Keripik Khas Dari Nusantara

Keripik Khas Dari Nusantara

Nusantara memiliki beragam keripik yang khas, lantas apa saja keripik khas dari nusantara? berikut ini merupakan ulasan selengkapnya!

Keripik Khas Dari Nusantara

1. Keripik Pisang Lampung

Keripik khas nusantara urutan pertama adalah keripik yang berasal dari bahan dasar pisang. Buah pisang memang telah biasa menjadi salah satu bahan dalam pembuatan keripik. Akan tetapi, salah satu keripik pisang paling terkenal adalah keripik pisang yang berasal dari provinsi Lampung.

Uniknya keripik pisang yang satu ini daripada keripik pisang lainnya adalah memiliki banyak varian rasa yang dapat untuk kalian cicipi! Mulai dari cokelat, keju, susu, melon, stroberi, dan lain sebagainya. Tidak heran apabila keripik yang satu ini menjadi oleh-oleh wajib apabila sedang melakukan kunjungan ke Lampung.

2. Rempeyek

Siapa yang tidak mengetahui tentang cemilan yang satu ini? Rempeyek atau di beberapa daerah lain yang ada di Indonesia biasa disebut juga peyek ini dapat kalian jumpai secara gampang di warung-warung. Konon, katanya rempeyek yang berasal dari kota Tarempa yang ada di Kepulauan Riau adalah salah satu yang memiliki rasa paling enak!

Berasal dari bahan dasar tepung, telur, kemudian ditaburi kacang tanah, rasa yang ada dalam makanan ini sangat gurih dan tentu dapat membuat kalian menjadi ketagihan. Selain kacang tanah, terdapat juga yang menggantinya dengan menggunakan udang kemudian dibuat menjadi lauk. Tentunya tidak kalah nikmat!

3. Sale Pisang

Selain menjadi keripik biasa, pisang juga dapat dibuat menjadi sale pisang. Pisang yang sebelumnya telah dijemur serta digoreng dengan menggunakan tepung ini mempunyai cita rasa yang sangat manis. Cocok untuk kalian yang suka dengan rasa manis.

Memiliki perbedaan dengan keripik pisang, sale pisang hanya memiliki rasa yang garing pada bagian luar akan tetapi lembut pada bagian dalamnya sehingga memberikan pengalaman yang berbeda pada saat memakannya. Namun memiliki rasa yang sama-sama lezat.

4. Opak

Makanan cemilan yang berasal dari Sunda satu ini mungkin akrab untuk kalian yang dulu menonton sinetron Keluarga Cemara. Dengan menggunakan bahan dasar tepung beras serta bumbu-bumbu misalnya garam dan merica, Opak mempunyai rasa gurih dan renyah pada saat dikonsumsi.

Lebih sedap lagi apabila kalian menjadikan opak teman memakan makanan lain seperti mie ayam maupun bakso. Pasti rasa nikmatnya akan menjadi meningkat!

5. Keripik Sanjai Padang

Apabila kalian sedang berlibur ke Padang, jangan lupa untuk menyempatkan diri membeli keripik sanjay. Kerupuk yang berasal dari singkong kemudian dipotong memanjang ini sangat enak apalagi untuk kalian penyuka rasa balado.

Keripik satu ini memiliki cita rasa manis pedas yang diperoleh dari saus balado yang menjadikan kerupuk singkong satu ini memiliki perbedaan dengan kerupuk singkong yang lainnya.

6. Keripik Maicih

Selain keripik sanjay, salah satu keripik singkong yang harus kalian coba adalah keripik maicih. Tapi perlu kalian ingat, keripik ini hanya untuk dikonsumsi oleh penggemar rasa pedas ya.

Populer karena memiliki rasa pedas yang amat membakar lidah, keripik ini mengambil tempat di hati para penyuka keripik serta penggemar rasa pedas. Untuk kalian yang tidak begitu kuat menahan rasa pedas yang membakar, keripik ini muncul dengan beraneka macam tingkatan rasa pedas yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera lidah.

7. Keripik Bekicot

Jangan terlebih dahulu jijik ketika mendengar namanya. Walaupun bekicot populer menjadi hama, di tangan anak muda yang kreatif Indonesia hewan satu ini ternyata dapat diolah menjadi satu cemilan yang lezat. Renyah serta gurih, keripik bekicot ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi (terutma protein).

8. Keripik Cabe

Walaupun umumnya hanya dijadikan sebagai bumbu, kali ini cabai juga dapat dibuat menjadi bahan dasar dalam pembuatan keripik, Tidak hanya renyah dan memiliki rasa yang gurih, sudah pasti rasa dari keripik cabe yang satu ini sangat pedas. Untuk kalian yang menyukai rasa pedas, jangan sampai kalian melewatkan keripik cabe yang satu ini. Kalian wajib menyiapkan air minum secukupnya apabila ingin memakan keripik satu ini!

