Cara Mudah Mendapat Pekerjaan Setelah Kuliah

Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Banyak orang yang bingung, tertekan, hingga merasa stres dengan masalah ini. Apa saja cara jitu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah? Simak 6 hal yang dapat kamu lakukan untuk bisa segera dapat pekerjaan pasca wisuda.

Cara Mudah Mendapat Pekerjaan Setelah Kuliah

1. Siapkan CV terbaik

Belajar membuat surat lamaran kerja yang bagus dan menjual. Kemudian siapkan dalam jumlah banyak untuk disebarkan ke berbagai perusahaan yang mungkin kamu tuju. Buatlah CV semenarik mungkin karena berkas inilah yang akan dinilai orang untuk pertama kali.

2. Follow Social Media lowongan pekerjaan di daerahmu

Saat ini, mencari info lowongan kerja tak harus membeli koran. Ada banyak website lowongan kerja hingga akun-akun social media seperti Instagram, Facebook, Twitter yang menyajikan update lowongan kerja setiap hari. Pantau terus dan temukan yang paling sesuai denganmu.

3. Hadiri Job Fair

Jika Anda ingin pekerjaan besar di perusahaan besar setelah lulus kuliah, jangan lupa singgah di berbagai acara job fair yang digelar pemerintah setempat. Informasi ini begitu mudah didapat melalu social media. Job fair biasanya ditemukan di mal, gedung pemerintah dan tempat lain secara rutin dan berkala.

4. Kontak alumni senior

Jangan putuskan komunikasi dengan senior kamu setelah lulus kuliah. Sewaktu kuliah, rajin ah mencari relasi yang mungkin bisa membantumu mencari kerja. Para senior biasanya akan tahu bagaimana peluang dan potensi kerja yang sesuai untuk kamu. Bahkan, ia mungkin saja memiliki peluang yang menarik untuk kamu

5. Perbaiki profil social media

Rapikan social media, email atau blog yang mungkin kamu miliki. Jangan salah, perusahaan biasanya akan melihat hal ini pada diri seseorang sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima seorang kandidat. Jangan tampilkan hal yang buruk, jadilah sosok yang cerdas dan menarik untuk membuat orang percaya dan menerima kamu sebagai karyawan.

6. Menekuni skills tertentu

Sembari menunggu perusahaan memanggil kamu, siapkan diri dengan menekuni skills tertentu. Kalau pun akhirnya kamu tak dipanggil oleh perusahaan, kamu tetap bisa melakukan sesuatu dengan skills tersebut. Atau mungkin juga skills itulah yang akan mengantarkan kamu menjadi pengusaha. 

Hanya di Urbanhire, kamu dapat menyelesaikan 4 dari 6 hal di atas untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Buat akun Urbanhire dan dapatkan informasi lowongan pekerjaan di website, social media dan juga informasi mengenai Job Fair.

Leave a Comment