Inilah Hewan Herbivora yang Paling Berbahaya

Hewan herbivora merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan seperti daun-daunan, buah-buahan dan biji-bijian. Hewan-hewan tersebut bertahan hidup cuma mengandalkan tumbuhan yang ada di sekitar mereka.

Pada umumnya, hewan herbivora hidup secara berkelompok dengan sesama jenisnya. Contohnya seperti seperti di padang rumput, persawahan, hutan dan tersebar luas di berbagai belahan dunia.

Jenis-Jenis Hewan Herbivora 

Setiap makhluk hidup seperti hewan omnivora dan karnivora tentu saja mempunyai keunikan, mulai dari ciri fisik, makanan, habitat hidup dan sebagainya.

Nah, sama juga juga dengan hewan herbivora yang mempunyai habitat hidup yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis hewan herbivora, yaitu:

1. Badak

Badak merupakan salah satu hewan herbivora mamalia terbesar yang ada di darat. Biasanya hewan ini memakan semua tumbuhan seperti rumput, ranting, daun, kulit kayu, buah dan akar.

2. Kanguru

Kanguru merupakan hewan herbivora yang berasal Australia. Makanannya berbeda-beda, tergantung spesiesnya. Misalnya kanguru abu-abu kebanyakan makan rumput, semnetara kanguru merah tergolong banyak semak.

3. Zebra

Perlu diketahui bahwa, terdapat 3 spesies zebra yang hidup di Afrika bagian tengah dan selatan. Biasanya, zebra memakan rumput, daun, kuncup, buah dan akar jika rumput sulit ditemukan. 

4. Sloth

Sloth (kukang berjari dua) merupakan hewan herbivora penghuni hutan hujan tropis yang ada di Amerika Selatan dan Tengah. Alasannya mereka untuk menghemat energi karena daun yang dimakan nggak menyediakan banyak energi.

Sementara itu, mereka juga mempunyai metabolisme yang lambat. Walaupun sebagian kukang pemakan tumbuhan, namun ada juga beberapa jenis kukang lainnya yang memakan daging.

5. Jerapah

Hewan herbivora terakhir yaitu jerapah yang mempunyai leher panjang. Leher yang cukup panjang tersebut berfungsi untuk menjangkau makanan yang berada di pohon.

Walaupun ukurannya cukup panjang, namun leher jerapah disusun dengan tujuh ruas tulang belakang yang hampir sama dengan leher manusia. Selain menjangkau makanan, leher tersebut digunakan untuk membela diri jika terjadi serangan dari musuh.

Banyak yang menganggap bahwa hewan yang memakan tumbuhan nggak akan menyerang kita, apalagi menjadikan mangsa. Faktanya hewan-hewan tersebut bisa membunuhmu dengan berbagai alasan. Jadi hati-hati saat menjumpai hewan yang dijelaskan diatas. Yuk kunjungi TENGAH VIRAL untuk mengenal lebih banyak informasi.

Leave a Comment