Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis dan Manfaatnya

Tak heran jika kini Anda bisa mengandalkan platform digital seperti media sosial untuk melayani pembeli produk Anda. Data dari Digital Report 2020 mencakup persentase pengguna Whatsapp yang sering, menunjukkan bahwa 84 persen segmen dewasa biasanya digunakan oleh usia 16-64 tahun. Karena itu, media sosial Whatsapp memiliki potensi besar sebagai alat pemasaran produk sekaligus layanan bisnis. Mungkin kamu bertanya “Apakah susah membuat akun wa bisnis?” Tentu saja tidak, karena kini banyak pengusaha yang berbondong-bondong mendaftar akun bisnis WA. Berita kilat ini memudahkan pengguna untuk mengembangkan ide bisnis. “Lalu gimana si cara buat whatsapp bisnis ini?”. Nah di artikel ini akan menjelaskan cara buat akun whatsapp bisnis

Membuat Akun Whatsapp Menjadi Whatsapp Bisnis

Sebelum ingin membuat bisnis ataupun bisnis plan pasti perlu membuat whatapp bisnis. Anda dapat mengetahui fitur apa saja yang bisa Anda gunakan dengan akun WA Bisnis, Anda perlu segera mempersiapkan ponsel cerdas Anda untuk penerapan akun bisnis Anda. “Apakah WhatsApp bisnis ini sama dengan WhatsApp biasa?” Jawabannya tidak. UI terlihat berbeda, jadi pertimbangkan itu sebelum Ana melakukannya. “Apakah saya bisa menggunakan WhatsApp pribadi untuk sebagai WhatsApp perusahaan?” Tentu saja Anda bisa. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dengan cermat sebelum mengonversi akun pribadi menjadi akun bisnis. Karena akun bisnis tidak bisa menjadi akun whatsapp pribadi.

Baca Juga: Jenis Website

Langkah-Langkah Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis

Anda juga dapat melakukan ini menggunakan akun WhatsApp reguler Anda sebagai akun bisnis. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah berikut:

  1. Download dan install aplikasi Whatsapp Business dari PlayStore untuk Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Masukkan format nomor telepon perusahaan pada kolom yang tersedia. Sama seperti akun Whatsapp Messenger sebelumnya, tujuannya adalah untuk memverifikasi nomor telepon yang Anda gunakan sebagai akun bisnis.
  3. Setelah menerima kode OTP konfirmasi melalui SMS atau telepon, klik “Berikutnya”. Penting untuk diingat untuk tidak pernah membagikan kode OTP yang Anda terima untuk menghindari kebocoran data.
  4. Konfirmasikan nomor telepon dengan memasukkan kode OTP.
  5. Tulis nama perusahaan dengan inisial nama depan dan belakang perusahaan. Misalnya Mira Cookies. Anda dapat menggunakan huruf besar pada kata pertama dan huruf besar pada kata berikutnya.
  6. Tips untuk membuat nama perusahaan yaitu. H. jangan menggunakan istilah umum tapi siapkan nama yang unik dan tidak melebih-lebihkan atau melebih-lebihkan.
  7. Anda kemudian dapat melengkapi profil perusahaan Anda di halaman yang juga dapat dikunjungi oleh orang lain. Halaman ini berisi nama akun bisnis, deskripsi bisnis, alamat bisnis, situs web bisnis, dan deskripsi bisnis.
  8. Kemudian klik “Simpan”.
  9. Selamat, Anda telah berhasil mengubah akun WhatsApp Anda menjadi akun WhatsApp Business.

Beberapa fitur fitur WhatsApp Business yang bisa Anda gunakan secara gratis adalah membuat daftar produk, membuat pesan otomatis saat pelanggan mengirimkan pesan chat ke akun Anda, dll.

Sebagai pelanggan bisnis, Anda dapat menggunakan utas WhatsApp untuk memfasilitasi transaksi, permintaan pencarian, dan informasi pesanan.

Fitur yang Tersedia dalam Whatsapp Bisnis

cara buat whatsapp bisnis

Masih belum tahu fitur apa saja yang ditawarkan WhatsApp untuk bisnis online? Lihat semuanya di bawah ini.

1. Salam otomatis

Salah satu fitur yang berguna bagi pengguna akun WhatsApp Business adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk cepat merespon pelanggan yang datang ke akun bisnis Anda.

Anda dapat menyesuaikan pesan selamat datang otomatis sesuai dengan keinginan Anda, tentu lebih nyaman jika Anda tidak dapat langsung memeriksa obrolan yang masuk. Anda dapat menentukan fitur yang terkait dengan produk yang Anda suplai, seperti B. Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) atau prosedur.

2. Penjadwal Respons Otomatis

Kemudian Anda dapat menyiapkan respons otomatis saat pelanggan menghubungi akun bisnis Anda. Khusus di luar jam kerja, pelanggan akan menerima tanggapan otomatis berdasarkan pesan yang Anda kirimkan.

3. Kirim pesan

Bisnis Anda berkembang pesat dan Anda ingin membagikan iklan diskon untuk menjangkau semua pelanggan? Itu benar-benar bisa!

Persiapkan pesan siaran dan setel ke nomor pelanggan sehingga semua orang dapat menerima pesan pada saat yang bersamaan. Ini sangat tidak mudah.

4. Respon Cepat

Fitur yang satu ini bisa bekerja dengan baik untuk menjawab banyak pertanyaan customer tentang produk Anda. “Dari mana barang ini dikirim?”

“Berapa perkiraan waktu pengiriman barang?”

“Produk apa yang paling laris?”

Jika ternyata banyak postingan serupa yang menambah jumlah subscriber, Anda mungkin akan kewalahan menjawabnya satu per satu.

Anda dapat mengatur pertanyaan dan jawaban dengan membuat pesan singkat yang berisi jawaban dari pertanyaan tersebut. Kemudian, pelanggan dapat mengetik “/” dan melihat daftar pertanyaan umum sehingga mereka bisa mendapatkan pelayanan yang baik.

5. Buat bookmark atau tag percakapan

Apakah sulit melacak pelanggan mana yang telah memesan atau pelanggan mana yang belum membayar pesanannya? Anda harus membuat stiker atau bookmark untuk fitur yang tersedia.

Anda dapat dengan mudah mengedit stiker Anda sendiri yang ingin diberi label dengan warna dalam berbagai kategori.

6. Statistik Pesan

Keunggulan Whatsapp for Business, selain semua fiturnya, adalah Anda dapat menentukan lalu lintas interaksi dengan fungsi statistik pesan.

Bergantung pada kategorinya, pesan tersebut mencakup pesan terkirim, pesan yang hanya dapat dibaca oleh pelanggan, pesan yang telah dibalas oleh pelanggan. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan seberapa efektif interaksi Anda dengan pelanggan.

Leave a Comment