Berapa Modal Usaha Jus Buah Sehat? Simak Berikut Ini!

Berapa sih banyaknya modal usaha jus buah sehat yang dibutuhkan dari awal hingga usaha beroperasi? Mari kita bahas bersama. Siapa sih rang yang tidak kenal dengan minuman jus buah? Sudah pasti setiap orang mengenal jenis minuman yang satu ini.

Banyak aneka macam buah yang bisa dijadikan olahan jus buah, misalnya buah alpukat, buah mangga, buah stroberi, buah melon, dan masih banyak berbagai jenis buah lainnya dengan berbagai macam rasa.

Buah – buahan kaya akan kandungan vitamin, serat gizi, serta mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. Mulai dari anak-anak bahkan lansia sekalipun banyak yang gemar mengonsumsi buah, apalagi jika diolah menjadi jus. Sebagian dari mereka juga ada yang gemar mengonsumsi jus buah karena sedang menjalani terapi kesehatan.

Negara Indonesia adalah negara tropis yang di dalamnya banyak aneka ragam buah yang tumbuh dengan subur dan memiliki 2 musim, yaitu hujan dan panas. Ketika sedang musim panas, kerongkongan akan terasa lebih haus di siang hari. Untuk melepaskan dahaga sekaligus menjaga tubuh agar tetap sehat, biasanya orang – orang akan lebih memilih untuk mengonsumsi jus buah daripada minuman lainnya.

Hal inilah yang membuat adanya peluang usaha baru yaitu usaha jus buah sehingga banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha jus buah. Di tambah lagi banyak yang mengatakan bahwa usaha jus buah merupakan usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Kedai usaha yang menjual beragam jus buah pasti sangat mudah ditemukan di setiap sudut kota saat ini. Karena usaha minuman jus buah segar sedang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Usaha ini bisa dikerjakan secara rumahan ataupun dikombinasikan dengan usaha kuliner lainnya. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Bisa menyesuaikan dengan uang modal yang kamu punya.

Rincian Modal Usaha

modal usaha jus buah sehat

Apabila kamu berminat untuk memulai usaha jus buah yang mempunyai prospek cerah ini, maka kamu perlu merinci modal usaha yang diperlukan untuk memulai usaha ini.

Lain dari itu, kamu juga perlu menyusun strategi sebagus mungkin untuk menarik perhatian pasar dan menarik pelanggan sebanyak mungkin. Dengan begitu, keuntungan yang kamu peroleh bisa lumayan besar atau bahkan lebih dari cukup.

Berikut ini rincian modal awal usaha jus buah sehat :

Freezer atau kulkas Es 1 unit = Rp. 700.000
Gerobak atau Booth = Rp. 1.600.000
Juicer atau mesin blender = Rp. 2.500.000
Biaya lain-lain = Rp. 200.000
Total dari biaya investasi modal awal usaha jus buah yaitu sekitar Rp. 5.000.000,-

Berikut ini rincian modal operasional usaha jus buah sehat :

Aneka jenis buah 1 kilogram adalah Rp. 14.000 stok sebanyak 60 kg = Rp. 840.000
Sedotan 1 bungkus (400 pcs) Rp. 250 = Rp. 100.000
Piala 1 Rp. 600 stok sebanyak 400 pcs = Rp. 240.000
Gula susu, dan madu = Rp. 400.000
Es batu = Rp. 70.000
Listrik dan Udara = Rp. 500.000
Pegawai = Rp. 700.000
Total biaya operasional usaha jus buah yaitu sekitar = Rp. 2.010.000,-.

Apabila diumpamakan dalam satu hari kedai jus buah sehat kamu mampu menjual sekitar 40 cangkir jus buah dengan harga Rp. 8.000 per cangkir, maka keuntungan kotor yang diperoleh sekitar : 40 x Rp. 8000 = Rp. 320.000 setiap harinya.

Omzet yang didapatkan dalam satu bulan yaitu sekitar : Rp. 320.000 x 30 hari = Rp. 9.600.000,-. Bisa dikatakan bahwa keuntungan kotor yang bisa kamu dapatkan dari usaha jus buah ini adalah sekitar Rp. 9.600.000,-.

Keuntungan bersih yang didapatkan yaitu : Rp. 9.600.000 – Rp. 2.010.000 = Rp. 7.590.000 per bulannya. Sangat lumayan bukan? Besarnya keuntungan yang dihasilkan inilah yang menjadi alasan banyaknya pelaku usaha yang menekuni usaha minuman jus buah.

Tips Usaha Jus Buah

modal usaha jus buah sehat

Setelah mengetahui besarnya potensi keuntungan dari usaha jus buah, kamu pasti butuh tips untuk memulai usaha jus buah. Berikut ini hal yang perlu kamu lakukan agar usaha minuman jus buahmu semakin berkembang dan laku keras.

  1. Pilih lokasi usaha yang strategis. Lokasi yang strategis akan membuahkan hasil yang cukup baik karena lokasi yang strategis akan mendatangkan pembeli. Biasanya tempat yang ramai orang akan lebih berpotensi untuk memulai sebuah usaha, termasuk usaha jus buah ini.
  2. Inovasi rasa jus buah. Kamu bisa mencari racikan atau resep jus buah melalui internet. Bisa juga kamu membeli buku resep di toko buku. Jangan lupa untuk selalu melakukan inovasi rasa agar pelanggan tidak bosan.
  3. Gunakan bahan baku dengan kualitas yang baik. Jangan pernah kamu menjual jus buah dengan bahan yang tidak berkualitas. Hal ini akan berpengaruh pada rasa. Usahakan gunakan bahan baku yang berkualitas agar pembeli tidak membeli jus buah di kedai kamu.
  4. Menjaga kebersihan. Penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan maupun kebersihan bahan baku yang digunakan. Sehingga kualitas dan kebersihan sudah terjamin dan membuat enak dilihat oleh pembeli.
  5. Kemasan yang menarik. Seiring dengan kemajuan teknologi, pengemasan jus buah bisa menggunakan mesin cup sealer yang praktis dan mengurangi risiko jus buah yang akan tumpah. Kamu juga bisa berkreasi dengan cara menambahkan gambar atau beberapa tulisan di cup.
  6. Promosi usaha. Kamu bisa melakukan promosi secara offline maupun online. Promosi offline bisa kamu lakukan dengan cara menyebar brosur, memasang banner, atau bahkan dari mulut ke mulut. Selain promosi offline, promosi online bisa dilakukan dengan mengunggah berbagai informasi mengenai kedai jus buah kamu melalui sosial media. Bisa juga kamu membayar adsence.
  7. Beri layanan delivery order. Dengan adanya sistem delivery order atau layanan antar, orang-orang akan lebih mudah untuk membeli jus buah di kedai kamu. Sehingga pembeli akan merasa lebih senang dan puas dengan adanya layanan ini.

Leave a Comment