Resep Dan Cara Buat Kopi Dalgona Yang Sedang Viral

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara buat kopi dalgona yang sedang viral. Kini dalgona coffee atau kopi dalgona asal Korea sempat ramai dan sampai menjadi tren. Banyak orang mencoba berkreasi untuk membuat kopi yang perlu diaduk hingga ratusan kali ini untuk penyajiannya. Yang menarik dari hal ini, kopi ini punya tampilan akhir yang sangat cantik dan sesungguhnya semua orang juga bisa membuatnya dengan kreasi sendiri.

Ya.. kopi kocok ini memang sempat menjadi sebuah tren terbaru yang menyaingi kepopuleran dari sajian kopi latte. Meskipun dibuat dengan bahan-bahan yang bisa dibilang sederhana, untuk proses membuat kopi dalgona bisa bilang agak sulit. Ada beberapa varian teknik yang sering digunakan oleh orang-orang dalam meracik kopi kocok ini yaitu dengan menggunakan mixer ataupun saringan.

Ada juga beberapa hal yang menjadi factor saat membuat kopi dalgona jadi gagal. Salah satunya adalah pemilihan jenis kopi. Menggunakan kopi 3 in 1 tidak bisa dipakai untuk membuat sajian kopi dalgona. Karena kopi 3 in 1 telah dicampur dengan bahan lain yang tidak dibutuhkan dalam membuat kopi dalgona seperti tambahan krimer dan gula. Kopi dalgona hanya membutuhkan kopi instan, gula dan air saja untuk membuat busa kopi dengan ciri khas yang lembut.

Apa Itu Kopi Dalgona?

Kopi dalgona merupakan sajian minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama rata. Campuran itu kemudian dikocok atau dimixer sehingga menjadi sebuah krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.

Sebagai tambahan hiasan, pada bagian atasnya juga dapat ditambahkan dengan kopi instan, coklat, biskuit yang sudah dihancurkan, atau madu sesuai selera. Kopi dalgona hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar kopi instan, tidak bisa menggunakan kopi bubuk. Hal ini dikarenakan kopi bubuk tidak dapat membuat topping padat dan berbusa sebagai ciri khas yang diinginkan.

Resep Kopi Dalgona

cara buat kopi dalgona

Bahan-bahan:

  • Kopi bubuk instan tanpa ampas 2 sdt, disarankan untuk tidak menggunakan yang krimer
  • Gula pasir 3 sdt
  • Susu UHT cair secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Es batu
  • Krimer atau kental manis bagi yang tidak suka dengan kesan rasa pahit

Cara membuat Kopi Dalgona:

  1. Campurkan kopi bubuk instan dan gula ke wadah mangkuk atau gelas.
  2. Kemudian, tuangkan air panas secukupnya dan aduk-aduk hingga tercampur merata. Aduk atau kocok terus sampai menjadi adonan yang kental dan berbusa. Kamu bisa juga menggunakan Mixer Elektrik biar lebih cepat.
  3. Siapkan gelas lain dan isi dengan susu UHT dan es batu sesuai selera. Jika kamu ingin cita rasa yang lebih manis, tambahkan krimer atau kental manis secukupnya.
  4. Apabila sudah siap, lalu tuangkan adonan kopi yang berbusa tadi ke dalam gelas yang sudah diisi dengan susu. Kopi Dalgona racikan sendiri siap untuk disajikan dan dinikmati.

Tips dalam Membuat Kopi Dalgona

  1. Jangan gunakan kopi 3 in 1 karena nanti tidak akan menghasilkan busa mengembang dan creamy.
  2. Susu cair UHT bisa dikreasikan dengan rasa apa saja sesuai selera kalian.
  3. Selain menggunakan mixer bisa juga manual menggunakan sendok atau garpu atau saringan teh tapi membutuhkan waktu lebih lama dan juga tenaga yang ekstra.

Bagaimana Dampak Meminum Kopi Dalgona Bagi Kesehatan?

Sejauh ini belum ada penelitian yang mengungkap tentang dampak yang negatif dari meminum Dalgona Coffee bagi kesehatan. Namun seperti yang kita tahu bahwa kopi memiliki manfaat seperti untuk meningkatkan energi dan membantu membakar lemak. Sementara susu mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Itu merupakan manfaat yang dihasilkan apabila meminum Dalgona Coffee.

Akan tetapi mengingat Kembali dari bahan yang digunakan banyak mengandung gula, maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan takaran bahan untuk satu gelas Dalgona Coffee. Bagi yang memiliki Riwayat penyakit seperti diabetes, kamu haruslah benar-benar jeli saat sedang mencoba meracik kopi. Pilihlah gula yang baik untuk Kesehatan dan juga mengatur takaran dalam menggunakannya serta susu yang memang rendah lemak. Buat kalian yang tidak memiliki riwayat diabetes pun tetap membatasi dan sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsinya agar tetap menjaga kesehatan.

Mungkin itu saja yang bisa kami suguhkan dalam artikel cara buat kopi dalgona beserta dampaknya bagi Kesehatan. Sajian kopi dalgona merupakan sajian yang enak, apalagi kalau kita membuatnya dengan kreasi kita sendiri. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengira-ngira takaran bahan yang pas bagi selera kita. kalau kalian malas untuk meraciknya,kalian bisa juga mencoba untuk mencari mesin kopi untuk membantu proses pembuatannya.

Leave a Comment