Pro dan Kontra PBN

Pro dan kontra PBN, sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa teknik PBN masih menjadi teknik abu-abu menurut google. Teknik ini mempunyai banyak kelebihan, namun di balik itu semua banyak juga risiko yang di dapat apabila menggunakan teknik ini.

Banyak sekali yang mengatakan, bahkan pakar SEO pun juga banyak yang membuka jasa PBN karena keefektifan yang dimiliki PBN dalam meningkatkan peringkat web pada mesin pencarian. Namun seperti yang sudah di jelaskan tadi teknik ini masih abu-abu dan dapat menuai pro dan kontra.

 

Pro dan Kontra PBN Dalam Penggunaannya

pro dan kontra PBN

PBN merupakan salah satu teknik yang banyak di gunakan oleh blogger untuk membantu meningkatkan peringkat sebuah web. Keefektifan menggunakan tekik PBN ini juga sudah diakui oleh seluruh pakar SEO.

Namun, risiko yang di dapat apabila menggunakan PBN ini juga sangat besar. Maka dari itu penggunaan PBN ini masih menjadi pro kontra di dunia SEO. Namun semakin hari semakin banyak juga yang membuka jasa PBN ini karena mereka tahu sangat dibutuhkan.

Private Blog Network

PBN atau jaringan blog pribadi tentunya sudah tidak asing lagi di dunia SEO. PBN ini dapat membantu membangun link dalam jumlah besar namun dengan sedikit usaha. Para pengguna teknik ini melakukan dengan cara membeli domain yang sudah habis masa berlakunya namun masih berotoritas tinggi.

Kemudian dengan domain tersebut mereka mengumpulkan banyak link dan membuat konten kemudian menautkan tautan yang mengarah ke situs web utama yang telah di targetkan.

Pro dan Kontra PBN

Dalam menggunakan PBN tentunya terdapat kelebihan dan juga kekurangannya. Untuk kelebihan sendiri PBN dapat efektif membantu meningkatkan peringkat pada web. Sedangkan untuk kelemahan PBN ini merupakan teknik yang dianggap black hat oleh google.

Pro Atau Kelebihan Menggunakan PBN

PBN telah memikat banyak blogger, dengan menggunakan teknik ini dapat membantu meningkatkan peringkat secara efektif dengan waktu yang cepat pula. Backlink ini menjadi salah satu pemicu blog yang berhasil.

Backlink sendiri atau biasa di sebut dengan tautan balik adalah hyperlink yang di sematkan dari web eksternal menuju ke web yang sendiri atau web yang telah di targetkan. PBN merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan SEO dan cara ini banyak di gunakan oleh beberapa pemasar.

Kontra Atau Risiko Menggunakan PBN

Selain kelebihan yang dimiliki, untuk menggunakan PBN ini juga harus mempertimbangkan risiko yang akan dialami. PBN memang di nilai sangat efektif, namun jika hal ini di ketahui oleh google maka akan sangat berbahaya.

Banyak risiko yang di dapat jika sampai penggunaan PBN ini terendus oleh google. Google akan menghukum web yang telah kita bangun, dengan cara menghilangkan peringkat yang telah di dapatkan dengan susah payah.

Maka dari itu jika ingin menggunakan PBN harus mempertimbangkan segala risiko yang sewaktu-waktu akan terjadi. Karena hal ini dapat merusak SEO yang telah di bangun.

Strategi Terhindar Dari Resiko PBN

Tetapi jika ingin menaikkan peringkat dengan cara yang tepat dan benar, ada beberapa strategi atau cara agar tahan akan risiko yang terjadi.

1. Blogging Tamu

Strategi ini banyak di gunakan oleh pakar SEO untuk menghindari risiko yang ada. Hal ini di lakukan dengan cara membeli nilai pada web orang lain sambil mendapatkan sebuah link. Naun lakukan dengan meminta atau mencari tahu terlebih dahulu kebijakan yang mereka jalankan.

Pada beberapa blog industri mungkin tidak mengizinkan kita menyertakan backlink sendiri, namun mungkin mereka mengizinkan meletakkan backlink pada bio. Hal ini sama-sama memberikan keuntungan mereka mendapat konten dan kita mendapat backlink yang memiliki kualitas yang pasti.

2. Menulis Testimoni

Dengan menulis testimoni ke web lain, ini menjadi salah satu cara pendekatan yang sangat mudah di lakukan. Dalam memberi kesaksian atau testimoni sematkan dua hal spesifik sebagai berikut.

  • Berikan kesaksian atau testimoni yang menunjukkan keberhasilan yang dialami saat menggunakan produk atau layanan yang di berikan.
  • Berikan kekhawatiran pada awal, namun timpa dengan prospek yang di dapatkan
3. Membuat Konten yang Layak

Buat konten yang menarik dan masih berhubungan dengan backlink, jangan samapi membuat konten yang tidak masuk akal. Karena tentunya audien akan mencari konten yang bagus.

4. Manfaatkan Platform Sosial

Dengan memanfaatkan paltform sosial yang dimiliki, maka akan membantu menghasilkan banyak sahan dan juga sinyal sosial.

5. Membangun Audiens yang Loyal

Semakin banyak audien yang mencari web, maka semakin populer web yang di miliki. Dengan besarnya audien tersebut maka SEO yang di miliki juga semakin baik.

 

Leave a Comment