Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah. Bagaimana proses pembuatan batok kelapa menjadi briket? Mungkin banyak yang penasaran. Langkah-langkahnya tidak sulit, asalkan Sobat Mediatani memiliki alat dan bahan yang tersedia. Pembuatannya juga tidak memakan waktu lama. Untuk mengetahuinya, pelajari cara membuat kue kelapa. Pengertian briket
Briket batubara adalah bahan bakar untuk membuat dan memelihara api batubara. Jenis briket yang paling umum adalah briket, gambut, batu bara dan biomassa. Briket berbahan dasar biomassa sering digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil.

Apa itu Briket?

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah
Mendengar kata ‘briket’, mungkin Anda Mediatani sudah tidak asing lagi dengan arang sebagai bahan produksinya. Namun seiring berjalannya waktu, briket juga dapat dibuat dari bahan lain, seperti bambu, sekam padi, kulit kacang, serbuk gergaji, batok kelapa, bahkan sampah. Cara membuat kue kelapa
Dengan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar sobat Mediatani, langkah membuat kue kelapa ini tidak sulit dan relatif cepat. Jika Anda tertarik, simak caranya melalui poin-poin penjelasan berikut ini.

Langkah-Langkah Pembuatan


1. Alat dan Bahan
Siapkan alat dan bahan untuk membuat kue kelapa. Alat dan bahannya adalah batok kelapa yang dibersihkan dengan mesin, air, serbuk gergaji, kanji dan pipa PVC jika diperlukan. Maka Sobat Mediatani bisa langsung mengambil langkah selanjutnya.

2. Membuat bahan dasar
Bakar serbuk gergaji dan batok kelapa hingga menjadi arang. Giling hingga halus, kemudian saring hasil tumbukan dengan ukuran 50 mesh dan 70 mesh. Titik ini dimaksudkan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan batok kelapa yang halus dan lembut.

3. Membuat adonan
Cara membuat kue kelapa selanjutnya adalah dengan membuat pasta dari tepung kanji. Langkah ini tidak sulit, cukup masukkan tepung kanji ke dalam wadah seperti mangkok saja sudah cukup. Tuangkan air ke dalam mangkuk, lalu aduk kanji hingga tercampur dengan air.

4. proses pencampuran
Selanjutnya, campurkan bubuk tempurung kelapa dengan campuran tepung kanji. Hasil penyaringan serbuk gergaji dan tempurung kelapa dicampur dengan perbandingan 1:9. Saat pencampuran berlangsung, tambahkan 2,5% lem kanji ke seluruh campuran serbuk gergaji dan kelapa.
 

5. Proses Pencetakan
Bentuk menjadi bola-bola kecil dengan campuran tepung. Jika Sobat Mediatani ingin cara lain, bisa pasang tambalan di dalam pipa. Cetak dalam bentuk yang diinginkan dengan tangan Anda sendiri atau gunakan alat cetak.

6. Proses pengeringan
Setelah dicetak, jemur kue di luar atau di bawah terik matahari agar cepat kering. Setelah kering, simpan briket sebelum digunakan atau bahkan dijual. Ini adalah cara mudah dan cepat untuk membuat kue kelapa.

Manfaat briket kelapa


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, briket kelapa dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Batok kelapa menjadi berguna, seperti halnya briket kayu. Murah dan akan bertahan lama saat dibakar. Selain itu, apa saja manfaat dari briket kelapa?

1. Energi Terbarukan
Faktanya cara membuat kue kelapa ini bisa didapatkan langsung dari sumber alam. Briket kelapa juga termasuk biomassa, karena mengacu pada bahan biologis yang pernah menjadi organisme hidup.
2. Suhu maksimum
Berbeda dengan briket, arang kelapa menjadi incaran banyak orang karena panasnya bisa mencapai 7000 kal. Oleh karena itu, briket ini tidak hanya berkalori tinggi, tetapi juga bermanfaat untuk membantu proses pemasakan hingga matang sempurna.
3. Tidak ada asap
Sementara briket menghasilkan banyak asap, briket kelapa tidak mengeluarkan asap. Bahkan saat dibakar, asap yang dikeluarkan sangat lemah, bahkan hampir tidak ada. Tidak akan mengganggu pernapasan atau mencemari udara di sekitar Mediatani Friends. Cara membuat kue kelapa sangrai sederhana dan cepat. Manfaatnya tidak terbatas pada satu jenis bahan bakar saja. Karena mudah dicari dan dicari, proses pembuatannya bisa memperkaya pundi-pundi teman Mediatani penjual kue kelapa.

Dalam Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah kita bisa menggunakan Alat Pembuat Briket yang dapat mempermudah anda. Dapatkaln di Rumah Mesin yang menyediakan bergaia macam kebutuhan mesin anda.

Leave a Comment