Mengetahui Ukuran Kertas F4 dan Cara Mengaturnya dalam Ms Word

Saat ingin mencetak suatu dokumen, biasanya Anda akan memilih ukuran kertas terlebih dahulu. Namun, biasanya kita akan kesulitan jika ingin mencetak dalam kertas ukuran F4 karena tidak ada ukuran tersebut dalam default laptop atau PC kita. Sehingga kita harus input manual ukuran tersebut. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, karena dalam artikel ini akan dijelaskan berapa ukuran kertas F4 dana cara input ukuran kertas baik di Ms. Word maupun Ms. Excel. Simak baik-baik ya!

 

Ukuran kertas F4

Ukuran kertas F4 di Microsoft Word terkadang menyebabkan penggunanya kebingungan memilih apakah ukurannya sama dengan ukuran legal dan letter. Padahal ternyata, ukuran kertas F4 tidak sama dengan ke-2 ukuran kertas tersebut. Hal ini terjadi karena ukuran kertas F4 tidak ada pada pengaturan default software tersebut.

Microsoft Word maupun Excel hanya menyediakan pilihan kertas letter, legal, tabloid, executive, A3, B4, hingga A4. Sehingga, mau tidak mau Anda kudu membuat ukuran secara manual jika membutuhkan ukuran kertas tersebut.

Lantas, berapa ukuran kertas F4 dalam beraneka satuan, seperti centimeter (cm), millimeter (mm), maupun inchi? Berikut penjelasannya!

 

Ukuran Kertas F4 dalam Satuan Ukuran

Secara umum, dapat kita simpulkan bahwa ukuran kertas F4 berada di tengah-tengah ukuran legal dan letter. Namun, tiap-tiap pengaturan pc ataupun laptop bisa saja tidak sama. Ada beberapa yang memakai satuan sentimeter (cm) ataupun milimeter (mm).

Untuk lebih jelasnya, lihat daftar ukurannya didalam beraneka satuan berikut ini:

  • Ukuran kertas F4 dalam satuan sentimeter (cm): 21 cm x 33 cm
  • Ukuran kertas F4 dalam satuan milimeter (mm): 210 mm x 330 mm
  • Ukuran kertas F4 dalam satuan inchi: 8,3 inchi x 13 inchi
  • Ukuran kertas F4 dalam satuan pixel (px): 2480 pixel x 3839 pixel

Perbandingan Ukuran Kertas F4 dengan Lainnya

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, Microsoft Word mempunyai banyak ukuran kertas, mulai dari tabloid, letter, legal, executive, A3, A4, dan lain sebagainya.

Dari beraneka ukuran tersebut, ukuran kertas letter, legal, dan A4 adalah ukuran yang paling kerap digunakan untuk keperluan dokumen. Sementara itu, ukuran kertas F4 atau folio kerap pengguna pakai untuk membuat dokumen fotokopi atau membuat salinan ijazah untuk mengurus pekerjaan.

Dari sisi lebarnya, ukuran kertas tersebut sama dengan kertas A4 yang memiliki ukuran 21 cm x 29,7 cm atau 8,27 inchi x 11,69 inchi. Namun, dari sisi tingginya, ukuran kertas F4 sedikit lebih tinggi (panjang) daripada kertas A4.

Sedangkan, ukuran kertas legal di Microsoft Word adalah ukuran populer dokumen paling luas jika dibandingkan dengan ukuran populer lainnya. Kertas legal sedikit lebih lebar dan tinggi daripada kertas F4. Namun, jika dibandingkan dengan ukuran kertas letter, kertas tersebut masih jauh lebih tinggi.

 

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4

Cara mengatur ukuran tersebut pada software Microsoft Word dan Excel adalah sebagai berikut:

1. Cara Mengatur Ukuran di Word

Umumnya, pengaturan kertas dalam software pengolah kata Microsoft Word ini telah diatur secara format bawaan (default). Namun, ukuran kertas folio atau F4 yang menjadi salah satu ukuran paling sering orang butuhkan tidak ada di software tersebut.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencetak dokumenter dengan ukuran tersebut,Anda kudu mengubahnya secara manual. Jika Anda tidak mengaturnya, maka teks yang akan Anda cetak tidak seimbang bentuknya atau justru terpotong.