9. Keripik Tempe

Kalai keripik yang satu ini memang khas dari negara Indonesia. Berasal dari bahan dasar tempe, keripik satu ini banyak mengndung protein. Tidak kalah lezat rasanya dengan rasa yang ada dalam tempe goreng. Yuk, untuk para penyuka tempe kalian dapat secara langsung mencicipi keripik tempe.

10 Keripik Oncom Bandung

Satu lagi bahan makanan yang khas dari negara Indonesia yang berasal dari bahan dasar kedelai selain tempe adalah oncom. Oncom yang terkenal di daerah Bandung ini juga ternyata juga dapat dijadikan sebagai keripik yang tidak kalah enaknya.

Soal rasa yang ada di dalamnya? tidak perlu penasaran disebabkan karena rasa Oncom banget! Tentu saja, untuk yang pernah mencobanya, sudah pasti tahu. Akan tetapi, untuk yang belum pernah, suusah untuk dijelaskan rasanya. Yang pasti hanya satu yakni enak!

11. Keripik Gapit

Gapit merupakan keripik khas yang berasal dari kota Cirebon. Disebut gapit karena memiliki bentuk yang pipih. Keripik mempunyai warna kecoklatan ini berasal dari bahan dasar telur serta tepung tapioka dan populer karena memiliki tekstur yang renyah. Pokoknya ketika kalian mengonsumsinya, akan memiliki rasa manis serta kriuk yang membuat ketagihan.

12. Keripik Belut

Selain bekicot, salah satu hewan unik yang dapat diolah menjadi keripik adalah belut. Dengan memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih khas daging belut, keripik satu ini yang hanya dapat dijadikan cemilan, nemun juga sangat cocok menjadi teman dalam memakan nasi. Jadi, apabila bingung untuk mencari lauk, sebungkus keripik belut serta sambal telah dapat dijadikan pilihan untuk menjadi teman nasi.

13. Keripik Rendang

Tidak hanya daging, keripik juga dapat diolah menjadi rendang. Memiliki bahan dasar telur serta terigu, keripik ini banyak menggunakan bumbu rendang yang mengandung banyak rempah. Walaupun tidak memakai daging sama sekali, dijamin memiliki rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan daging rendang.

14. Keripik Bawang

Sekilas memiliki bentuk mirip seperti kulit pangsit, namun soal rasa cemilan satu ini jauh lebih nikmat dan enak. Berasal dari bahan dasar terigu, daun bawang, serta bawang putih, keripik satu ini mempunyai rasa bawang yang bisa dibilang sangat khas. Jadi, dibandingkan menggunakan kulit pangsit, mending mengganti teman makan mie ayam kalian menjadi keripik bawang. Pasti memiliki rasa yang lebih nendang.

15. Keripik Tissue

Memiliki nama yang unik, rasanya juga tidak kalah unik. Keripik tissue adalah cemilan berasal dari bahan dasar singkong yang dibuat menjadi sangat tipis, saking tipisnya keripik ini diberi nama dengan keripik tissue. Pasti keunikan dari keripik ini terdapat dalam kerenyahannya yang mungkin tidak dapat untuk ditandingi oleh keripik lain.

16. Keripik Simping

Keripik satu ini adalah cemilan yang berasal dari Jawa Barat yang berasal dari dari tepung tapioka. memiliki bentuk berupa lingkaran tipis dengan terdapat pola pada bagian tengahnya.

Walaupun terlihat sederhana, pengolahan keripik simping membutuhkan keahlian khusus supaya mengetahui apakah ceminal ini telah menjadi matang atau belum. Soal rasa, keripik Simping yang satu ini renyah serta mempunyai rasa gurih-gurih manis dan nikmat di lidah.

17. Keripik Buah

Masyarakat Indonesia memang memiliki ide yang kreatif. Keripik buah yang satu ini buktinya! Tidak hanya pisang, berbagai macam buah contohnya seperti nangka, semangka, stroberi, sampai anggur dapat diolah menjadi keripik!

Memiliki rasa yang pasti berbeda dibandingkan keripik-keripik sebelumnya. Keripik satu ini mempunyai rasa manis khas rasa dalam buah. Patinya, tidak hanya lezat, keripik satu ini banyak mengandung vitamin juga!

18. Keripik Aneka Macam Sayur

Tidak hanya buah-buahan, bahkan beraneka ragam sayuran juga tidak luput untuk diolah menjadi keripik di Indonesia. Kalian dapat menjumpai beraneka ragam keripik dengan menggunakan bahan dasar sayur misalnya keripik bayam, keripik pare, sampai keripik kemangi. Unik serta nikmat, keripik satu ini cocok untuk kalian yang sedang ingin mencoba hidup sehat namun tidak dapat lepas dari cemilan.

Leave a Comment