Pengertian Website dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Pengertian Website – Situs web telah menjadi bagian integral dari pertumbuhan Internet, dan sekarang terdapat 1,9 miliar situs web di seluruh dunia. Bahkan, jumlah tersebut akan terus bertambah dengan jenis website yang juga terus bertambah.

Awalnya, penggunaan jaringan hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi. Saat ini hampir semua perusahaan memilikinya. Sebut saja, Apple, Facebook, BBC News & lainnya,

Jadi bagaimana kisah situs itu menjadi seperti sekarang ini? Fitur dan manfaat apa dari situs web yang paling membantu dalam kehidupan, baik sebagai pribadi maupun sebagai bisnis ?

Jangan khawatir, jawaban atas semua pertanyaan ini ada di artikel ini! Dari memahami situs, sejarahnya, dan bagaimana situs itu dibuat. Mari dengarkan!

Apa Itu Website ?

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja melalui internet..

Situs web Prinsipbisnis dengan title Tips Menaikkan Peringkat website di Google dapat diakses dengan memasukkan URL di bilah alamat web browser. Misalnya, jika Anda memasukkan https://prinsipbisnis.com/tips-menaikkan-peringkat-website-di-google/, Anda akan sampai di website Iresepi.

Seperti yang Anda lihat, situs web di atas menunjukkan kumpulan halaman yang berisi informasi spesifik. Misalnya informasi produk layanan seperti hosting, VPS, domain, website instan dan informasi tentang informasi produk berupa blog, kursus online dan lain-lain.

Untuk memudahkan pengunjung mengakses informasi yang mereka cari, halaman-halaman tersebut dikelompokkan ke dalam menu-menu yang dapat diakses dari halaman muka.

Sebagian akbar situs web sudah memakai metode ini buat lebih menaikkan pengalaman pengunjung. Namun, struktur dan tampilan situs web tidak berkembang seperti dulu. Tertarik dengan sejarah situs ini? Mari kita lihat di bawah ini.

Apa Sejarah Website

Tim Berners-Lee membuat situs web pertama di dunia pada akhir 1980-an sebagai bagian dari proyek World Wide Web (W3). Situs ini resmi online pada 6 Agustus 1991 di URL http://info.cern.ch.

Coba bandingkan dengan situs Iresepi yang sudah dibahas sebelumnya. Banyak sekali perbedaannya bukan ?

Tentu saja Alasannya, tujuan kelompok pada saat membuat jaringan adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi antar peneliti di tempat kerja. Dengan demikian, penggunaan situs web Grup tetap terbatas pada lingkungan kerja mereka di CERN.

Website ini pertama kali dihadirkan ke publik pada tanggal 30 April 1993 dan bebas digunakan oleh siapa saja, baik individu, organisasi maupun perusahaan. Sejak saat itu, situs tersebut berkembang pesat hingga saat ini.

Jenis Jenis Website

Secara umum, karena sifatnya, ada dua jenis situs web, yaitu situs web statis dan situs web dinamis.

Ketika informasinya tetap atau tidak berubah, itu disebut situs web statis. Sebaliknya, jika informasi pada suatu website berubah secara terus menerus, maka disebut dengan website dinamis.

1. Website Pribadi

Pengertian situs web pribadi adalah situs web yang dimiliki oleh individu dan biasanya digunakan untuk tujuan profesional atau untuk mengungkapkan pendapat pribadi.

Misalnya, Anda bisa memamerkan berbagai karya atau keahlian Anda dengan membuat website portofolio. Pada dasarnya, Anda dapat membuat situs web sesuai keinginan Anda dan membangun merek pribadi Anda seperti yang dilakukan koki terkenal dunia Gordon Ramsay.

Gordon Ramsay mengisi situs webnya dengan resep, panduan memasak, penjualan dan penjualan buku, restoran, dan banyak lagi. Anda tentu saja dapat melakukan hal yang sama tergantung pada tujuan pembuatan situs web Anda.

2. Website Toko Online / E-commerce

Pengertian website e-commerce atau e-commerce adalah website yang digunakan untuk penjualan online. Penggunaan website e-commerce sangat populer karena dianggap efektif dalam berbisnis apalagi pangsa pasar online jauh lebih tinggi.

Website toko online memiliki halaman dan menu yang mewakili bisnis toko tersebut. Ini termasuk fungsi keranjang belanja, checkout, katalog dan halaman produk dan lain-lain.

Anda juga dapat menyesuaikan situs e-niaga sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakan warna, logo, dll. Website Executive adalah website belanja online yang menjual berbagai produk fashion sekaligus barang promosi.

Apa Manfaat Website

Secara tidak sadar, website memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, baik secara personal, bisnis maupun komunitas. Lalu apa gunanya website tersebut ?

1. Menjadi Media untuk Berbagi Wawasan

Jika Anda memiliki minat, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda dapat menempatkannya di blog Anda. Misalnya masakan, desain, teknologi, pariwisata dan lain-lain. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan banyak orang dan pada saat yang sama berkomunikasi dengan orang-orang dengan minat yang sama untuk berbagi pengalaman..

2. Menjadi Sumber Penghasilan

Tidak hanya untuk mengutarakan pendapat pribadi, manfaat berjejaring juga menjadi sumber penghasilan. Blog media memungkinkan Anda memperoleh penghasilan dari iklan Google AdSense dengan berbagai cara, membuat postingan berbayar sebagai blogger, atau mempromosikan produk tertentu sebagai pemberi pengaruh.

Sebenarnya, mungkin ada cara lain menghasilkan uang dari website yang bisa Anda buat sendiri berdasarkan keahlian Anda.

Sekarang Anda tahu pengertian website dan fungsinya. Ini adalah kumpulan halaman yang berisi informasi yang dapat diakses melalui Internet. Seiring dengan perkembangan sejarah web, saat ini muncul berbagai jenis website seperti website pribadi, toko online, portal berita, dll.

Jadi, tentunya jika Anda tertarik untuk membuat website profesional, Anda perlu memilih layanan hosting yang tepat agar website Anda cepat loading, terlindungi dari hacker dan online 24 jam sehari.

Bagi kamu yang memerlukan infomasi dan berita mengenai informasi peluang usaha rumahan bisa mengunjungi Prinsipbisnis.com

Leave a Comment