Aneka Kerajinan dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa merupakan suatu bentuk benda yang dihasilkan dari sabut kelapa, dimana sabut kelapa sendiri merupakan bagian kasar yang berguna untuk melindungi buah kelapa.Kerajinan dari sabut kelapa yang mudah dibuat juga banyak jenisnya

Buah kelapa terkenal dengan semua bagiannya yang dapat diolah kembali, salah satunya sabut kelapa. Tentunya sebelum kerajinan sabut kelapa dibuat, bahan utamanya yaitu sabut kelapa harus dibersihkan terlebih dahulu.

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan yang satu ini. Penasaran apa saja contoh kerajinan dari pengolahan sabut dari kelapa ini?Oleh karena itu, yuk simak berbagai macam kerajinan tangan yang bisa kamu jadikan referensi untuk dijadikan hiasan atau dijadikan bisnis berikut ini!

Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa

kerajinan dari sabut kelapa yang mudah

Bahan dasar sabut kelapa ini bisa diolah kembali menjadi berbagai macam kerajinan yang bisa dijual kembali, ada banyak sekali bentuk yang bisa dibuat, baik itu bantal, briket, kasur, jok mobil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Usaha pembuatan kerajinan dari sabut kelapa ini juga memiliki nilai jual yang tinggi, lalu apa saja contoh kerajinan sabut kelapa ini? Oleh karena nya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

1.Kerajinan Bantal dari Sabut Kelapa

Kerajinan pertama yang menggunakan sabut kelapa adalah bantal. Ya, siapa sangka bantal juga bisa dibuat dari sabut kelapa, jadi bukan hanya bantal yang terbuat dari kapas, kapuk atau dakron, proses pembuatan bantal dari sabut kelapa juga cukup sulit jika dibandingkan dengan menggunakan bahan lain.

Cara membuat bantal ini adalah dengan menyiapkan sabut kelapa yang sudah benar-benar hilang warna kecokelatannya, untuk menghilangkan warnanya bisa menggunakan larutan pemutih.Selanjutnya lakukan proses pemurnian menggunakan minyak sayur dan proses pengeringan, setelah selesai sabut kelapa bisa dimasukkan ke dalam cetakan bantal.

2.Kerajinan Briket dari Sabut Kelapa

Selain terbuat dari batu bara, briket juga bisa dibuat dengan menggunakan sabut kelapa, tentunya briket berbahan sabut kelapa jauh lebih ramah lingkungan dan tentunya jauh lebih murah dibandingkan briket berbahan batu bara.

Cara pembuatan briket ini juga memakan waktu yang cukup lama, yaitu dengan membakar sabut kelapa terlebih dahulu dan diamkan selama satu malam.

Selanjutnya jika sudah kering kemudian angkat dan tumbuk sampai halus, jika sudah maka lakukan penyaringan kembali. Hasil yang telah ditumbuk kemudian dicampur menggunakan lem kanji, dan dituangkan ke dalam mesin cetak, kemudian dijemur langsung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

3.Kerajinan Cocomesh dari Sabut Kelapa

Cocomesh adalah kerajinan yang digunakan untuk memperkuat tanah miring, mencegah erosi dan banyak lainnya. Dimana cocomesh ini memiliki bentuk yang mirip dengan jaring dengan cara pembuatannya berupa anyaman tali yang berbahan dasar sabut kelapa.

Cocomesh juga berguna untuk mencegah tanah pucuk agar tidak kabur, maka keuntungan yang bisa didapat dari cocomesh ini adalah kerajinan ini bisa awet dan dibuat dengan menggunakan bahan organik.Seperti pada penjelasan di atas, bahwa kerajinan ini berbentuk jaring dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm dan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

4.Kerajinan KesetĀ  dari Sabut Kelapa

Keset berbahan dasar sabut kelapa ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Dimana memang kerajinan yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah di pasaran.Ada banyak sekali bentuk keset yang berbahan dasar sabut kelapa ini. Keunggulan keset berbahan sabut kelapa adalah cenderung lebih cepat kering jika dibandingkan dengan keset tradisional.

Cara membuat tikar dari sabut kelapa adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan berupa sabut kelapa kental, kemudian campur semua sabut kelapa yang kental dan kuat menjadi satu.Setelah itu masukkan ke dalam cetakan dan lakukan proses pengepresan agar padat dan diamkan selama 1 sampai 2 hari sebelum dikeluarkan dari cetakan.Itulah beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang mudah di buat

Leave a Comment