Cara Memilah Sampah Plastik Sebelum di Daur Ulang

Masalah pengelolaan sampah masih menjadi masalah yang belum terpecahkan. Meskipun tempat sampah yang memisahkan sampah organik dari sampah anorganik telah banyak ditempatkan di tempat-tempat umum, namun sampah justru dikumpulkan sementara petugas kebersihan membawanya berkeliling. cara memilah sampah plastik sangatlah mudah untuk dilakukan.

Masalah sampah sebenarnya merupakan masalah besar yang perlu diperbaiki langsung. Saat ini kami tidak bisa berharap banyak dari pemerintah dalam hal kebijakan sampah. Namun, sebagai masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk sadar dan melakukan sesuatu untuk lingkungan, dan salah satunya adalah memilah sampah.

Saat ini banyak didirikan lembaga pembuangan sampah karena kesadaran sebagian masyarakat akan pentingnya pembuangan sampah yang benar. -institusi ini menerima jenis limbah tertentu untuk diolah. Selain itu, mereka sering meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengumpulan sampah secara terpisah dan mengundangorang untuk memulainya.

Diartikel ini juga ingin menjelaskan kepada Anda cara memilah sampah plastik dengan benar agar sampah yang dihasilkan dapat diolah dengan baik.

1. Membedakan antara sampah organik dan anorganik

Mungkin ajakan untuk pemilahan sampah organik dan organik Sampah sudah biasa bagi telinga kita. Namun banyak dari kita yang masih belum mengetahui cara memisahkan sampah organik dengan sampah anorganik dengan baik. Secara sederhana, sampah organik adalah sampah yang dapat terurai di alam. Sampah anorganik adalah sampah yang membutuhkan waktu lama untuk terurai. Namun, hampir setiap kategori limbah memiliki kategori turunannya sendiri. Faktanya, kategori turunan ini memiliki metode pemrosesan yang berbeda.

2. Cara memilah sampah plastik, dari sampah kertas, bungkusan makanan, elektronik, kaleng dan kaca.

Ada banyak kategori limbah anorganik turunan. Padahal, perlakuan terhadap sampah organik berbeda. Proses pemilahan sampah anorganik terdiri dari pemisahan setiap kategori produk sampingan seperti plastik (kantong plastik, kemasan plastik, dll.), kertas, tetrapack, elektronik, kaleng dan kaca. Ini memfasilitasi pengumpulan sampah melalui pusat daur ulang.

3. Daur ulang sampah organik menjadi kompos, ada juga cara memilah sampah Organik lho

Cara memilah sampah organik di rumah meliputi: memisahkan tulang, kulit telur, kertas dan ranting. Padahal, sampah organik membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai. Sementara itu, partikel makanan dan daun terurai lebih cepat dan dapat digunakan sebagai pupuk tanaman lebih cepat. Mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos secara signifikan akan mengurangi stres pada tanaman. Selain itu, kami juga dapat memperpanjang umur simpan makanan yang tidak lagi dikonsumsi.

4. Kirim sampah anorganik Anda ke perusahaan pembuangan limbah

Setelah mempelajari cara memilah sampah dengan benar dan mempraktikkannya, terkadang kita tidak tahu harus berbuat apa. apa yang harus dilakukan dengan limbah Kami tidak tahu TPA mana yang paling dekat dengan rumah siap menerima sampah. Biasanya, fasilitas pengumpulan dan pengolahan ini juga bekerja sama dengan komunitas yang sadar lingkungan.

Baca Juga : Cara Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

5. Menyediakan sisa minyak goreng ke pabrik pengolahan minyak

Banyak masakan Indonesia yang membutuhkan banyak minyak goreng. Sayangnya, oli ini menjadi limbah dapur yang jika tidak ditangani dengan baik akan mencemari lingkungan. Limbah minyak ini tidak boleh dibuang langsung ke badan air atau ke tanah. Ini dapat merusak dan mencemari lingkungan. Metode pemisahan limbah atau oli bekas adalah dengan mengurangi konsumsi oli. Jika masih ada sisa minyak yang harus dihilangkan, bungkus dengan kantong plastik. Kemudian pindahkan ke minyak atau limbah pengolahan.

6. Memperpanjang masa simpan makanan untuk mengurangi sampah organik.

Memperpanjang masa simpan makanan adalah salah satu cara untuk memisahkan sampah dengan benar.Pada umumnya, sampah dapur adalah jenis sampah yang paling umum, mulai dari bagian buah atau sayuran yang tidak terpakai hingga sisa makanan yang tidak dimakan, dll. Untuk mengurangi sampah organik, Anda dapat mendaur ulang bagian buah atau sayuran yang biasanya tidak digunakan untuk memasak. Misalnya, kulit udang yang dibuang dapat dimasak kering dan digiling menjadi kaldu bubuk. Daging ayam atau daging sapi bisa dijadikan kaldu tulang yang lezat. Demikian pula, batang sayuran, kulit bawang merah, kulit wortel, ujung sayuran atau tongkolnya dipadukan dan direbus dengan bumbu tambahan, sehingga terciptalah sayuran yang lezat. kaldu.

7. Mengubah sampah anorganik menjadi barang yang berguna,

Sangat mudah bukan cara memilah sampah plastik

Sama seperti sampah organik yang dapat didaur ulang, sampah anorganik juga dapat diubah menjadi barang berguna lainnya. Misalnya, kemasan plastik yang terbuat dari plastik bekas pakai dari deterjen atau makanan ringan dapat digunakan kembali sebagai pengganti kantong plastik untuk menanam tanaman, dan toples susu bekas dapat digunakan sebagai sendok atau pot.

Memanfaatkan sampah anorganik untuk barang berguna lainnya adalah cara cerdas untuk memisahkan limbah. membuat nilai elemenlebih berguna. Setelah mempelajari cara memilah sampah dengan benar, kita akan menjadi lebih pintar dalam pengelolaan sampah. Kita juga akan membelanjakan uang kita dengan bijak untuk membeli barang yang lebih bermanfaat dan tidak berbahaya.

Leave a Comment