Contoh Jenis Industri Kreatif Yang Wajib Anda Tahu

Contoh Jenis Industri Kreatif- Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri berarti pengolahan barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang mencerminkan bahwa seseorang atau kelompok mempunyai daya cipta dan kemampuan mencipta.

Kreativitas yang dihasilkan seseorang atau kelompok kemudian ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu, ekonomi kreatif merupakan sektor penting yang harus dikembangkan bersama dan dikembangkan dari waktu ke waktu, karena merupakan salah satu penopang perekonomian negara.

Jenis Industri Kreatif

Contoh Jenis Industri Kreatif

1. Industri Periklanan

Industri periklanan secara alami termasuk dalam subkategori industri kreatif, karena produsen membutuhkan ide-ide hebat untuk iklan yang menarik. Ambil contoh, iklan yang dibuat untuk kampanye Lebaran 2018 oleh Ramayana, toko pakaian ternama di Indonesia.

Diproduksi oleh Dimas Djayadiningrat, iklan tersebut dikemas secara apik tanpa melupakan harga pakaian Ramayana yang terjangkau. Memproduksi iklan yang mengesankan orang tidaklah mudah. Produser harus melalui proses brainstorming.

2. Bisnis Kerajinan

Penciptaan bukan hanya desain. Proses dari awal pembuatan kerajinan cukup panjang. Berawal dari isu lingkungan, kemudian terlintas untuk menciptakan sebuah karya yang bermanfaat dan juga memiliki nilai jual. Produk yang dibuat oleh tangan-tangan terampil seringkali memiliki nilai filosofis tersendiri yang tidak juga laku.

3. Arsitektur

Ilmu eksakta dipadukan dengan ide kreatif menghasilkan desain untuk setiap rumah atau bangunan. Oleh karena itu, hasil rancangan arsitektural juga dapat disebut mahakarya karena arsitek mengungkapkan ide-ide kreatifnya sambil memikirkan apakah ide tersebut masih layak. Keterlibatan unsur-unsur ide kreatif inilah yang akhirnya menjadikan arsitektur sebagai subkategori bidang kreatif.

4. Seni Pertunjukan

Pameran seni itu sendiri benar-benar mencerminkan bagaimana kreatifitas, rasa dan karsa bisa dijadikan sesuatu untuk dinikmati.Bersenang-senang bukan berarti pameran seni menjadi hal sepele untuk menjaga perekonomian tetap berjalan. Padahal, daerah yang bergantung pada pariwisata cenderung sangat bergantung pada bentuk seni ini.

5. Industri IT Dalam Perangkat Lunak Interaktif

Perangkat lunak interaktif ini bukan hanya untuk hiburan. Peran perangkat lunak interaktif juga dapat diperluas ke lembaga pendidikan. Tentunya untuk membuat perangkat lunak pendidikan, programmer harus memiliki ide kreatif agar perangkat lunak tersebut tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga menarik. Untuk memahami mengapa developer harus berada di bidang ini, Anda dapat membaca artikel tentang desainer UI/UX.

6. Dunia Film dan Video

Industri produksi film dan video merupakan wadah bagi ide-ide kreatif para pembuat konten dan pembuat film. Film dan video dapat digunakan sebagai media pendidikan dan juga mendukung bidang lainnya. Ambil contoh bagaimana produksi film di suatu tempat dapat menjadikan tempat tersebut sebagai tujuan wisata, mendukung UKM sekitar dan sebagainya.

7. Seni Musik

Kreasi musik dapat dijadikan sebagai wadah berekspresi dan mempromosikan media tanah air. Seperti Korea Selatan, Amerika dan Jepang, dimana industri musik sudah maju dan mampu menembus pasar internasional. Tak jarang artis Indonesia seperti Afgan dan Agnez Mo mulai go international dan membantu roda perekonomian Indonesia melalui musik.

8. Perancang Busana

Pakaian yang cantik dan menarik adalah hasil dari ide desainer yang brilian. Kaos itu memiliki pesan dan cerita. Tanpa bakat dan ide kreatif serta inovasi perancang busana, gaya pakaian jadi begitu. Peragaan busana pun terkesan membosankan jika tidak ada kreativitas dalam karya yang dihasilkan.

9. Industri Penerbitan/Percetakan

Percetakan juga berperan dalam berfungsinya industri kreatif. Anda akan menemukan buku-buku yang berisi hasil pemikiran individu dan kelompok di industri percetakan. Tanpa disebarluaskannya ide-ide cemerlang pencetak oleh individu atau kelompok tertentu, tentu akan agak kontradiktif.

10. Industri Game

Gaming tidak hanya tentang bermain game, tetapi juga tentang hiburan dan cerita yang menarik. Terkadang game juga bisa menghibur hati orang yang memainkannya dan juga memperluas lingkaran pertemanannya. Dapat dikatakan bahwa industri kreatif dapat lahir dari game dari sisi pembuat dan pemain game.

11. Media Televisi

Televisi juga memainkan perannya sendiri dalam membentuk kesadaran pemirsanya. Konon, acara TV adalah wadah bagi orang-orang dengan ide cemerlang yang ingin menghibur dan mengedukasi penonton.

12. Produk Seni dan Barang Antik

Barang antik dan seni memang tidak bisa lepas dari bisnis industri kreatif. Banyak seniman telah menaruh hati dan pikiran mereka ke dalam seni, termasuk apresiasi kuno. Tentunya benda dengan nilai seni yang tinggi juga menghasilkan nilai yang tinggi pula.

Demikian penjelasan tentang contoh jenis industri kreatif. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengenal industri kreatif

 

Leave a Comment