Kandungan Daging Kelapa, Miliki Sifat Anti Bakteri

Kandungan daging kelapa – Kelapa adalah buah yang mewakili negara tropis. Di Indonesia, orang sering mengkonsumsi kelapa dari air, susu, minyak hingga daging putih dan lezat. Dianggap sebagai pohon buah yang paling banyak didistribusikan secara alami di bumi, pohon kelapa berasal dari Asia Tenggara dan Kepulauan Indo-Pasifik.

Saat ini, kelapa ditanam di seluruh dunia dan semakin populer karena rasanya, kegunaan kulinernya, dan banyak manfaat kesehatan potensial. Jika Anda penikmat minuman kelapa muda segar pasti tahu daging buahnya. Daging kelapa tidak hanya dimakan muda. Kelapa yang sudah tua pun dimanfaatkan dagingnya untuk diolah menjadi berbagai makanan. Ekstrak daging kelapa yang dikenal dengan nama santan juga sering digunakan dalam masakan.

Kandungan Nutrisi Daging Buah Kelapa

Daging putih yang belum matang pada kelapa disebut kernel. Daging ini memiliki tekstur yang keras dan rasa yang enak, sedikit manis. Jika Anda memiliki kelapa utuh, Anda dapat mengikis daging mentah dari cangkangnya dan memakannya. Dalam bentuk olahannya, daging kelapa banyak dijumpai diiris, diparut atau diparut.

Santan dibuat dengan cara memeras daging mentah yang diparut tetapi sebelum diparut kelapa dipisahkan dulu dari batoknya menggunakan mesin cungkil kelapa. Daging kelapa kering biasanya diparut atau dicincang dan digunakan untuk memasak atau memanggang. Daging kelapa juga bisa diolah dan digiling menjadi tepung.

Minyak kelapa juga diekstraksi dari daging kelapa dan dapat digunakan untuk memasak sebagai pengganti minyak nabati lainnya. Daging kelapa tinggi lemak dan kalori sementara cukup tinggi karbohidrat dan protein. Informasi gizi 1 cangkir (80 gram) daging kelapa parut segar adalah:

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Nilai Harian (DV)
  • Selenium: 15% dari DV
  • Tembaga: 44% dari DV
  • Fosfor: 13% dari DV
  • Kalium: 6% dari DV
  • Besi: 11% dari DV
  • Seng: 10% dari DV

Daging kelapa kaya akan banyak mineral penting, terutama mangan dan tembaga. Mangan dikenal untuk mendukung aktivitas enzim dan metabolisme lemak, sedangkan tembaga meningkatkan pembentukan tulang dan kesehatan jantung.

Manfaat Daging Buah Kelapa

Kandungan Daging Kelapa, Miliki Sifat Anti Bakteri

Daging kelapa dikenal baik untuk kesehatan. Sebagian besar penelitian tentang manfaat buah tropis ini difokuskan pada kandungan lemaknya. Berikut 5 manfaat daging kelapa yang harus Anda ketahui :

1. Bernutrisi Tinggi

Keunggulan daging kelapa yang pertama adalah kandungan gizinya yang tinggi. Tidak seperti kebanyakan buah lain yang tinggi karbohidrat, kelapa terutama mengandung lemak. Buah-buahan ini juga mengandung protein, beberapa mineral penting, dan sejumlah kecil vitamin B, tetapi bukan sumber signifikan dari sebagian besar vitamin lainnya.

Mineral dalam kelapa terlibat dalam banyak fungsi dalam tubuh Anda. Kelapa kaya akan mangan, yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol. Kelapa juga kaya akan tembaga dan besi, yang membantu pembentukan sel darah merah, dan selenium, antioksidan penting yang melindungi sel Anda.

2. Bersifat Antibakterial

Manfaat lain dari daging kelapa adalah sebagai antibakteri. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, beberapa penelitian menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah pertumbuhan beberapa bakteri.

Misalnya, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, jenis bakteri penyebab infeksi staph. Studi lain pada 50 anak menemukan bahwa berkumur dengan minyak kelapa setelah menyikat gigi sama efektifnya dengan chlorhexidine, disinfektan umum, dalam mengurangi pertumbuhan Streptococcus mutans.

3. Tingkatkan Kontrol Gula Darah

 

Manfaat daging kelapa yang ketiga adalah meningkatkan gula darah. Kelapa rendah karbohidrat dan tinggi serat dan lemak, yang diketahui membantu mengontrol gula darah. Satu ulasan bahkan menyarankan bahwa minyak kelapa dapat membantu menurunkan gula darah karena sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidannya.

Studi lain pada 48 orang dengan sindrom metabolik menemukan bahwa mengganti lemak lain dalam makanan dengan minyak kelapa murni meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan gula darah puasa setelah 4 minggu dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kandungan serat daging kelapa yang tinggi juga dapat memperlambat pencernaan dan berpotensi meningkatkan resistensi insulin, yang juga dapat membantu mengatur gula darah.

4. Tinggi Antioksidan

Manfaat daging kelapa yang keempat adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Daging kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Senyawa fenolik utama yang diidentifikasi adalah:

  • asam galat
  • asam kafeat
  • asam salisilat
  • asam p-kumarat

Uji laboratorium pada daging kelapa menunjukkan bahwa ia dapat menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas yang berkontribusi terhadap penyakit kronis. Studi tabung reaksi lain menunjukkan bahwa beberapa antioksidan dalam kelapa bahkan dapat membantu melindungi dari kerusakan DNA.

Selain itu, beberapa tes dan beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan kematian akibat stres oksidatif dan kemoterapi.

5. Mudah Dikonsumsi

Keunggulan daging kelapa yang kelima adalah mudah dikonsumsi dan ditambahkan ke dalam menu makanan Anda. Baik dipipihkan atau diparut, kelapa menambah rasa gurih dan asin pada hidangan. Tekstur dan rasanya yang berair sangat cocok untuk kari, roti ayam, hidangan nasi, atau bahkan makanan laut.

Sempurna untuk dipanggang, serpihan kelapa menambahkan sentuhan rasa manis dan kelembapan alami pada kue, muffin, dan roti cepat saji. Taburan kelapa mentah menambah tekstur dan rasa tropis pada oatmeal. Dicampur dengan custard atau yogurt, kelapa juga merupakan suplemen kalori yang enak bagi siapa saja yang ingin menambah berat badan.

Tepung kelapa digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan kue. Tepung kelapa umumnya bebas gluten, bebas kacang dan menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin menjaga asupan karbohidratnya. Karena bebas biji-bijian, tepung ini juga bekerja dengan baik dalam diet Paleo, yang tidak mengizinkan produk biji-bijian seperti tepung terigu biasa.

Itulah kandungan dan manfaat daging kelapa, semoga bermanfaat.

Leave a Comment