Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Memulai Bisnis Startup tidak mudah, apalagi untuk pemula. Memulai startup membutuhkan tekad dan kerja keras. Menjadi startup unicorn atau decahorn membutuhkan perjuangan bertahun-tahun.

Saat memulai startup, kita perlu memahami banyak aspek, termasuk tujuan kita membangun bisnis. Apakah tujuan bisnis kita untuk menyelesaikan suatu masalah? Atau untuk keuntungan maksimal? Itu semua tergantung pada sudut pandang setiap orang.

Tujuan memang hal yang paling penting saat memulai bisnis, namun harus dipahami bahwa bisnis startup tidak hanya tentang keuntungan atau tujuan yang jelas, tetapi juga tentang kepercayaan. Mengapa percaya? karena tanpa kepercayaan kita tidak akan pernah bisa membangun rasa kepercayaan masyarakat luas.

Pada artikel ini Anda akan belajar cara memulai startup dan masalah apa yang akan Anda hadapi di masa depan.

Cara memulai Bisnis Startup

Memulai Bisnis Startup

Cara startup memulai bisnis seringkali mengutamakan ide-ide baru (inovasi) dan menawarkan solusi untuk masalah konsumen, dan tidak salah jika sebagian orang menganggap startup sebagai bisnis perusahaan teknologi. Apakah Anda punya rencana? di bawah ini Anda akan menemukan cara startup atau bisnis online lainnya yang akan membantu Anda.

1. Buat Produk / MVP Minimum yang Layak

Sebelum memulai bisnis, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui Minimum Viable Product atau MVP Anda. MVP adalah fitur yang perlu Anda persiapkan untuk memuaskan pelanggan yang akan dirilis perusahaan. MVP ini juga meningkatkan peluang Anda untuk berhasil memulai bisnis.

Namun, MVP tidak sama dengan versi beta. MPV memberi pengguna akses ke fitur-fitur yang akan membuat produk Anda bermanfaat setelah dirilis. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat terus menambahkan fitur baru. Ini akan membantu bisnis Anda tumbuh secara organik dengan umpan balik dari pengadopsi awal.
Apa yang dapat Anda lakukan:

  • Tuliskan semua hal penting yang harus ada di perusahaan Anda;
  • Bangun prototipe MVP yang menyertakan fungsionalitas yang diinginkan;
  • Rilis MVP sesegera mungkin untuk akses pasar langsung;
  • Mendengar umpan balik dari pengadopsi awal;
  • Rilis berkelanjutan dari fitur baru berdasarkan rencana dan umpan balik pelanggan.

Baca Juga: Cara Promosi Aplikasi Android Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

2. Memulai Bisnis Startup dengan Buat Situs Web Perusahaan

Situs web adalah dasar dari setiap toko online. Terlepas dari apakah itu bisnis online atau offline, situs web sangat penting. Ini karena calon pelanggan lebih mudah menemukan bisnis Anda saat bisnis Anda tersedia secara online.

Anda dapat membuat situs web dengan semua informasi tentang bisnis Anda. Dimulai dengan detail kontak, penawaran layanan, jam buka, dan lainnya. Semua informasi ini meningkatkan reputasi perusahaan dan menciptakan kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan.
Apa yang dapat Anda lakukan:

  • Buat situs web yang mudah digunakan;
  • Menambahkan informasi kontak, fitur, layanan, dan detail lainnya ke situs web;
  • Menyediakan pengunjung dengan formulir kontak.

3. Pilih Nama Domain yang Tepat

Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam membangun startup Anda. Nama domain adalah identitas bisnis online Anda ━​​​​​​​​pelanggan Anda akan mengingatnya. Oleh karena itu, pemilihan nama domain yang tepat tidak bisa diabaikan.

Nama domain yang bagus dapat mewakili merek dan industri, tidak memiliki kesalahan ketik dan tanda hubung (-), singkat dan mudah diingat serta diucapkan. Meski istilah di atas terkesan banyak dan rumit, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan nama domain yang sesuai.

Sekarang ada banyak ekstensi domain yang terkait dengan berbagai industri. Misalnya, www.companyname.com bisa berarti bisnis bisnis secara umum. Di sisi lain, www.businessname.tech berarti perusahaan yang lebih terkait dengan sektor teknologi.

Beberapa ekstensi domain yang dapat dipilih:

  • TECH untuk teknologi (contoh:www.ces.tech);
  • STORE untuk retail dan e-commerce (Contoh:www. Emirat. Memuat);
  • Proyek ruang kolaboratif .SPACE atau isu ruang (contoh:www.antologio.spaco);
  • PRESS untuk media dan publikasi (contoh:www. epub. tekan);
  • WEBSITE menawarkan suasana online yang unik (contoh:www.radix.website).

Oleh karena itu artikel untuk pemula tentang cara memulai startup. Ingatlah untuk membaca dan selalu menunggu informasi terbaru dari kami.

Leave a Comment