Cara Memulai Usaha Keripik Pisang dan Strategi Pemasarannya

Cara memulai usaha keripik pisangSalah satu jenis cemilan yang banyak ditemui juga digemari di Indonesia adalah keripik pisang. Kudapan ini bahkan banyak menjadi buah tangan atau oleh-oleh ketika kita berkunjung ke suatu tempat.

Oleh karenanya, usaha keripik pisang menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani. Bagi Anda yang tertarik dan berminat untuk menggelutinya, simak uraian cara memulai usaha keripik pisang berikut ini.

Cara Memulai Usaha Keripik Pisang

1. Siapkan Tempat

Langkah pertama dalam membuka usaha keripik pisang adalah menentukan dimana kita akan berbisnis. Padahal, kabar baiknya kita bisa memulai bisnis pisang goreng di rumah. Atau mungkin, jika modal kita cukup, kita bisa menyewa tempat khusus untuk menjalankan bisnis ini.

2. Siapkan Modal

Cara memulai bisnis pisang selanjutnya adalah menyiapkan modal. Mengenai pemilihan, penetapan dan pembelian pisang sebagai bahan baku utama, serta penyiapan kebutuhan operasional lainnya. Awalnya, jika modal sangat terbatas, kita bisa menyesuaikan anggaran dengan target produksi.

3. Menentukan Supplier

Agar Anda lebih nyaman membeli pisang yang berkualitas dan tidak kehabisan stok untuk produksi, sebaiknya kita bekerja sama dengan supplier atau pemasok pisang tersebut.

Riset, cari tahu supplier mana yang terpercaya dan bisa mengajak kerjasama. Selain memudahkan Anda, juga memungkinkan Anda mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Menyiapkan Produksi

Jika semuanya sudah siap, Anda bisa langsung memulai bisnis pisang goreng ini. Mempersiapkan segala kebutuhan teknis dan non teknis yang diperlukan. Misal targetnya berapa buah atau berapa kilogram, berapa orang yang bekerja disana, dll.

5.Bahan dan Peralatan

Dalam memulai usaha keripik pisang, anda memerlukan bahan baku pembuatannya. Agar bisa membuat kripik pisang yang nikmat. Sementara itu, untuk peralatan dalam pembuatan keripik buah ada berbagai macam peralatan yang penting.

Diantaranya adalah tempat berjualan, kompor, mesin, vacuum frying, mesin peniris minyak, tabung gas, pisau buah, mesin hand sealer, keranjang, toples, timbangan, kursi, meja, pengangkat makanan, nampan, wadah dan peralatan lainnya. Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan mesin untuk usaha anda di rumah mesin dengan harga terjangkau.

5. Konsep Usaha

Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Anda harus memiliki konsep dasar bisnis yang Anda jalankan. Bagaimana kemasannya, bagaimana produknya, dimana pemasarannya, apa target pasarnya. Untuk itu strategi dan promosi akan dibahas secara detail di bawah ini.

Strategi Promosi Usaha Keripik Pisang

Cara Memulai Usaha Keripik Pisang

cara memulai usaha keripik pisang ada beberapa strategi yang bisa diterapkan saat menjalankan bisnis keripik pisang sebagai berikut :

1. Putuskan Dimana Menjualnya

Tentunya hal ini akan tergantung dari target pasar dari bisnis yang dijalankan. Jika lokal, kami dapat menjual secara offline di lokasi atau lokasi tertentu. Jika target pasarnya adalah turis, kita bisa berjualan secara online maupun di toko atau lokasi oleh-oleh.

Padahal, jualan online dan offline bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan analisa pasar. Perbedaannya hanya pada sarana pemasaran. Kita bisa memilih keduanya, maksimalkan saja.

2. Keunikan Produk

Tak dipungkiri, bisnis keripik pisang ini telah berkembang pesat dan banyak ragamnya di pasaran. Jika ingin menarik perhatian, maka kita harus memiliki suatu nilai atau keunikan sehingga pada akhirnya orang akan mau mencobanya. Misalnya dari satu kemasan atau banyak varian rasa dari keripik pisang goreng ini.

3. Promosi Offline

Jika kita membuka bisnis keripik pisang ini secara offline, buatlah materi promosi yang dapat menarik perhatian banyak orang. Billboard, spanduk, dll.

Mungkin juga pada awal pembukaan bisnis, selama waktu mata uang khusus atau saat melakukan pembelian dalam jumlah besar, kami dapat menawarkan tarif khusus atau potongan harga.

4. Promosi Online

Kita boleh membuat akun media sosial khusus untuk bisnis pisang goreng yang kita jalankan. Hasilnya, kami dapat menargetkan lebih banyak pelanggan potensial.

Selain itu, dengan penggunaan media sosial, lebih banyak informasi tentang produk dan perusahaan yang dikelola dapat dikomunikasikan. Bahkan, jika ingin membidik pasar yang lebih luas, kita bisa menggunakan iklan atau iklan berbayar di berbagai platform media sosial.

Itulah beberapa langkah cara memulai usaha keripik pisang dan strategi pemasarannya. Usaha keripik pisang memang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Namun, memang membutuhkan strategi dan cara usaha yang tepat agar bisa memenangkan persaingan dan laris dipasaran.

Leave a Comment