Resep Bolu Kukus Pandan Santan

Resep bolu kukus pandan santan, bolu atau kue bolu adalah kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan dari krim mentega, fondant, atau marzipan disebut kue tart.

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara.

Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng. Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan.

Resep bolu kukus yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar. Alat pengocok kue digunakan untuk mengocok telur atau mentega dengan gula hingga mengembang.

Gelembung udara di dalam adonan membuat kue menjadi empuk setelah matang. Penambahan lemak nabati atau hewani dalam bentuk mentega, margarin, santan, atau shortening ke dalam adonan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut. Bahan kimia pengembang, penstabil, dan pengemulsi sering ditambahkan ke dalam adonan untuk hasil kue yang lebih baik.

Campuran tepung kue siap pakai menawarkan kemudahan dalam pembuatan kue bolu dan mengurangi kemungkinan kue menjadi gagal. Salah satu merek tepung kue siap pakai yang terkenal adalah Duncan Hines, sedangkan di Indonesia dikenal tepung kue siap pakai dengan merek Pondan.

Kue bolu ini rasanya enak dan cara membuatnya cukup sederhana. Tampilannya juga sangat menggugah selera. Maka dari itu, kue tersebut sering dijadikan makanan utama di sebuah pesta atau acara. Mesin pengupas kelapa.

 

Jenis-Jenis Bolu

1. Bolu Meranti

Penggemar kue bolu di Indonesia pastinya mengenal jenis yang satu ini. Bolu Meranti sudah menjadi kuliner kue ikonik dari kota Medan, Sumatera Utara. Bahkan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Medan tanpa membawa oleh-oleh kue bolu gulung yang nikmat ini.

2. Lapis Legit

Kue lapis legit yang identik dalam perayaan Imlek, Lebaran, bahkan Natal di Indonesia ini bisa digolongkan sebagai jenis bolu. Kue ini punya nama lain kue spiku atau spekuk yang berasal dari bahasa Belanda yakni Spekkoek.

Memadukan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, dan pala membuat rasanya sangat khas Indonesia banget. Selain rasa rempah-rempah khas yang strong, tekstur padat berlapis-lapis jadi ciri-khas paling terlihat dari kue khas Indonesia ini. Dengan pembuatannya yang rumit, lapisan kue ini bisa berjumlah dari 18 sampai 24 lapisan lho. Gak sembarangan, kue ini sempat menjadi kue Indonesia yang mendunia karena dinobatkan sebagai salah satu dari 17 kue nasional terlezat versi CNN.

3. Bolu Lapis Surabaya

Setelah membahas kue lapis yang legendaris, biasanya orang juga sering mengaitkan dengan bolu lapis Surabaya. Lapis Surabaya juga termasuk jenis kue tradisional Indonesia dari jenis sponge cake alias bolu yang juga sangat terkenal. Ciri-khas kue ini adalah teksturnya yang lembut dengan terdiri dari tiga lapisan.

Tiga lapisan tersebut umumnya berwarna kuning, cokelat, lalu kuning lagi yang pastinya sangat mudah dikenali. Nah untuk membuatnya, adonan terigu mentega dan telur akan dipanggang dalam tiga loyang berbeda. Nantinya ketiga lapisan bolu tersebut akan direkatkan dengan selai baik selai buah, mocca, atau cokelat.

 

Resep Membuat Kue Bolu Kukus

Bahan-Bahan :

  • 100 gr tepung terigu/all purpose flour
  • 90 gr gula /sesuai selera
  • 2 butir telur
  • 1 sdt SP
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/3 sdt baking soda
  • 1/2 sdt vanilli
  • 1 sachet Santan @65ml
  • 50 ml minyak
  • 2 sdm meses
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt pasta pandan

Cara Membuat :

  1. Panaskan kukusan.
  2. Ayak tepung, baking soda, dan baking powder (bahan kering).
  3. Mixer gula, telur, dan SP hingga mengental berjejak.
  4. Masukan bahan kering, vanilli, dan santan secara bergantian aduk pakai spatula sampai rata.
  5. Masukan minyak, aduk balik pakai spatula sampai rata atau tidak ada minyak yang mengendap di bawah.
  6. Bagi adonan menjadi 2 bagian, campur satu bagian adonan dengan pasta pandan.
  7. Tuang separuh adonan lain ke dalam loyang, kukus selama 10 menit lalu taburkan meses di atasnya. (Saat menambahkan meses, loyang tidak usah di keluarkan dari kukusan).
  8. Tuang sisa adonan di atasnya lagi, lalu kukus kurang lebih 30 menit.

Leave a Comment