Cara Kerja Business Intelligence dalam Bisnis dan Perannya

Cara kerja Business Intelligence – Kecerdasan bisnis telah mengalami transformasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir di dunia bisnis modern. Kecerdasan bisnis berasal dari konsep bahwa bisnis dengan ide/informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap cenderung menghasilkan hasil dan keputusan yang buruk. Intelijen bisnis mencoba memecahkan masalah ini dengan menganalisis data yang ada untuk membuat keputusan yang lebih baik. Namun, tahukah Anda apa itu business intelligence dan bagaimana business intelligence dapat membawa manfaat nyata bagi bisnis Anda?

Pengertian Business Intelligence

Apa itu Business Intelligence?, Business Intelligence(Bi) adalah proses perusahaan menggunakan strategi dan teknologi untuk menganalisis data karena aktivitas bisnis yang menciptakan pemahaman. Istilah bisnis cerdas sering kali menyebutkan serangkaian alat yang menyediakan akses cepat dan mudah ke kondisi bisnis saat ini berdasarkan data yang ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan strategi pengambilan keputusan untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

BI dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik dengan menampilkan data terkini dan historis. Sistem Business Intelligence menggabungkan pengumpulan data, penyimpanan data, dan manajemen informasi dengan analitik data untuk mengevaluasi dan mengubah data kompleks menjadi informasi yang bermakna dan dapat ditindaklanjuti. Proses berbasis teknologi ini menganalisis data dan menyampaikan wawasan yang membantu membuat keputusan yang lebih baik.

Bisnis dapat memanfaatkan kecerdasan bisnis untuk mendorong kinerja dan membandingkan pesaing untuk membantu mereka berjalan lebih lancar dan efisien. Bisnis juga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Selain itu, jika digunakan secara efektif, data yang tepat dapat membantu bisnis memahami perilaku/preferensi pelanggan dan mengungkap peluang bisnis baru.

 

Cara Kerja BI dalam Bisnis

Cara Kerja Business Intelligence dalam Bisnis dan Perannya

cara kerja business intelligence,Dalam arsitektur BI, perusahaan dapat menemukan lebih dari sekadar perangkat lunak BI. Biasanya, data BI disimpan di gudang data atau di ruangan yang lebih kecil (gudang data) yang menyimpan informasi bisnis untuk setiap divisi atau unit bisnis. Namun, semua ini terkait dengan gudang data perusahaan secara keseluruhan.

Data BI dapat mencakup informasi historis dan data real-time yang dikumpulkan dari sistem sumber saat dihasilkan. Akibatnya, alat BI dapat mendukung pengambilan keputusan strategis dan taktis. Sebelum menerapkan BI, data mentah yang dikumpulkan dari berbagai sistem sumber perlu diintegrasikan, dikonsolidasikan (digabungkan), dan dibersihkan menggunakan integrasi data dan alat manajemen kualitas data. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan menganalisis informasi secara akurat dan konsisten.

Proses BI Melibatkan Langkah-Langkah dibawah Ini:

  1. Mengintegrasikan data dari sistem sumber yang berbeda ke gudang data atau penyimpanan data
  2. Mempersiapkan data dalam model data analitik untuk kebutuhan analitik
  3. Terapkan kueri analitik ke data analis BI atau analis bisnis profesional
  4. Buat visualisasi data, dasbor, laporan, dan lainnya. menggunakan hasil query
  5. Menggunakan informasi untuk membuat keputusan bisnis dan merencanakan strategi bisnis

Kecerdasan bisnis akan terus berkembang berdasarkan kebutuhan bisnis dan teknologi. Awalnya, alat BI hanya dapat digunakan oleh profesional BI dan profesional TI. Namun seiring berkembangnya dunia bisnis dan teknologi, saat ini sudah banyak platform BI yang dapat digunakan oleh analis bisnis, eksekutif atau karyawan. Penerapan BI dalam bisnis dapat membantu bisnis menemukan jawaban yang tepat untuk masalah yang ada dalam operasi bisnis.

Salah satu kegiatan Business intellegence di bidang customer service dilakukan oleh Qiscus. Dengan teknologi yang Anda miliki, Qiscus dapat membantu Anda mengelola data pelanggan dengan lebih efisien dan efektif. Anda bahkan dapat menganalisis interaksi pelanggan selama periode waktu tertentu dengan CRM. Pelajari lebih lanjut tentang Qiscus dengan mengikuti tautan ini.

 

Leave a Comment