Tips Traveling Dengan Paket Wisata Individu, Keluarga atau Rombongan?

Dua-tiga bulan sebelum musim liburan tiba, di koran atau majalah, sering bermunculan iklan-iklan paket wisata.

Mulai berasal dari yang ekonomis, sekiranya pergi ke Bangkok, Thailand, empat hari tiga malam, cuma Rp 3 jutaan per orang; hingga paket wisata spesial, layaknya melancong ke Eropa sepanjang dua minggu seharga 3.000-an dollar AS.

Jika dicermati, paket-paket yang ditawarkan dapat dikelompokkan ke dalam lebih dari satu kategori. Berikut di antaranya.

Paket individu

Paket perjalanan individu cuma mensyaratkan wisatawan sebanyak satu-dua orang atau untuk pengantin yang hendak berbulan madu.

Paket ini kebanyakan disediakan agen perjalanan cuma termasuk hotel, tempat wisata, makan siang dan malam, pemandu wisata, dan juga transportasi sepanjang kunjungan.Kelebihan paket ini adalah dapat berangkat cocok keinginan peserta.

Biasanya, tujuan yang ditawarkan untuk paket individu ini tak amat jauh atau negara yang tak mensyaratkan visa bagi turis Indonesia.Paket ini tidak juga tiket pesawat, menjadi peserta dapat pilih maskapai penerbangan cocok kebutuhan.

Seperti paket wisata lainnya, peserta diminta untuk menyediakan duwit tip untuk pemandu wisata dan sopir.

Ada kalanya paket individu berikan peluang peserta untuk merubah agenda melancong di tempat tujuan.

Ini dapat dijalankan bersama dengan bernegosiasi bersama dengan pemandu wisatanya.
Tentu saja peserta perlu menanggung biaya tambahan kalau diperlukan.

Paket keluarga

Paket ini sama bersama dengan paket individu, namun bersama dengan peserta yang termasuk keluarga inti, contoh ayah, ibu, dan lebih dari satu anak.

Peserta paket ini dapat pula berangkat cocok keinginan atau menurut ketersediaan tempat duduk di pesawat.

Yang perlu diperhatikan, hotel yang disediakan agen perjalanan untuk paket ini memiliki peraturan berbeda-beda bagi tamu yang mampir bersama dengan anak-anak.
Ada hotel yang mengizinkan anak di bawah 12 tahun untuk tidur bersama dengan orangtua dalam satu ranjang.

Ada pula yang mewajibkan tamu bersama dengan anak di bawah 12 tahun untuk menyewa kasur tambahan.
Sejumlah paket wisata domestik keluarga lebih-lebih tak tawarkan hotel, melainkan rumah tamu (guest house) bersama dengan dua-tiga kamar.

Bagi lebih dari satu orang, paket ini lebih irit dan menarik. Sebab, rumah tamu tersebut menyediakan fasilitas lebih lengkap, contoh dapur juga peralatan memasak dan kompor gas, kulkas, meja-kursi makan, jemuran, dan mesin cuci.

Paket rombongan

Paket perjalanan rombongan kebanyakan dirancang bersama dengan peserta lebih berasal dari 10 orang.

Paket ini dibuat dan ditawarkan agen-agen perjalanan pada masa-masa tertentu.

Semisal, pas low season agar harga paket lebih tidak mahal atau tatkala suatu maskapai penerbangan membuka rute baru agar menggelar promosi tiket murah.Pelancong yang ikuti paket ini perlu ikuti semua peraturan yang dikeluarkan biro wisata sepanjang perjalanan.Ada yang perlu diperhatikan, harga paket kebanyakan tidak juga biaya pengurusan visa kalau tujuan wisatanya adalah negara-negara yang mensyaratkan visa.

Jika keinginan visa peserta ditolak, biaya pengurusan visa tak dapat dikembalikan.Peserta juga diminta melunasi semua biaya lebih dari satu pas sebelum berangkat.
Peserta perlu tangkas mengelola keuangannya sepanjang perjalanan.

Sebab, kebanyakan biro wisata akan mengajak rombongan mampir ke tempat-tempat membeli untuk berbelanja oleh-oleh.

Leave a Comment