Cara Membuat Geplak Kelapa Super Enak Khas Yogyakarta

Cara Membuat Geplak Kelapa Super Enak Khas Yogyakarta, pada artikel kali ini saya akan memberikan resep membuat Geplak Kelapa Super Enak yang bisa dibuat siapa saja dengan rasa yang sangat enak, praktis dan dijamin enak.

Dengan resep kali ini saya akan bercerita tentang resep yang beda dari yang lain, dan yang pasti rasanya enak dan bikin ketagihan. Agar tidak bosan dengan bahan yang terbuat dari kelapa, saya akan membagikan resep yang sudah saya siapkan untuk anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep Kue Geplek Kelapa yang menurut saya enak dan lebih mudah dibuat. Mari kita lihat bahan dan cara membuat masakan ini.

Cara Membuat Geplak Kelapa Khas Yogyakarta

Indonesia sangat terkenal dengan berbagai jenis masakannya. Dari Sabang Point hingga Merauke, semuanya memiliki sajian uniknya masing-masing. Disini saya akan memperkenalkan makanan khas yogyakarta untuk disajikan saat lebaran, namanya kue geplek kering. Berikut ini adalah resep atau bahan-bahan Kue Geplek Kelapa.

Bahan-Bahan yang di Butuhkan :
  • 2 butir kelapa (parut)
  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula
  • 300 ml air matang
  • 1/4 sendok teh garam
  • Pewarna makanan (untuk berbagai rasa dan warna)
Cara Pembuatan:
  1. Ayak tepung beras. Panggang sampai kering. Tambahkan kelapa parut, aduk rata. Reservasi untuk waktu yang singkat.
  2. Rebus air bersama gula hingga mendidih dan gula larut.
  3. Tambahkan campuran tepung dan kelapa ke dalam air rebusan manis. Tambahkan garam, aduk hingga mengental dan mendidih. Tangga berjalan.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan pada setiap bagian, aduk rata.
  5. Keluarkan adonan, gulung menjadi bola-bola kecil sesuai selera.
  6. Adonan yang sudah jadi letakan di atas loyang dan biarkan dingin dan mengeras.
  7. Kue geplak siap disajikan.

Nah kalian sudah pernah mendengar dan membaca apa dan bagaimana serta bahan apa saja yang biasa digunakan untuk membuat kue geplek kelapa ini, seperti biasa jangan sampai melewatkan bahan yang digunakan.

Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan resep kue kelapa yang saya sebutkan di atas?

Jadi saya akan menjawab ya, menurut saya, setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, bagaimana mereka menghadapinya.

Hidangan yang bisa dipadukan dengan kue kelapa

Tahukah Anda bahwa kue kelapa ini sangat cocok untuk makanan kering. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk anda yang mudah bosan dengan makanan yang biasa anda makan. Selain rasanya yang enak, makanan ini bisa awet dalam waktu yang lama.

Manfaat Kesehatan dari Geplak kelapa

Manfaat Kesehatan dari Geplak
 kelapa

Menurut Healthline, geolak kelapa berasal dari Filipina. Selama proses produksi, daging kelapa dikeluarkan, diparut dan diperas untuk menghasilkan santan.

Hasil parutan kelapa yang telah dipres sebelumnya akan menjadi kering. Setelah kering, daging kelapa parut disangrai dalam oven dengan api kecil, kemudian ditumbuk halus hingga butirannya menjadi seperti bubuk. Tepung kelapa mulai populer di Indonesia karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang anti diet ketofastosis. Karena tidak populer, geplak kelapa rendah karbohidrat, yang merupakan aturan makan wajib untuk diet keto.

Berikut rincian kandungan nutrisi dalam satu cangkir (112 gram) tepung kelapa:

  • Karbohidrat 64 gram
  • Serat 40 gram
  • Gula 8 gram
  • Lemak 16 gram
  • Protein 6 gram
  • 20 persen besi

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, tepung kelapa disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat kesehatan dari tepung kelapa, yaitu:

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada tepung kelapa juga baik untuk pencernaan. Serat tidak larut yang ada di dalamnya dapat memperlancar perjalanan makanan melalui usus dan mengurangi risiko sembelit. Sedangkan serat larut dapat memberi makan bakteri baik di usus. Dengan cara ini, kesehatan pencernaan juga meningkat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tepung kelapa dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat dan protein yang dapat mengurangi rasa lapar dan mengidam.

Selain itu, asam lemak rantai menengah yang ditemukan di hati juga dapat mengurangi rasa lapar dan diproses secara berbeda dari lebes rantai panjang, sehingga membakar sedikit lebih banyak kalori. Namun, efek ini tidak mungkin.

  1. Mampu Membunuh Virus dan Bakteri

Asam laurat dalam tepung kelapa dapat membantu melawan infeksi tertentu seperti yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans.

Saat dicerna, asam ini membentuk senyawa monolaurin. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa asam laurat dan monolaurin dapat membunuh virus, jamur, dan bakteri berbahaya. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Mungkin anda yang baru membaca Cara Membuat Geplak Kelapa Super Enak Khas Yogyakarta, baru akan menyadari pentingnya manfaat dari mengonsumsi makana geplak. Dalam mempermudah anda membuat geplak gunakan Mesin Parut Kelapa agar lebih mudah dalam peroduksi karna bahan pembuatan memerlukan serat parut kelapa yang lumanyan banyak. Kunjungi juga Rumah Mesin yang dapat memenuhi keperluan anda dalam pembuatan mesin yang modern.

Leave a Comment