Peluang Usaha Minuman Di Desa Yang Menjanjikan Serta Menguntungkan

Peluang usaha minuman di desa juga tidak kalah dengan peluang usaha di kota kota besar. Peluang usaha di desa juga besar, namun masih jarang dijalankan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan, banyak masyarakat desa yang suka mengikuti gaya orang kota, yaitu mengkonsumsi minuman instan. Padahal di desa, banyak jenis minuman yang akan menjadi bisnis besar jika benar-benar dijalankan dengan serius.

Dapat Anda perhatikan, bahwa semua bahan minuman yang beredar di dunia ini bahan utamanya adalah tanaman. Yang dimana, tanaman-tanaman tersebut tubuh di desa atau bahkan di daerah hutan. Mulai dari tanaman teh, kopi, hingga madu hutan yang ada di dalam hutan belantara.

Lalu kemudian orang-orang kota membuat berbagai perasa buatan untuk menyamai rasa alami dari aneka tumbuhan tersebut. Dan hasilnya, karena banyaknya propaganda, akhirnya semua orang suka pada minuman instan. Padahal, minuman asli buatan orang desa memiliki kandungan yang jauh lebih sehat bagi semua orang, dibandingkan dengan minuman instan kekinian dari kota.

Keunggulan Minuman Buatan Desa

peluang usaha minuman di desa

Minuman desa memiliki keunggulan tersendiri, Ada tiga keunggulan besar yang dimiliki minuman desa. Apa sajakah itu? keunggulan tersebut antara lain :

  1. Minuman buatan warga desa, biasanya dibuat berdasarkan resep turun-menurun dengan cara alami dan terbebas dari bahan kimia. Hal inilah yang menjadikan minuman khas desa mempunyai khasiat kesehatan yang tinggi dan tidak berbahaya bagi para pelanggan.
  2. Minuman khas desa mempunyai cita rasa yang unik, yang tidak dimiliki oleh minuman manapun. Hal ini dikarenakan, minuman desa menggunakan bahan-bahan alami yang hanya ada di desa. Cita rasa seperti yang ditawarkan oleh minuman desa, tidak akan bisa ditandingi oleh bahan buatan.
  3. Memanfaatkan peluang usaha minuman di desa berarti Anda turut serta membantu ekonomi di desa, memanfaatkan alam dengan bijak, serta menciptakan masyarakat yang sehat.

Lalu, bagaimana caranya untuk memanfatkan tiga keunggulan di atas agar menjadi ide usaha yang bisa meraup banyak keuntungan rupiah bagi pengelola usahanya?. Seharusnya hal ini tidak perlu untuk dianggap sulit. Karena ada banyak minuman yang sangat disukai oleh banyak orang karena cita rasa alami-nya.

Misalnya minuman kopi, minuman rempah, jus buah, teh, dan lain sebagainya. Inilah, beberapa jenis minuman yang bisa Anda jadikan usaha di desa, yaitu :

Peluang Usaha Minuman Di Desa Yang Bisa Anda Coba Untuk Meraih Keuntungan Besar

1. Peluang Usaha Minuman Di Desa : Kopi

peluang usaha minuman di desa

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kopi terbaik di dunia setelah Brazil. Kualitas kopi Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi. Bisa dibilang, orang yang tidak menyukai kopi berarti ia adalah orang yang hidupnya rugi. Begitulah kiranya peribahasa yang tepat untuk menggambarkan hebatnya sebuah biji kopi dapat menciptakan rasa minuman.

Jika Anda tinggal di daerah desa penghasil kopi, Anda bisa mencoba menciptakan produksi kopi racikan Anda sendiri. Peluang usaha minuman kopi ini, sudah banyak dilakukan para warga desa. Seperti misalnya di daerah produsen kopi yakni Gayo, Aceh, juga Toraja bahkan Magelang di Jawa Tengah, dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat racikan kopi dengan campuran bahan bahan lain, seperti nangka misalnya atau bahan-bahan lainnya. Anda bisa mencampurnya dengan menguji cita rasanya terlebih dahulu, jika dirasa pantas untuk dikonsumsi konsumen maka Anda bisa menjualnya. Percayalah, Usaha kopi ini tidak akan pernah sepi peminat sampai kapanpun.

2. Peluang Usaha Minuman Di Desa :  Memproduksi Teh

usaha minuman desa

Peluang usaha selanjutnya adalah teh, salah satu jenis minuman yang juga memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Teh mempunyai ribuan macam jenis, mulai dari teh klasik, hingga teh dengan rasa tertentu seperti teh melati, teh hijau, teh hitam, dan sebagainya.

Rahasia minuman teh sendiri, ada pada cara pengolahan nya. Para petani teh di setiap daerah, mempunyai cara tersendiri untuk merawat tanaman teh mereka hingga tumbuh menjadi teh dengan cita rasa luar biasa. Teh sendiri bagi sebagian orang, merupakan salah satu minuman wajib yang harus di konsumsi di setiap harinya.

Jika Anda tinggal di daerah yang menghasilkan teh dan memiliki kemampuan untuk meracik teh, Sebaiknya Anda mulai berpikir untuk menjalankan ide peluang usaha minuman ini. Walaupun di luaran sana, sudah banyak penjual minuman teh, namun jika Anda bisa meracik teh dengan unik berbeda dan nikmat, usaha Anda pasti akan ramai digandrungi oleh para konsumen.

