artikel ke URL “https://rumahweb.com/journal” sehingga anchor text yang ditampilkan adalah “https://rumahweb.com/journal”.

5. Branded Text

Branded text merupakan jenis teks jangkar yang banyak digunakan. Orang ini menunjukkan merek di tautan. Misalnya, artikel di situs web memiliki URL “https://www.rumahweb.com/vps-murah/” agar anchor text dapat ditampilkan sebagai “Rumahweb”.

6. Image

Jenis anchor text ini menggunakan teks alternatif pada gambar website di link yang digunakan untuk anchor text.

Tips Membuat Anchor Text

Apa Itu Anchor Text

1. Relevensi

Seperti disebutkan di atas, tautan pengenal yang Anda buat harus berupa hyperlink. Jika judul link bersifat manipulatif, maka akan membingungkan pengguna. Itu juga membuat reputasi online Anda menjadi negatif di mata mesin pencari.

2. Hindari Anchor Text Yang Berlebihan

Tautan yang Anda buat untuk sebuah artikel tidak boleh terlalu banyak. Apalagi jika ada frase yang Anda targetkan berkali-kali. Ini bisa memberi Anda penalti dari Google.

3. Arahkan ke Halaman Otoritatif

Pastikan Anda menautkan ke sumber yang otoritatif atau tepercaya. Karena kualitas link di konten Anda juga mempengaruhi optimasi mesin pencari. Selain itu, ini juga sebagai bentuk tanggung jawab Anda kepada pengguna. Sebagai pembuat konten, Anda harus bisa memberikan referensi terbaik.

Fungsi Anchor Text

  1. Menamai tautan.
  2. Dorong pengunjung untuk membaca artikel terkait lainnya.
  3. Untuk memudahkan pengunjung mengenal blog.

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan layanan website server indonesia murah,langsung saja kunjungi website kami di punca id yang telah berpengalaman melayani pelanggan.

Leave a Comment