Cara Membuat Kopra Putih yang Efisien dan Mudah

Cara Membuat Kopra Putih – Apa itu kopra? Pertama, kopra itu sendiri adalah daging kelapa di dalam tempurungnya. Karena kebanyakan daging kelapa berwarna putih, apa perbedaan antara kopra dan kopra putih? Selain cara membuat kopra putih, mari kita juga bahas kopra sedikit.

Bagaimana cara mengeluarkan kopra atau kopra dari cangkangnya? Dipahat secara manual, tentu saja. Anda juga perlu berhati-hati dalam menggalinya agar bagian bawah kapal tidak dikeruk. Jika diparut, kopra masih harus dibersihkan lagi agar benar-benar putih.

Menurut Trully Laksono yang dikenal sebagai “bapak kopra putih”, istilah kopra putih mengacu pada kopra segar yang belum diolah.

Cara membuat kopra putih juga perlu kecerdikan. Kopra yang dibuat harus memiliki kualitas yang baik, harga baru tinggi. Petani kopra perlu tahu tekniknya. Dimungkinkan untuk melakukan metode manual berdasarkan lingkungan alam atau alat buatan sendiri.

Cara Membuat Kopra Putih

Cara Membuat Kopra Putih

 

Kopra putih adalah bagian daging buah kelapa yang dipisahkan dari tempurungnya. Kopra putih atau biasa dikenal dengan kopra putih diolah dari kelapa tua segar melalui sistem penjemuran/penjemuran tidak langsung, dipadukan dengan sinar matahari.

Kopra putih merupakan bahan baku pengolahan minyak kelapa mentah dan tidak mengandung senyawa kimia yang digunakan dalam minyak makanan diet, minyak nabati, sabun herbal dan produk turunan lainnya.

Proses produksi kopra putih harus memperhatikan kebersihan dan prosedur yang ketat untuk menghasilkan kelapa putih kering (5%), higienis, bersih, bebas aflatoksin, PAHs, FFA dan kotoran lainnya.

Mengetahui cara membuat kopra putih sangat menguntungkan, apalagi jika anda seorang petani kopra atau pengusaha dagang kopra. Ada beberapa cara membuat kopra putih dengan cara dijemur. Diantara yang lain :

1. Bagaimana cara mengolah kopra putih dengan cara dijemur

Cara ini sangat memakan waktu dan sangat bergantung pada kondisi cuaca, kualitas kopra seringkali tidak stabil, berjamur dan kandungan airnya kurang optimal. Bila Dimusim hujan anda bisa menggunakan oven kopra putih untuk terus menjalankan bisnis kopra anda.

Pengeringan alami ini membutuhkan kesabaran. Apalagi jika memasuki musim penghujan. Saat cuaca membaik, pengeringan akan memakan waktu 2 hari. Baru setelah itu daging kelapa bisa diekstraksi. Kemudian jemur kembali selama 3 sampai 5 hari hingga diperoleh kopra. Jika cuaca baik, penjemuran terus menerus selama 8 jam dapat menguapkan ±1/3 air dalam buah .

2. Pengeringan Dengan Metode Rumah Tudung Plastik

Beralihlah ke matahari di siang hari, tetapi gunakan penutup plastik untuk mengeringkan sari kopra di area plastik. Butuh waktu lama agar panas mencapai area plastik, sehingga lebih cepat kering dari biasanya.

Teknik pengeringan ini lebih baik daripada sinar matahari langsung. Teknologi pengeringan kopra sangat menentukan kualitas produk olahan (terutama minyak kelapa).

Ruang jemur terdiri dari langit-langit dan dinding yang terbuat dari plastik transparan. Sinar matahari menembus atap plastik transparan dan memanaskan daging kelapa kering.

Dengan cara ini, panas yang dipantulkan dari tanah atau limbah ditahan, yang meningkatkan suhu ruang plastik, sehingga kopra yang dikeringkan lebih cepat dan terlindungi oleh hujan.

3. Teknik Pengasapan

Metode ini adalah teknik yg telah poly dikembangkan pada kalangan petani kopra. Masukkan daging kelapa (ampas kelapa) ke dalam pengasapan dengan cara membakar tempurung kelapa atau tempurung di bawah tempurung. Kopra yang disangrai dengan sistem pengasapan selanjutnya dijemur.

Namun, dengan tidak adanya sinar matahari, metode pengasapan adalah cara lain untuk mengeringkan kelapa. Sabut kelapa atau sabut kelapa sangat dibutuhkan saat musim hujan karena cara menjemur di bawah sinar matahari kurang memuaskan. Teknik ini memakan waktu sekitar 3 hari.

Ada banyak cara membuat kopra putih dari segi tradisional bahkan sampai segi modern dan bisnis kopra adalah hal yang lumayan menguntungkan.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment