Tipe dan Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik Barang Yang Disimpan

Gudang umumnya diguanakan sebagai tempat untuk menyimpan benda. Semakin banyaknya jenis barang dan kebutuhan membuat gudang juga beradaptasi dengan adanya berbagai tipe dan jenis dari gudang. Sebelum mencari informasi jual gudang Karawang, tentukan gudang yang dibutuhkan berdasarkan jenis-jenis gudang di bawah ini:

 

Tipe dan Jenis Gudang

Berdasarkan karakteristik barang penyimpanannya, gudang dibagi berdasarkan 6 tipe atau jenis.

 

·       Penyimpanan Bahan Hasil Produksi

Seperti namanya, gudang ini digunakan untuk menyimpan berbagai barang hasil produksi yang siap untuk didistribusi ke pasar. Umumnya digunakan untuk menyimpan stok barang yang berlebih. Stok yang berlebih ini digunakan untuk mempersiapkan kebutuhan konsumen yang tiba-tiba banyak.

 

·       Penyimpanan Bahan Baku

Gudang ini digunakan untuk menyimpan bahan baku dari produk yang akan diproduksi. Gudang untuk penyimpanan bahan baku banyak dijumpai di kawasan industri, seperti Kota Karawang. Itulah mengapa banyak informasi mengenai jual gudang Karawang.

Informasi tersebut umumnya menawarkan harga gudang yang terjangkau, karena tidak terlalu banyak membutuhkan fasilitas untuk menyimpan bahan baku.

 

·       Penyimpanan Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi yang dimaksud umumnya adalah barang yang belum diberi label, dikemas ulang, atau dihitung jumlahnya. Gudang untuk barang jenis ini akan membutuhkan lebih banyak pekerja dan alat.

 

·       Pusat Sortir

Gudang jenis ini adalah gudang yang digunakan untuk menyeleksi barang sesuai dengan kelompoknya. Umumnya, gudang pusat sortir dimiliki oleh jasa layanan pos atau jasa pengiriman paket, yang digunakan untuk menyortir barang sesuai dengan lokasi tujuannya.

 

·       Transhipment

Gudang transhipment ini digunakan untuk menerima berbagai barang dalam jumlah yang banyak, yang kemudian dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan dikirim ke tujuannya masing-masing.

 

·       Cross Docking

Gudang cross docking digunakan untuk transit atau memindahkan barang dari dalam sebuah alat transportasi ke alat transportasi berbeda. Agar bisa dengan mudah memindahkan barang, gudang jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas.

Umumnya digunakan oleh penyedia jasa pengiriman untuk memindahkan dari satu truk ke truk yang lain yang berlajan sesuai arah dari tujuang paket.

Dengan adanya berbagai tipe dan jenis gudang berdasarkan karakteristik benda yang disimpan, pemilik akan memiliki banyak opsi untuk mengembangkan gudangnya sesuai pasar yang diinginkan. Dapatkan informasi mengenai jual gudang Karawang dengan mengakses laman https://karawangsentrabizhub.id/.

Leave a Comment