Cara Membuat Singkong Crispy Balado yang Gurih dan Enak

Halo teman-teman pada artikel kali ini saya membagikan penjelasan cara membuat singkong crispy balado yang rasanya sangat enak dan juga bikin ketagihan, dengan rasa yang sangat unik dan renyah.

Anda pasti sudah tahu bahwa makanan yang enak dan lezat ini bukanlah makanan yang sangat jelas rasa kelezatannya dan juga rasa yang membuat kita ingin mencobanya lagi dan lagi, jadi jangan ragu dengan makanan yang satu ini.

Itu sebabnya Anda sangat perlu makan makanan yang sangat enak dan asin ini. Jadi anda tidak perlu meragukan rasa yang dihasilkan karena dijamin enak dan juga sangat gurih, sangat cocok disajikan di udara.

Sejarah Keripik Singkong

Berkunjung ke kota Bukittinggi belum lengkap rasanya tanpa berfoto di sekitar jam Gadang yang menjadi ciri khas kota cantik ini. Namun, jika hanya membawa foto-fotonya saja, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba oleh-olehnya. Diantara sekian banyak oleh-oleh makanan yang dijual di kawasan Bukittinggi, karupuak merupakan salah satu jajanan atau oleh-oleh yang paling banyak diminati di kota ini karena makanan ini sangat enak dan juga lezat.

Karupuak merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah olahan singkong yang memiliki cita rasa yang sangat khas, oleh karena itu makanan ini memiliki 3 jenis yaitu tanpa bumbu, rasa asin dan bumbu pedas yang disebut balada keripik singkong.

Diantara ketiga rasa mesin kasir tersebut, keripik singkong yang paling terkenal adalah keripik singkong balado. Keripik kentang ini merupakan salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia khususnya di daerah Bukittinggi yang menyukai keripik balado.

Namun, Anda harus membelinya tidak jauh di daerah Bukittinggi, Anda bisa mencobanya di rumah Anda. Jadi jangan ragu untuk mencoba hidangan yang sangat lezat ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Cara Membuat Singkong Crispy Balado

cara membuat singkong crispy balado

Keripik singkong merupakan salah satu dari sekian banyak jajanan lezat yang sangat digemari oleh semua orang. Namun, untuk membuat keripik singkong, Anda perlu mengetahui resepnya dan juga mengetahui cara mengolahnya. Karena kami takut jika anda melakukan kesalahan dalam pembuatan keripik ini. Keripik kentangnya tidak renyah jadi lembek.

Di bawah ini adalah resep cara membuat Olahan Keripik Singkong cripsy balado yang rasanya renyah dan enak. Yuk simak cara membuat Keripik Singkong cripsy balado berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 1 buah singkong (ukuran sedang)
  • bumbu halus
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar
  • 13 buah cabai rawit (bisa dikurangi sesuai selera)
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula merah
  • secukupnya gula pasir

Cara Membuat:

  1. Kupas dan cuci singkong, lalu potong tipis-tipis
  2. Goreng hingga golden brown (pinggiran agak kecoklatan), angkat dan tiriskan
  3. Haluskan bumbu halus lalu tumis hingga harum, tambahkan gula dan garam (jangan terlalu lama menggoreng bumbu, bumbu akan menempel dan sulit menempel di singkong).
  4. Test rasa
  5. Matikan api, lalu aduk singkong goreng hingga bumbu merata
  6. Selamat dicoba

Tentunya untuk membuat keripik Anda perlu memotong singkong terlebih dahulu agar hasil yang berbentuk tipis, mudah untuk digoreng dan menghasilkan keripik yang renyah. Untuk itu Anda perlu menggunakan mesin keripik singkong agar mempermudah memotong singkong yang berbentuk tipis dan dapat menghasilkan keripik yang renyah. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.

Leave a Comment