Buatlah nama merek minuman teh Anda sendiri, walaupun Anda tidak memiliki kebun teh sendiri. Untuk menjalankan usaha ini, Anda juga tidak memerlukan kebun sendiri. Karena Anda hanya perlu untuk berkerja sama dengan para petani teh sehingga Anda menciptakan banyak peluang kerja karena sudak melibatkan para petani.

3. Peluang Usaha Minuman Di Desa : Minuman Rempah

usaha di desa

Peluang usaha selanjutnya adalah minuman rempah. Mengapa banyak minuman saat ini hanya identik dengan teh dan kopi, padahal di lingkungan tempat tinggal kita ada banyak berbagai bahan minuman yang luar biasa yaitu minuman rempah. Seperti yang sudah dilakukan oleh warga Imogiri, Bantul, dan Yogyakarta. Warga desa tersebut sudah menciptakan Wedang Uwuh yang kini sudah sangat populer.

Minuman wedang uwuh sendiri merupakan minuman dari campuran daun pala, cengkih, jahe, kayu manis, dan secang. Disebut dengan uwuh yang berartikan sampah, karena bahan-bahan minuman ini dicampur begitu saja sehingga tampak mirip sampah (uwuh).

Campuran berbagai bahan rempah tersebut, terbukti bisa menciptakan rasa minuman yang unik karena mengandung beberapa rasa sekaligus seperti rasa manis, kecut dan pedas jahe dalam satu gelas. Uniknya cita rasa dari Wedang Uwuh ini, segera membawa nama minuman ini ke telinga banyak orang.

Kini banyak warga yang mengembangkan minuman ini. Minuman wedang uwuh juga bisa Anda temui saat ini di online shop. Jika Anda ingin berjualan minuman rempah satu ini, Anda juga bisa turut ikut menjualnya dengan membuka warung sendiri atau dengan berjualan di online shop, seperti facebook, shopee, tokopedia dll.

Peluang usaha minuman di desa satu ini, bukan hanya unik dari rasanya tetapi juga memberikan khasiat yang unggul untuk menjaga kesehatan orang yang meminumnya. Selain itu, minuman ini juga menciptakan peluang pendapatan baru bagi warga desa.

4. Peluang Usaha Minuman Di Desa : Warung Jus Buah

minuman desa

Usaha minuman selanjutnya adalah, membuka warung khusus jus buah. Salah satu peluang usaha minuman di desa yang kini memiliki banyak penggemar adalah minuman jus buah. Warga masyarakat pedesaan, kini juga sudah mulai sadar betapa pentingnya untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Jus buah mempunyai kehebatan yang tidak dimiliki oleh jenis minuman yang lain. Pertama, cita rasanya yang sangat khas karena berbahan dasar dari buah asli. Rasa alami inilah yang membuat semua orang jatuh cinta pada minuman jus buah ini. Lengkapi lah buah yang Anda tawarkan untuk jus buah yang Anda jual, agar lebih banyak menarik pelanggan datang.

Untuk membuka warung jus buah juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, Anda hanya harus bisa menemukan tempat di pinggir jalan yang ramai, untuk menarik banyak konsumen datang ke warung kecil jus buah Anda.

5. Kedai Kopi

Kedai kopi adalah tempat yang selalu memiliki penggemar sendiri baik di kota maupun di desa. Di pedesaan, membuka kedai kopi bisa dilakukan di manapun meski di pinggir jalan sekalipun.

Peluang usaha minuman di desa satu ini, mengharuskan suasana yang sejuk dengan tata ruang yang nyaman untuk bersantai. Tidak harus mahal dan mewah, Anda bisa menggunakan kursi bambu atau mungkin membuka warung lesehan kopi agar bisa menambah suasana sejuk di desa.

Untuk belanja bahan-bahan minuman seperti kopi, teh, gula pasir dan beberapa kebutuhan lain, bisa dibelanjakan dalam beberapa hari sekali agar tidak terlalu merepotkan nantinya. Untuk menciptakan penghasilan yang lebih besar lagi, Anda bisa memasukkan berbagai menu makanan untuk menarik para pegunjung datang.

6. Usaha Minuman Es Jasjus & Pop Ice

Selain 5 minuman khas desa diatas, Anda juga bisa berjualan berbagai minuman dingin segar lainnya. Seperti jualan es jasjus dan pop ice, jenis minuman satu ini biasanya sangat digemari oleh anak-anak. Anda bisa berjualan minuman ini dengan membuka warung kecil di pinggir jalan, atau menjualnya di depan teras rumah.

Buat juga berbagai variasi minuman tersebut, seperti misalnya menambahkan topping bubble atau jelly agar menambah cita rasa dari minuman tersebut.

7. Usaha Es Kelapa Muda

minuman

Peluang usaha minuman di desa yang pasti akan laris manis adalah es kelapa muda. Minuman ini memiliki banyak penggemar baik di kota maupun di desa. Dengan cita rasanya yang nikmat dan segar bisa menghilangkan rasa haus dari tenggorokan.

Minuman satu ini sangat pas untuk dijadikan sebagai ide jualan di desa dengan keuntungan yang melimpah. Jual minuman ini di tempat yang ramai dilalui banyak orang. Anda juga bisa menjual minuman ini, dengan menggunakan gerobak atau meja di depan rumah.

Itulah tadi beberapa pilihan peluang usaha minuman di desa yang bisa Anda coba. Sebenarnya ada begitu banyak bahan yang bisa dikembangkan untuk menjadi komoditas minuman di desa. Oleh karena itu, coba saja untuk membuat atau meracik minuman dengan bahan tertentu untuk menciptakan minuman unik, nikmat, dan menyehatkan.

Leave a Comment