Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan – Manfaat cengkeh lebih dari sekedar bahan untuk membuat tembakau. Bumbu serba guna ini juga biasa digunakan dalam produksi makanan dan minuman, serta sering digunakan sebagai obat tradisional untuk penyembuhan.

Cengkih, yang nama latinnya adalah Syzygium aromaum, adalah tangkai bunga kering dari keluarga Mirtaceae. Selama berabad-abad, cengkeh telah digunakan sebagai bumbu masakan dan juga obat herbal.

Selain daun, bunga, dan buahnya, minyak cengkeh juga biasa digunakan sebagai balsem dan obat oles untuk meredakan sakit gigi.

Kandungan Nutrisi di Dalam Cengkeh

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Dalam 100 gram cengkeh, terkandung berbagai nutrisi, seperti:

  • Energi: 274 kilokalori
  • Protein: 5,97 gram
  • Lemak: 13 gram
  • Karbohidrat: 65,5 gram
  • Serat: 33,9 gram
  • Gula: 2,38 gram
  • Kalsium: 632 miligram
  • Zat besi: 11,8 miligram
  • Magnesium: 259 miligram
  • Fosfor: 104 miligram
  • Kalium: 1.0202 miligram
  • Sodium: 277 miligram
  • Mangan: 60,1 miligram
  • Niacin: 1,56 miligram
  • Folat: 25 mikrogram
  • Kolin: 37,4 miligram
  • Vitamin E: 8,82 miligram
  • Vitamin K: 142 mikrogram

Mengingat kandungan nutrisi yang beragam tersebut, tak heran jika cengkih sering digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi medis. Bagi yang baru memulai perdagangan kayu manis, Anda bisa menggunakan mesin perontok cengkeh untuk membuatnya.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat cengkeh dalam dunia kesehatan:

1. Mengurangi Sakit Gigi

Minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi rasa sakit akibat sakit gigi. Hal ini dikarenakan senyawa eugenol pada cengkih dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi di sekitar gigi dan gusi. Cengkih juga memiliki efek antioksidan, antibakteri, dan antijamur.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung efektivitas manfaat cengkeh dalam mengurangi sakit gigi.

2. Membantu Mengobati Tukak Lambung

Tukak lambung terjadi akibat penipisan lendir lambung atau peningkatan asam lambung akibat pengaruh berbagai faktor, seperti stres dan infeksi. Dipercaya bahwa konsumsi cengkeh pada pasien yang menderita sakit maag dapat membantu menyembuhkan kondisi tersebut.

Menurut sebuah penelitian, minyak atsiri cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung berfungsi sebagai penahan yang mencegah rusaknya dinding lambung oleh asam lambung.

Namun, khasiat atau manfaat cengkih sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit maag, masih perlu dikaji lebih lanjut.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Cengkih memiliki sifat antibakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Menurut sebuah penelitian, minyak atsiri cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli penyebab keracunan makanan.

Tak hanya itu, cengkih juga dikatakan dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis bakteri di dalam mulut. Efek antibakteri cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab jerawat.

4. Mengobati Ejakulasi Dini

Selain itu, cengkih dipercaya dapat mengobati ejakulasi dini. Untuk kondisi ini, disarankan untuk mencampurkan cengkih dengan bahan lain dan oleskan pada kulit penis. Tentu saja, manfaat cengkih masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga Kesehatan Liver

Tidak hanya membantu mengatasi sakit gigi, senyawa eugenol dalam cengkih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.

Satu penelitian pada hewan laboratorium menemukan bahwa eugenol dianggap meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah sirosis.

Namun nyatanya, penelitian klinis tentang manfaat cengkih untuk kesehatan hati manusia masih sedikit, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang yang berkelanjutan dapat menyebabkan osteoporosis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh memiliki kemampuan untuk menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, kandungan mangan dalam cengkeh dianggap membantu pembentukan tulang. Meski begitu, manfaat cengkeh untuk menjaga kesehatan tulang masih belum bisa dibuktikan secara klinis.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut penelitian pada hewan, cengkih dianggap membantu meningkatkan produksi insulin dan menurunkan kadar gula darah sebelum dan sesudah makan. Namun, studi klinis pada manusia masih diperlukan untuk memastikan manfaat cengkih ini.

Sebelum menggunakannya sebagai obat herbal, perlu diingat bahwa cengkih juga memiliki efek samping, seperti reaksi alergi, iritasi kulit dan gusi, gangguan hati, dan pengencer darah.

Cengkih sebagai obat herbal juga tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil atau menyusui, dan penderita gangguan liver.

Jika Anda ingin mengkonsumsi atau menggunakan cengkih sebagai pengobatan herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari kemungkinan efek samping.

 

Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh serta digunakan untuk menjaga tubuh dari beberapa penyakit.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment