Pengolahan Keripik Tempe Renyah

Hai teman-teman bagaimana kalau kita mempelajari cara pengolahan keripik tempe renyah. Kali ini saya akan kasih tahu cara membuat keripik tempe super renyah. Seperti yang telah kita ketahui, tempe merupakan salah satu makanan endemik atau makanan khas Indonesia. Produk ini sering kita jumpai baik di kota maupun di pedesaan. Salah satu resep makanan atau cemilan yang bisa dibuat dari tempe yang cukup tenar dan populer ini adalah membuat keripik tempe. Terbuat dari kacang kedelai, Tempe memiliki rasa asin yang akan membuat Anda ketagihan. Harganya terjangkau dan mudah diolah menjadi aneka masakan lezat. Salah satunya keripik tempe.

Keripik merupakan cemilan renyah yang dapat dibuat dari beberapa bahan utama, seperti pembuatan keripik buah pepaya salah satunya tempe. Karena terbuat dari bahan dasar tempe, maka disebut keripik tempe. Tempesta yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam masakan yang enak, juga bisa digunakan untuk membuat makanan ringan yang renyah seperti kentang goreng. Sebelum kita membahas cara membuat tempe goreng, mari simak ulasan tempe.

Pengolahan keripik tempe renyah dan gurih

Bahan yang di siapkan :

  • Tempe yang telah diiris tipis-tipis
  • 5 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • Air bersih 1800 cc
  • Minyak goreng secukupnya saja untuk menggoreng
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya juga
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 4 siung bawang putih yang sudah di halus terlebih dahulu
  • 3/4 sdt garam
  • Daun bawang secukupnya saja

Cara pengolahan keripik tempe renyah :

  1. Iris tempe tipis-tipis dan kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung.
  2. Buat adonan pencelup, lalu tambahkan air sampai adonan encer.
  3. Haluskan semua bahan tadi, setelah itu masukkan dan simpan dalam wadah. Setelah itu baru di tambahkan bumbu halus aduk lagi sampai merata.
  4. Selanjutnya panaskan minyak, kemudian ambil tempe yang sudah benar-benar kering, kemudian masukkan kembali ke dalam adonan tepung.
  5. Ambil tempe lalu iris kembali menjadi tipis-tipis kemudian rendam dalam adonan bumbu dalam wadah. Tunggu sampai semua campuran bumbunya meresap ke dalam tempe yang akan digoreng.
  6. Goreng dengan api sedang sampe tempe berubah warnanya mejadi sedikit kekuningan dan matang. Selanjutnya goreng tempe yang sudah direndam dalam campuran bumbu hingga matang dan garing kalau sudah angkat dan tiriskan.
  7. Keripik dapat langsung disajikan dan dapat dikonsumsi.
  8. Kalau kalian belum makan keripiknya kalian bisa simpan keripik tempe ke dalam toples kedap udara atau bungkus dengan plastik kedap udara agar kriuk renyahnya tetap terjaga.

Kalian bisa mencoba resep yang saya bagi ini dirumah dan ini bisa menjadi salah satu resep dari bisnis keripik kalian nanti. Resep dari keripik lainnya juga bisa, Kalian bisa langsung klik link artikel tentang cara membuat keripik tempe tepioka.

Tips agar keripik tempenya tidak mudah lembek

Kunci membuat makanan ringan seperti keripik tempe adalah kerenyahan kentangnya. Kita sering memanggang kue atau kentang tanpa rasa renyah. Sekarang saya akan berbagi tips menggoreng keripik tempe hingga garing :

  1. Pertama, panaskan minyak dengan api sedang. Suhu terbaik untuk menggoreng adalah 177-190 derajat. Jika tidak ada, tambahkan sepotong roti saat warnanya berubah setelah 60 detik saat suhu sudah mencapai 185 derajat. Untuk tujuan praktis, Kalian bisa menggunakan penggorengan dari mesin vacuum fryin.
  2. Jangan memasukkan terlalu banyak bahan ke dalam gorengan. Meskipun sepertinya banyak masakan, tambahkan dulu beberapa bahan agar lebih cepat matang.
  3. Bahan makanan jangan digarami sebelum digoreng. Mengapa? karena garam menarik kelembapan ke permukaan makanan. Garam juga menurunkan titik asap minyak, sehingga makanan tidak renyah.
  4. Menjaga kestabilan suhu minyak menggunakan deep fryer. Perhatikan juga jumlah oli yang ditambahkan. Tiriskan makanan dan hisap minyak di dalam makanan

Kandungan nutrisi yang ada pada tempe

Tempe telah banyak dipelajari kandungannya. Tidak hanya orang Indonesia tetapi juga orang asing berpartisipasi dalam penelitian nutrisinya. Makanan tradisional fermentasi tidak melemahkan citra tempe sebagai produk yang mudah diterima dan diteliti. Menurut Hermana, Mien Karmin dan Darwin Karyad (1996), dijelaskan disana bahwa kandungan protein, besi, karbohidrat dan fosfor pada tempe lebih baik dari pada daging dalam porsi 100 gram. Bahkan kandungan tempe seperti karbohidrat, serat, riboflavin dan asam pantotenat tidak terdapat pada daging.

Leave a Comment