Apa Pentingnya Business Intelligence bagi Kesuksesan Bisnis

Apa pentingnya business intelligence – Sekarang setelah anda memahami apa itu business intelegence atau BI, saatnya menggali lebih dalam pertanyaan BI yang disukai pemasar: “Mengapa perusahaan membutuhkan business intelegence?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memahami “mengapa”. Dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat penting bagi internal perusahaan, apalagi implementasi BI tentunya akan membutuhkan sumber daya keuangan yang akan dibahas pada tahap anggaran. Alasan lain adalah bahwa perusahaan mungkin menolak menggunakan atau mengadopsi BI.

Pada dasarnya, pentingnya BI menurut The Enterprisers Project dapat diringkas sebagai berikut:
Kecerdasan bisnis adalah praktik membuat keputusan berbasis data menjadi kenyataan.

Data, alur kerja, dan kolaborasi adalah aspek bisnis yang saling bersinggungan dan bersinggungan, terlepas dari departemen atau topik yang diangkat, seperti: B. Rantai pasokan, definisi lini produk yang terfokus, dll. Dan saat mengambil keputusan, tanpa insight atau wawasan data, intuisi sangat lemah.

 4 Alasan Pentingnya Business Intelligence

Sebelum membaca alasan pentingnya BI pastikan anda sudah membaca Keuntungan penerapan business intelligence. Berikut alasan pentingnya BI

1. Mendorong Pembuatan Keputusan yang Cepat

Apa pentingnya business intelligence, pengambilan keputusan berbasis data tidak sepenuhnya menunjukkan salah satu makna pentingnya karena orang paling menginginkan keputusan yang cepat. Dan keputusan bisnis saat ini harus dibuat pada atau mendekati kecepatan proses pembuatan data.

2. Business Intelligence Dapat Memproses Banyak Informasi Menjadi Format yang Dapat Digunakan

Di dunia korporat, pengalaman dan kebijaksanaan tetap penting saat membuat keputusan bisnis. Namun, terkadang makna naluri tidak berbeda dengan tebakan belaka. Padahal, keputusan bisnis tidak bisa diambil secara sembarangan, apalagi keputusan strategis.

Hal ini juga berkaitan erat dengan kecepatan pengambilan keputusan. Karena proses pelaporan yang sebelumnya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, kini dapat dilakukan secara konsisten.

3. Menawarkan Aplikasi dan Manfaat Khusus Industri

Meskipun intelijen bisnis dapat digunakan oleh perusahaan dari semua ukuran dan industri, BI sendiri bukanlah solusi “satu ukuran cocok untuk semua”. Karena setiap perusahaan dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, industri, dan bisnisnya sendiri.

4. BI Terus Berkembang dengan Teknologi Kecerdasan, Terutama AI

BI dan AI (kecerdasan buatan atau artificial intelligence) tidak sendiri. Padahal, keduanya sangat berkaitan. Ketika keduanya bekerja secara paralel, AI dapat meningkatkan kemampuan analitis organisasi melebihi kemampuan BI selama ini.

Kombinasi keduanya dapat menjalankan lebih banyak proses secara otomatis. Misalnya, menganalisis seluruh proses perusahaan untuk mengurangi keterlibatan orang, terutama pada tugas-tugas yang biasanya membutuhkan waktu dan tenaga.

apa pentingnya business intelligence Perannya untuk Analisis Bisnis

Apa Saja Manfaat dari Business Intelligence?

1. Dapat Menggunakan Data untuk Lebih Memahami Kinerja Bisnis

Tugas intelijen bisnis adalah meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Dengan bantuan alat BI modern, perusahaan anda juga dapat memahami apa yang terjadi, mengapa dan apa yang perlu terjadi untuk mengoptimalkan bisnis ke arah yang lebih baik.

2. Ambil Langkah-Langkah yang Dapat Ditindaklanjuti Untuk Memenuhi KPI

BI memungkinkan organisasi anda untuk terus menganalisis data dan menentukan tindakan apa yang dapat memengaruhi kinerja bisnis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Data yang dianalisis dapat mengungkapkan pola dan tren penting di semua bidang perusahaan – penjualan, produksi, layanan pelanggan, pemasaran, dll.

3. Menemukan Peluang Untuk Membuka Lini Bisnis Baru

Dengan menerapkan BI, organisasi Anda dapat memengaruhi keputusan bisnis di semua tingkatan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk beradaptasi dengan kondisi bisnis yang berubah dengan cepat. Salah satu caranya adalah dengan menentukan lini produk baru, menarik pelanggan baru melalui rencana pemasaran yang ditargetkan, dan mengoptimalkan saluran penjualan.

Setelah membaca Alasan Pentingnya Business Intelligence dan Keuntungan penerapan business intelligence pasti anda sudah paham tentang video youtube

Leave a Comment