Manfaat Video Dokumentasi yang Perlu Dipahami

Sebelum tahun 2010, manfaat dokumentasi video belum terasa. Video masih merupakan media yang “mahal”. Alat-alat yang digunakan pada masa lalu tidak sesederhana seperti sekarang. Selain itu, harga video dokumentasi acara saat itu tidak terlalu terjangkau. Oleh sebab itulah banyak sekali yang menawarkan jasa mereka salah satunya ialah jasa dokumentasi video jogja

Jika Anda melihat penggunaan dokumentasi video, itu sangat serbaguna. Mari kita mulai dengan kepraktisan, dengan isi yang bisa dijadikan alat bukti yang sah dan tidak mudah dipalsukan.

Baca Juga: Cara Membuat Dokumentasi Video

Manfaat Video Dokumentasi

manfaat video dokumentasi

Ada beberapa manfaat video dokumentasi, Nah berikut adalah manfaatnya yaitu sebagai berikut:

1. Mudah dibagikan

Keunggulan pertama adalah video dokumenter ini lebih mudah dibagikan. Anda dapat dengan mudah berbagi video dokumenter dengan orang lain. Misalnya untuk keperluan reportase atau sekedar sharing.

Data format video dapat dengan mudah disimpan ke Internet, Instagram, Facebook, Youtube, Google Drive, dan lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan film dokumenter dengan mudah.

2. Arsip Abadi

Video yang Anda buat bisa memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, dapat juga dianggap sebagai arsip abadi. Selain itu juga, Anda bisa dapat menggunakannya kapan pun berada dan di mana saja.

Misalnya, jika Anda menyimpan video di kartu microSD, video tersebut mungkin hilang jika kartunya juga hilang. Situasinya berbeda dalam hal penyimpanan di Internet. Video yang disimpan di internet tidak mudah hilang. Selain itu, Anda juga dapat menonton kapan saja.

3. Mudah disimpan

Media video merupakan media yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain. Video dokumenter tidak terlalu memakan ruang saat Anda menyimpannya. Selain itu, tidak ada kemungkinan kerusakan bahkan dengan penyimpanan yang lebih lama. Ini berbeda dengan catatan tertulis, yang dapat rusak oleh usia, luka bakar, robekan, dan lainnya. Anda hanya perlu menggunakan alat perekam untuk merekam video. Misalnya dengan kartu microSD, memori flash atau hard drive.

4. Untuk media hiburan

Video yang ada dapat membantu secara tidak langsung mengulang peristiwa yang telah terjadi. Anda dapat merepresentasikan kelebihan dokumentasi video ini sebagai pengalih perhatian. Misalnya video ulang tahun, konser musik, video keluarga atau video lucu lainnya. Media visual tidak hanya sebagai bentuk hiburan tetapi juga sebagai bentuk memori. Kebanyakan video dokumenter berisi peristiwa yang cukup berkesan.

Misalnya pernikahan, kelahiran, ulang tahun dan lain-lain. Video tersebut dapat membuat Anda merasakan suasana masa lalu. Ini dapat membantu mengatasi kerinduan.

5. Layanan video murah

Dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, dokumentasi video masih belum terlalu dibutuhkan. Ini juga meningkatkan harga layanan dokumentasi video.

Namun berbeda dengan saat ini, dimana banyak jasa dokumentasi video dengan harga terjangkau. Selain itu, alat yang digunakan juga lebih sederhana. Jadi dari segi harga tidak semahal beberapa tahun yang lalu.

Pada umumnya harga sewa jasa tersebut berkisar antara 1-5 juta. Biaya tersebut mungkin sudah termasuk proses editing, jadi tunggu saja hasilnya. Anda juga tidak perlu pusing dengan konsep atau rekaman video dokumentasinya.

6. referensi data

Manfaat terakhir dari dokumentasi video berkaitan dengan informasi referensi. Informasi yang akurat diperlukan untuk jurnalisme. Dokumentasi video dapat menjadi sumber referensi yang kuat.

Dengan bantuan dokumentasi video, keaslian informasi yang Anda berikan dapat menjadi lebih dapat dipertanggungjawabkan. Ini biasanya penting untuk tujuan formal, akademik atau jurnalistik.

Dan jika anda memiliki bisnis, Yuk onlinekan bisnismu berasami kami di puncak.id . Dapat melayani pembuatan website, pembuatan artikel, pembuatan logo, manajemen sosial media, videografi, iklan, dll

Leave a Comment