Belajar Apa Saja Saat Kuliah Hukum?

Fakultas hukum menambahkan beragam perihal menarik yang sudah pasti bakal menaikkan wawasan serta kebolehan yang sudah pasti bakal berguna untuk anda pakai di didalam dunia kerja nanti. Dari bekerja sebagai pengacara di firma Magister hukum, notaris sampai bagian legal didalam sebuah perusahaan, peluang kerja bagi anda terbuka lebar di sana.

Tapi apa saja sih ilmu-ilmu perihal hukum yang bakal anda pelajari di kuliah nanti? Berikut penjelasannya.

 

Hukum perdata

Ilmu hukum pertama yang bakal anda pelajari adalah hukum perdata. Apa sih bedanya hukum perdata bersama hukum pidana? Secara garis besar, kedua ilmu hukum tersebut adalah dua ilmu yang paling kerap dipelajari dan paling kerap digunakan didalam kehidupan sehari-hari.

Hukum perdata berurusan bersama pertalian antar pihak, tapi tanpa melibatkan kepentingan penduduk yang lebih luas lagi. Salah satu perumpamaan dari hukum perdata adalah perjanjian kontrak kerja karyawan bersama perusahaan. Pada dasarnya, bagi mahasiswa yang menyukai hukum perdata, mereka bisa bekerja sebagai notaris atau bagian legal didalam perusahaan gara-gara sebenarnya itulah perumpamaan nyata dari hukum perdata ini.

 

Hukum pidana

Ilmu hukum kedua yang bakal anda pelajari adalah hukum pidana. Berbeda bersama hukum perdata yang berurusan bersama kontrak dan perjanjian, hukum pidana berhubungan bersama kasus-kasus kriminal yang biasa anda menyaksikan di media online atau TV layaknya pembunuhan dan perampokan. Beberapa mata kuliah yang bakal anda pelajari termasuk hukum pidana dan kriminologi. Kamu yang memilih fokus bersama hukum pidana bisa menjadi jaksa sampai pengacara kala udah bekerja nanti.

 

Hukum internasional

Selanjutnya, anda juga bakal mempelajari hukum internasional. Pada mata kuliah ini anda bakal banyak paham hal-hal berkenaan hukum internasional sekaligus pertalian antar negara, sesuai bersama sebagian mata kuliah yang bakal anda pelajari layaknya hukum hawa dan ruang angkasa, hukum perjanjian internasional dan hukum laut internasional.

 

Hukum ekonomi

Tidak kalah seru dari mata kuliah lainnya, ilmu hukum ekonomi juga bakal anda dapatkan di jurusan hukum. Sesuai bersama namanya, hukum ini berurusan bersama kasus ekonomi yang merupakan tidak benar satu perihal yang tiap-tiap hari konsisten bergerak dan berkembang. Melihat perihal itu, maka diperlukan pembelajaran perihal ilmu hukum ekonomi yang nantinya bisa berguna. Beberapa mata kuliah yang bakal anda pelajari adalah hukum ekonomi internasional dan hukum penanaman modal.

 

Hukum tata negara (HTN)

Selain itu, anda juga bakal mempelajari ilmu hukum tata negara (HTN). Bagi anda yang tertarik bersama kasus undang-undang negara, instansi kenegaraan sampai konstitusi, maka HTN adalah ilmu yang bakal anda sukai. Beberapa mata kuliah layaknya hukum kewarganegaraan dan keimigrasian dan Hukum Konstitusi bakal anda pelajari.

 

Hukum administrasi negara

Tidak ketinggalan, ilmu hukum administrasi negara. Berbeda bersama HTN, ilmu hukum ini membicarakan perihal hal-hal yang lebih merakyat dan segera berefek di didalam kehidupan masyarakat. Terlihat dari sebagian mata kuliah yang bakal anda pelajari yaitu Hukum Perizinan dan Hukum Keuangan Negara.

 

Hukum dan perkembangan masyarakat

Apabila menyaksikan sebagian ilmu hukum yang ada di daftar ini, anda bakal paham terkecuali semua berhubungan bersama manusia secara langsung, tapi khusus hukum dan perkembangan masyarakat, anda bakal menyaksikan fenomena hukum yang sedang ada pas ini. Jadi untuk yang menginginkan menjadi dosen, anda wajib menguasai ilmu ini. Beberapa mata kuliah yang bakal dipelajari adalah Sejarah Hukum dan Antropologi Hukum.

 

Hukum dan teknologi

Ilmu hukum yang paling akhir yang bakal anda pelajari adalah Hukum dan Teknologi. Sesuai namanya, teknologi yang jadi jauh berkembang pesat wajib didasari oleh sebagian hukum yang berlaku. Maka dari itulah nampak Hukum dan Teknologi. Mata kuliah layaknya Hukum Perdagangan Secara Elektronik dan Hukum Telekomunikasi bakal anda pelajari nantinya.

Apakah anda udah paham perihal apa saja yang nantinya bakal anda pelajari di fakultas hukum? Banyak sekali hal-hal yang menarik yang bisa anda dapatkan dan anda praktekkan didalam pekerjaan anda nantinya mengingat lulusan hukum senantiasa diperlukan di beragam bidang pekerjaan yang ada di Indonesia.

Leave a Comment