Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Apa itu landing page – Apakah toko online Anda belum memiliki website? Sayang sekali, landing page sebenarnya dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak rupiah dari situs web e-niaga Anda.

Apa Itu Landing Page?

apa itu landing page,landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk pemasaran. Halaman ini ditampilkan waktu pengunjung tiba ke situs berdasarkan output pencarian berbayar.

Pembuatan halaman arahan adalah upaya untuk meningkatkan pengalaman pengunjung di situs web. Karena ketika pengunjung merasa senang, mereka ingin membeli produk atau melakukan aktivitas online lainnya sesuai keinginan.Apabila anda belum tau cara membuat landing page anda bisa pakai jasa pembuatan landing page.

Fungsi Landing Page

Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Tergantung pada jenisnya, halaman arahan memiliki dua fungsi utama. Pertama, halaman arahan dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang calon pengunjung atau prospek. Prospek ini diasuh oleh perusahaan. Kemudian pelanggan potensial tersebut diharapkan untuk melakukan pembelian di masa mendatang.

Kedua, halaman arahan juga dapat membantu mempercepat transaksi. Halaman ini sedikit mengganggu dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, halaman arahan memberi pengunjung cara khusus untuk mengakses produk atau layanan yang ingin mereka beli.

Jenis-Jenis Landing Page

Biasanya ada dua jenis homepage. Yang pertama adalah halaman arahan pembuatan prospek (terkadang disebut halaman pengambilan prospek). Yang kedua adalah halaman arahan CTR. Berikut penjelasan singkatnya:

Laman landas perolehan prospek mengumpulkan informasi tentang pelanggan potensial. Terutama informasi berupa nama dan alamat email. Perusahaan menyimpan kedua data ini dan menggunakannya untuk membina hubungan dengan pelanggan potensial.

Contoh-Contoh Landing Page

Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Kami berbicara tentang pentingnya halaman arahan, fungsinya, perbedaan antara halaman arahan dan halaman arahan dan jenisnya. Namun sepertinya pembahasan tidak akan lengkap tanpa beberapa contoh landing page sedih.

Karena kami bersikap baik (hehe), mari sertakan beberapa contoh halaman arahan yang menginspirasi di sini. Bukan hanya screenshot dan sedikit deskripsi. Kami juga membahas mengapa desain halaman arahan harus menjadi inspirasi.

1. Airbnb

Airbnb adalah platform persewaan real estat. Startup bertindak menjadi mediator antara pemilik properti & mereka yang tertarik buat menggunakannya.

Baru-baru ini, Airbnb juga telah berkembang ke arah lain. Bukan hanya real estat, namun kini semua pengalaman perjalanan bisa diatur dengan bantuan Airbnb. Mulai dari wisata kuliner, kelas memasak, konser, ekskursi hingga pengalaman berwisata yang berdampak sosial.  Semuanya bisa diatur melalui Airbnb.

Nah, sekarang saatnya berbicara tentang halaman arahan. Gambar di atas adalah beranda mitra Airbnb. Di sebelah kanan Anda dapat memeriksa perkiraan jumlah uang yang akan Anda peroleh dengan menyewa apartemen di Airbnb.

Cara untuk membuat halaman Airbnb:

  1. Posting foto interaktif jika Anda ingin mengundang pengguna untuk bergabung dengan program ini.
  2. Objek yang diletakkan di sebelah kiri menjadi fokus perhatian pengguna. Jadi putuskan apa yang ingin Anda tekankan dalam bisnis Anda.
  3. Buat formulir dengan bidang pendek. Formulir seperti itu meningkatkan keinginan pengguna untuk mengisinya.

2. Neil Patel

Siapa yang tidak mengenal Neil Patel? Dia adalah seorang penulis dan pemasar yang sangat berpengaruh di dunia. The Wall Street Journal menobatkannya sebagai salah satu influencer dalam pemasaran, khususnya online.

Majalah Pengusaha memasukkan perusahaan Neil Patel dalam daftar 100 Perusahaan Besar. Presiden Barack Obama juga menobatkannya sebagai salah satu dari 100 Pengusaha Sukses Di Bawah Usia 30 Tahun. Neil Patel juga masuk dalam daftar 100 pengusaha sukses PBB di bawah usia 35 tahun.