Cara membuat perubahan ukuran kertas F4 di Word pun cukup gampang hanya dengan melakukan pengaturan pada menu ‘Layout’ yang tertera. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka software Microsoft Word pada PC ataupun laptop kamu.
  2. Pilih tab menu Layout pada bagian atas dokumen.
  3. Klik menu Size selanjutnya klik Custom Page Size yang berada di paling bawah.
  4. Selanjutnya, akan nampak tampilan Page Setup untuk mengatur halaman.
  5. Lalu, atur Paper Size dengan width 8,3 inchi dan height 13 inchi, atau dalam ukuran sentimeter yakni width 21 cm dan height 33 cm. Kemudian, klik OK.
  6. Dokumen pada software Word telah berukuran F4.

 

2. Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Excel

Ukuran kertas F4 juga tidak dapat kita temukan pada software Microsoft Excel, sehingga Anda harus melakukan pengaturan pada ‘Taskbar Setting’.

Untuk mencetak dokumen dengan ukuran kertasnya di Excel, langkah melakukannya adalah dengan membuat perubahan ukuran kertas pada mesin printer.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengubah ukuran kertas F4 dapat Anda lakukan lewat menu Device and Printers. Untuk mengakses menu tersebut dapat lewat Start Menu – Device and Printers atau dapat juga mengakses Control Panel – Hardware and Sound – Device and Printers.
  2. Pada jendela Device and Printers, klik salah satu nama printer atau fax yang pernah ter-install. Lalu, klik Print Server Properties yang berada pada bagian atas.
  3. Pada jendela Print Server Properties, klik tab Form.
  4. Kemudian centang pilihan Create a new form.
  5. Isi nama pada Form Name, yang nantinya nama ini akan nampak di daftar ukuran kertas (Paper Size) di Page Setup.
  6. Isi ukuran lebar dan panjang kertas, untuk ukuran F4 adalah 21,50 cm dan 30,00 cm.
  7. Klik Save Form untuk menaruh ukuran kertas yang telah dibuat.
  8. Setelah itu, buka software Microsoft Excel, selanjutnya klik tab Page Layout – Page Setup dan cek pada jendela Page Setup (bagian Paper Size) terdapat pilihan kertas baru F4 yang tadi telah Anda buat.

 

Tips Memilih Kertas F4

Setelah mengetahui ukuran dan juga langkah mengaturnya, Anda juga kudu memilih kertas yang tepat sebelum membuat atau mencetak dokumen.

Berikut adalah tips memilih kertas F4, antara lain:

1. Perhatikan Merek

Sebelum mengambil keputusan untuk membeli kertas, ada baiknya Anda mengetahui brand yang dijual di pasaran. Setiap brand kebanyakan memiliki harga yang berbeda-beda dan juga mutu dari kertas yang juga bervariasi. Ada kertas yang berkwalitas baik dan kertas yang sangat gampang rusak.

Selain itu, pastikan tujuan Anda ingin memakai kertas F4. Misalnya, jika Anda hendak mencetak dokumen penting, sebaiknya pilih kertas dengan brand terbaik. Namun, jika hanya untuk menggandakan buku atau dokumen lainnya, model kertas biasa pun tidak akan menjadi masalah.

 

2. Gramasi Kertas

Selanjutnya, pilihlah gramasi atau berat dari kertas yang sesuai dengan keperluan kamu. Umumnya, ada model kertas yang gramasinya adalah 60 GSM dan 80 GSM. Jenis kertas 60 dan 70 GSM kebanyakan digunakan di tempat fotokopi, sedang model 80 GSM banyak digunakan di kantor untuk mencetak dokumen penting.

 

3. Warna dan Bahan

Pastikan warna dan bahan dari kertas tersebut. Meskipun warna putih merupakan warna yang paling kerap orang gunakan, namun ada juga warna kuning, merah muda, biru, dan hijau yang juga miliki kegunaannya tersendiri.

Perlu Anda ingat bahwa kertas F4 berwarna kebanyakan akan lebih mahal daripada warna putih.

Leave a Comment