Cara Membuat Cappucino Latte

Resep cara membuat cappucino latte yang nikmat untuk anda yang ingin membuat kopi dengan mudah. Anda tidak harus pergi ke kedai kopi untuk menikmati secangkir kopi panas dan nikmat, lho. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati sendiri, atau bisa juga untuk Anda yang ingin membuka kafe.

Resep kopi cappucino ini sangat mudah dan sederhana untuk dipelajari dan dicari bahan-bahannya. Jika Anda ingin menyeduh kopi sendiri dan membuka kedai kopi, Anda pasti harus melihat dan mempelajari cara menyeduhnya. Cappuccino adalah minuman khas Italia yang terbuat dari espresso dan susu.

Sebagai perbandingan campurannya adalah 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 buih susu. Minuman ini pada dasarnya seperti minuman berbasis espresso lainnya. Sekilas minuman ini hampir menyerupai kopi susu, anda bisa mendapatkan Mesin Kopi di rumahmesin jika ingin memudahkan anda dalam membuat kopi.

Cara Membuat Cappucino Latte

cara membuat cappucino latte

Resep Cappucino Latte Yang Nikmat

ica latte adalah campuran espresso, susu berbusa, dan busa halus. Berbeda dengan cappucino yang kandungan hasnya berbeda. ​​​​​​​​​​Komponen komponen cappucino berbeda.

Susu yang digunakan untuk cappucino ini memiliki buih yang lebih kental. Busa susu terlihat lebih kasar pada cangkir cappucino karena proses pengukusan lebih lama. Selama proses steam, foam ini menggunakan alat steam dari mesin espresso yaitu steam nozzle.

Namun, ini tidak hanya mungkin dengan tongkat uap. Busa dapat dibuat dengan beberapa cara yaitu dengan cara manual. Anda bisa menggunakan pulpen busa yang bentuknya seperti bolpoin dengan ujung yang bisa berputar.

Buih susu kemudian dibuat dengan memutar alat tersebut. Selain alat ini, Anda juga bisa menggunakan French press. Anda dapat melakukannya dengan mengisi French press dengan susu dan mengocoknya dengan pendorong.

Untuk mendapatkan busa, harus dikocok beberapa kali. Saat menyiapkan resep kopi cappucino ini, tidak ada batasan jenis biji kopi maupun jumlah biji kopi dalam satu cangkir cappucino. Disarankan hanya memilih biji kopi yang kasar saja agar aroma dan rasa kopi tetap kuat dan seimbang dengan susunya.

Oleh karena itu, untuk menyajikan cangkir cappucino harus menggunakan gelas yang terbuat dari bahan keramik yang memiliki ketahanan panas yang cukup baik dibandingkan dengan gelas kaca. Terakhir, taburkan bubuk kakao di atas buih susu untuk efek yang menarik.

Resep Kopi Cappucino

Bahan Kopi Cappucino:
  • Biji kopi
  • Timbangan
  • Penggiling kopi
  • Air
  • Susu Sapi
  • Presso
  • French press
  • Cangkir
Cara Membuat Kopi:

1. Panaskan air hingga 90 derajat
2. Giling 18 gram kopi
3. Kemudian masukkan kopi bubuk tersebut ke dalam Pers
4. Lalu tekan kopi 18 gram, lalu masukan 90 derajat menjadi 60ml.
5. Lalu tuangkan espresso ke dalam gelas saji.

Cara Membuat Susu:

1. Panaskan susu hingga 90 derajat
2. French press 120ml susu sapi hingga didapatkan busa yang cukup, kocok selama 1 menit.

Cara Membuat Sajian Akhir:

1. Pertama tuangkan susu panas secara perlahan ke dalam espresso.
2. Lalu taburkan coklat bubuk di atas milk foam sebagai pemanis. Bisa juga diganti dengan kayu manis
3. Secangkir cappucino siap dinikmati.

Penyajiannya sangat sederhana, bagi anda yang ingin mengolah dan menikmati secangkir kopi, kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi, berikut beberapa referensi sablon plastik kemasan kopi, paper cup, botol almond dan lainnya resep cappucino bisa anda coba dirumah dan juga bisa anda jadikan ide usaha.

 

Leave a Comment