Neil Patel membagikan berbagai alat pemasaran digital di situs webnya. Terutama semua alat yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja situs web perusahaan.

Laman landas Neil Patel adalah jenis laman landas pembuatan prospek. Ini mendorong pengunjung untuk mengisi kolom email. Pengunjung kemudian akan menerima berbagai wawasan dan tips langsung ke kotak surat mereka melalui alamat email ini.

Cara membuat halaman Neil Patel:

  1. Buat halaman arahan dengan gambar sederhana dan unik yang mendorong partisipasi.
  2. Ilustrasi rejeki atau permainan sejenis dapat meningkatkan kecepatan pengunjung untuk mengikuti penawaran.
  3. Buatlah headline yang singkat, padat, namun menjanjikan.
  4. Tambahkan informasi tambahan di bawah ini. Ini untuk mencegah Anda dituduh “menipu” karena memenangkan hadiah.
  5. Tambahkan juga URL ke halaman Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan. Keduanya penting, terutama jika audiens perusahaan Anda adalah segmen internasional.

3. Uniqlo

Uniqlo merupakan merek sandang internasional yang sangat terkenal pada kalangan anak muda. Ia dikenal menggunakan desain pakaiannya yang sederhana, serbaguna, higienis & cocok buat perempuan & pria.

Kepopuleran brand pakaian Negeri Sakura ini juga sudah merambah banyak negara. Dari Kanada, Bangladesh, China, Jerman, India, Indonesia dan 17 negara lainnya. Indonesia sendiri memiliki 15 toko terbesar di seluruh wilayahnya. Uniqlo mengklaim bahwa beranda mereka selalu sederhana. Dengan latar belakang putih, Uniqlo menempatkan logonya di atas. Kemudian muncul kalimat yang meminta Anda untuk mengisi kolom email.

Seperti biasa, Uniqlo menarik perhatian dari sana untuk mengirimkan berita dan penawaran terbaru untuk produk mereka. Jangan lupa bahwa Uniqlo juga menawarkan pilihan promosi dan produk apa yang Anda inginkan.

Cara membuat halaman Uniqlo:

  1. Sesuaikan tampilan dan nuansa beranda Anda dengan branding perusahaan Anda .
  2. Tunjukkan logo jika desain halaman arahan sudah sangat sederhana. Setidaknya logo membuat layar lebih mudah diingat.
  3. Dengan cara ini, calon pelanggan hanya mendapat fakta yang paling relevan & diinginkan.
  4. Pilihan Uniqlo untuk pria dan wanita juga dapat disesuaikan.

4.Mailchimp

Mailchimp adalah platform pemasaran digital. Mailchimp memungkinkan Anda menciptakan banyak sekali elemen pemasaran online. Misalnya, konten visual dari media sosial, halaman arahan, email, kartu pos, dll.

Namun, Mailchimp lebih dari sekadar platform pembuatan konten pemasaran digital. Di sana Anda dapat melihat apakah konten yang dibuat merespons analisis dengan baik. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengeksekusi strategi pemasaran secara efisien dan optimal.

Namun, Mailchimp masih merupakan platform “desain”. Dan efek ini tidak keluar dari halaman arahan. Laman landas Mailchimp menyertakan latar belakang kuning yang khas, tajuk besar, banyak subjudul, dan gambar yang elegan dan mudah diingat. Sangat estetis bukan?

Cara membuat halaman Mailchimp:

  1. Gunakan kombinasi warna yang masih sesuai dengan logo. Dapat membuat kesan sederhana dan berbeda tanpa menambahkan logo apapun.
  2. Judul yang bagus dapat dengan cepat menarik perhatian pengguna. Apalagi jika judul tersebut disebutkan dalam bentuk kalimat tanya.
  3. Sisipkan kalimat penjelas tambahan di subjudul. Ini diperlukan agar calon pelanggan yakin atau tahu persis apa yang ditawarkan perusahaan Anda.
  4. Visual yang unik membantu pengunjung agar tidak cepat menyimpang dari landing page.

 

Leave a Comment