Membuat Company Profile serta Pengertiannya

Sebagai bentuk upaya branding, perusahaan saat ini perlu mengetahui cara membuat Company Profile yang baik.

Kenapa begitu? Memang, jenis konten ini adalah salah satu cara paling pasti bagi bisnis untuk menyebarkan visi dan misi. Tidak hanya itu, juga dapat digunakan untuk menarik emosi dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut.

Isi dari company profile juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan identitas masing-masing organisasi. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif kerap membuat company profile sebagai video trending di berbagai platform media sosial, Jika anda ingin mempunyai video company profile yang bagus dan menarik anda bisa ke jasa video profile jogja

Namun, Company Profile lebih dari sekedar branding. Perusahaan harus mampu mencerminkan nilai yang mereka miliki dan mereka berikan.

Nah, agar konten yang kamu buat bisa maksimal, simak apa itu company profile dan cara membuatnya di bawah ini!

Apa itu Company Profile?

Sebelum membahas cara membuat Company Profile, terlebih dahulu kita harus membahas pengertiannya. Profil perusahaan atau company profile mengacu pada bentuk pengenalan yang berisi informasi tentang sejarah, visi, misi, dan tujuan bisnis sebagai bukti reputasi profesional perusahaan.

Ini juga berisi penjelasan tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari ini adalah untuk memperkenalkan bisnis melalui pembentukan citra kepada pelanggan.

Namun, belakangan ini, Company Profile juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bentuk konten company profile bisa disesuaikan dengan identitas masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, tidak jarang muncul dalam berbagai format menarik, seperti video dan artikel khusus. Tentunya bentuk dan isinya harus membangkitkan minat dan emosi pelanggan.

Cara Membuat Company Profile

membuat company profile

Ini adalah pengaturan untuk membuat Company Profile.

  1. Sejarah perusahaan
  2. filosofi bisnis
  3. Budaya perusahaan
  4. Sambutan dari manajemen (penanggung jawab atau direktur senior)
  5. Identitas perusahaan
  6. Visi, misi, strategi perusahaan serta komitmen perusahaan
  7. Alamat cabang perusahaan
  8. Layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan
  9. Prestasi dan keunggulan perusahaan
  10. Laporan perkembangan tahunan perusahaan
  11. Uraian singkat tentang sumber daya manusia perusahaan
  12. Program tanggung jawab sosial perusahaan.

Nah, setelah mengetahui strukturnya, berikut adalah cara membuat company profile agar menarik.

1. Tujuan dan Gaya Bahasa

Buat profil perusahaan Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca Anda. Posisikan diri Anda sebagai pembaca saat membuat Company Profile Anda. Tidak takut untuk berinovasi dan berkreasi sesuai dengan karakteristik perusahaan.

2. Format dan Urutan Kronologis

Agar Anda terlihat profesional, perhatikan format dan kronologi saat menceritakan kisah perusahaan Anda. Bisnis dapat menggunakan format yang selaras dengan pedoman branding perusahaan.

3. Company Profile yang Tepat

Cara membuat Company Profile yang elegan selanjutnya adalah dengan memilih format yang tepat. Pilih template yang sesuai dengan model bisnis dan target pelanggan Anda.

Misalnya, bisnis dapat membuat profil di situs web atau dengan membuat video yang diunggah ke saluran YouTube. Semakin banyak saluran untuk mempromosikan profil perusahaan, semakin banyak orang yang tertarik.

4. Visi dan Misi Perusahaan

Cara terbaik untuk membuat profil perusahaan yang elegan adalah dengan berbagi visi dan misi perusahaan. Pada dasarnya visi dan misi perusahaan merupakan faktor terpenting saat membaca company profile.

Untuk mempertegas aspek ini, bicarakan visi dan misi perusahaan dengan cara yang menarik. Meski begitu, gunakan bahasa formal agar perusahaan tetap terlihat profesional.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan company profile yang menarik. Bagaimana? Apakah bisnis Anda sudah memiliki profil? Jika tidak, pastikan untuk memanfaatkan tips di atas untuk memaksimalkan upaya branding Anda!

Leave a Comment