Tips Mengolah Daging Ayam Mentah

Ikan mentah alias sashimi adalah salah satu makanan favorit sebagian besar orang Indonesia. Sushi memang makanan yang sehat. Protein, yodium, vitamin, mineral, dan lemak omega-3 .Tapi jangan biarkan tren makanan mentah ini mencoba ketika Anda makan ayam. Pada saat memasak ayam tidak boleh setengah-setengah – harus benar-benar matang.Cara mengolah ayam mentah

Cara Mengolah Daging Ayam Yang Benar

cara mengolah ayam mentah

Agar manfaat daging ayam lebih maksimal dan Anda dapat terhindar dari infeksi akibat memakan daging ayam yang mentah atau setengah matang, maka sebaiknya terapkan cara memasak ayam yang benar. Memasak ayam sampai benar-benar matang juga dapat membunuh bakteri berbahaya yang ada dalam daging ayam.

Pertama-tama, cuci tangan Anda sebelum memegang ayam. Ingat, kebersihan merupakan hal yang utama dalam menangani makanan jenis apa pun. Anda juga harus memisahkan pisau dan talenan yang digunakan untuk memotong ayam dengan pisau dan talenan untuk bahan makanan lainnya, seperti sayur dan buah. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang antara ayam dengan bahan makanan lainnya.

Selanjutnya, masak daging ayam hingga suhu minimal pada bagian dalam ayam mencapai 74° Celcius. Anda juga dapat memeriksanya dengan termometer khusus memasak. Tingkat kematangan daging juga dapat dilihat dari warna dan keempukannya.

Pastikan semua daging ayam sudah berubah warna, tidak ada daging ayam yang masih berwarna pink. Setelah itu pastikan juga bahwa dagingnya sudah empuk dengan cara ditusuk dengan menggunakan pisau atau garpu. Jika pisau bisa menembus ayam dengan mudah, berarti daging ayam sudah matang.

Apabila Anda memasak ayam dengan cara memanggang maka, pastikan bahwa suhu panggangan berada pada suhu 177° Celcius dan panggang selama sekitar 25-30 menit, tergantung pada ukuran daging ayam. Jika ayam sudah dipanggang, selanjutnya pastikan juga bahwa kedua sisi ayam telah matang, mungkin diperlukan waktu selama sekitar 10-15 menit untuk setiap sisinya matang.

apabila anda memasak ayam dengan cara direbus, maka rebus ayam paling lama sekitar 50 menit atau lebih sampai daging ayam benar-benar sudah matang, hal ini tergantung dari ukuran ayam juga.

Akibat pada tubuh jika makan ayam tidak matang

Makanan mentah atau setengah matang umumnya kurang baik karena dikhawatirkan masih ada bakteri yang menempel pada makanan tersebut sehingga dapat menimbulkan penyakit. Begitu pula dengan ayam.

Bedanya, parasit yang terdapat pada ikan mentah bisa mati dengan mudah ketika ikan dibekukan sebelum disajikan. Ikan yang digunakan untuk sushi dan juga sashimi biasanya sudah dibekukan pada suhu -20°C selama tujuh hari atau dibekukan pada suhu -35°C selama sekitar 15 jam. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan mentah dianggap aman jika disiapkan dengan benar sesuai dengan peraturan keamanan pangan yang berlaku.

Sementara itu, daging ayam mentah lebih berisiko karena dapat menyebabkan infeksi, terutama pada anak kecil, orang tua, dan ibu hamil. Karena bakteri penyebab penyakit yang hidup di dalam daging ayam mentah tidak akan terpengaruh oleh proses pembekuan, menurut Ben Chapman, spesialis keamanan pangan dan profesor di North Carolina State University.

Merebus atau memanggang ayam setengah matang juga tidak efektif untuk membunuh semua bakteri yang terdapat di dalam daging ayam.

Ayam mentah atau setengah matang dapat menampung bakteri Campylobacter dan Salmonella. Kedua jenis bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan muntah. Gejalanya antara lain yaitu: diare, kram perut, demam, hingga mual dan muntah (dalam beberapa kasus). Jadi, sebaiknya hindari makan ayam yang masih mentah atau setengah matang.

Leave a Comment