Apa saja pekerjaan yang tersedia di kapal pesiar?

Pekerjaan-pekerjaan yang ada di kapal pesiar sebenarnya sangat banyak. Kapal pesiar ibarat hotel yang beroperasi dari kapal. Sehingga, banyak posisi-posisi pekerjaan yang ada di bidang perhotelan juga ada di kapal pesiar.

Tetapi, sebab wilayah ‘hotel’ ini berlokasi di atas kapal, ada lebih dari satu posisi khusus yang hanya dapat muncul di industri perkapalan. Belum lagi, sebab kapal pesiar biasanya menawarkan beragam hiburan bagi penumpangnya, ada posisi-posisinya yang lebih umum ditemukan di bidang pertunjukan dengan biaya pelatihan kapal pesiar yang terjangkau.

Berikut deskripsi kategori pekerjaan yang biasanya ada di kapal pesiar:

 

Aktivitas dan Hiburan Kapal

Orang-orang yang bekerja di bidang ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa penumpang kapal pesiar mulai terhibur sepanjang perjalanan mereka. Pekerja di bidang ini biasanya bertugas untuk mengadakan beragam acara dan aktivitas yang mampu menyenangkan hati para penumpang. Contoh pekerjaan di bidang ini adalah penari, instruktur selam, asisten direktur pelayaran, dan DJ.

 

Teknik dan Dek Kapal

Bidang pekerjaan ini mengharuskan pekerja untuk mampu memastikan bahwa pengoperasian armada kapal berlangsung bersama dengan lancar dan aman. Tanggung jawab yang masuk ke cakupan kerja orang-orang di bidang ini tidak benar satunya adalah pemeliharaan mesin kapal. Selain menjaga keberlangsungan armada kapal dari aspek teknis, pekerja di bidang ini juga perlu mengetahui hukum kelautan yang berlaku di area yang nantinya dapat di lewati oleh suatu kapal pesiar. Contoh profesi di bidang ini antara lain adalah nahkoda, pakar ledeng, pakar listrik, dan jurumudi.

 

Perhotelan dan Jasa

Sebagaimana bidang perhotelan di daratan, pekerjaan-pekerjaan di bidang ini ditujukan untuk orang-orang yang mampu beri tambahan sarana yang baik kepada penumpang. Secara umum, tidak banyak perbedaan dari aspek detil pekerjaan untuk bidang ini di kapal pesiar. Contoh pekerjaan di bidang perhotelan dan jasa adalah juru masak, resepsionis, bartender, dan pramusaji.

 

Perawatan Diri dan Kesehatan

Ada dua bidang yang tercakup didalam kategori ini. Bidang pertama, perawatan diri, berfaedah untuk beri tambahan jasa perawatan layaknya spa dan pijat untuk penumpang kapal pesiar. Contoh profesi di bidang ini adalah terapis pijat, penata rambut, instruktur bina raga, dan pakar manikur. Bidang kedua, kesehatan, berfaedah untuk beri tambahan sarana kesehatan medis untuk para penumpang. Contoh profesi kesehatan yang ada di kapal pesiar adalah dokter, perawat, dan paramedis.

 

Perkantoran

Selain pekerjaan-pekerjaan yang melayani penumpang secara tatap muka, ada lebih dari satu pekerjaan perkantoran yang berlangsung di balik layar. Beberapa pekerjaan ini juga berlangsung di kapal pesiar, meskipun biasanya beroperasi dari kantor pusat perusahaan kapal pesiar tersebut. Contoh pekerjaan perkantoran yang dibutuhkan perusahaan kapal pesiar adalah akuntan, sales, dan spesialis IT.

Leave a Comment