Bisnis Arang Batok Kelapa dan Cara Membuat Arang Batok Kelapa

Bisnis arang batok kelapa – Kelapa merupakan tanaman yang banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Sebagian besar produksi kelapa Indonesia adalah untuk konsumsi rumah tangga dan industri. Industri tersebut termasuk dalam bentuk industri rumah tangga, kecil dan menengah yang membutuhkan bahan baku kelapa untuk tujuan diversifikasi produk kelapa sehingga memiliki nilai tambah. Selain itu, perkebunan kelapa merupakan yang terbesar kedua di Indonesia setelah perkebunan kelapa sawit. Ini datanya:

Luas tanam kelapa mengalami penurunan, tercatat pada tahun 2017 seluas 3.473,23 ha dan menurun pada tahun 2021 menjadi 3.364,60 ha. Total luas lahan meliputi perkebunan kecil, perkebunan besar negara dan perkebunan besar swasta.

Luas tanam kelapa semakin menyusut karena lahan kelapa semakin tergerus, selain kelapa sawit dan erosi air laut, masyarakat tidak mau lagi merelakan kelapa tetapi beralih ke kelapa sawit.  Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 5 provinsi dengan luas perkebunan kelapa terbesar di Indonesia. Kami mencatat bahwa provinsi Riau berada di urutan teratas.

Riau menjadi penyumbang terbesar di wilayah tersebut, yakni sebesar 432,3 hektar, diikuti Sulawesi Utara seluas 276,8 hektar, Jawa Timur seluas 244,5 hektar, Sulawesi Tengah seluas 218,8 hektar, dan Jawa Tengah seluas 210,3 hektar.

Perkembangan Produksi Kelapa

Bisnis arang batok kelapa, penurunan luas areal kelapa menyebabkan tren penurunan produksi kelapa di Indonesia selama satu dekade terakhir. Awalnya, total produksi kelapa Indonesia adalah 2.854 30.000 ton. Angka ini juga mengalami penurunan sebesar 7,43% menjadi 2.840 ribu ton. Angka produksi kelapa Indonesia terus menurun hingga tahun 2021.

Potensi produksi batu bara kelapa di Indonesia diperkirakan menghasilkan devisa hingga Rp 6,8 triliun setiap tahunnya. Harga arang tempurung kelapa Rp 6.000/kg, sedangkan arang tempurung kelapa olahan bisa dijual hingga Rp 14.000/kg. Jika memasuki pasar ekspor, batu bara kelapa bisa mencapai 1.300 USD/ton atau setara dengan Rp18.590/kg dengan asumsi kurs Rp14.300/USD. Sebelum dibuat arang batok kelapa harus dikupas dulu menggunakan mesin yang sangat modern yaitu mesin pengupas batok kelapa.

Cara Pembuatan Arang Batok Kelapa

Bisnis Arang Batok Kelapa dan Cara Membuat Arang Batok Kelapa

Indonesia merupakan penghasil produk kelapa yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman dengan berbagai fungsi dan kegunaan, mulai dari akar hingga daunnya.

Letak Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok untuk ditanami pohon kelapa. Keberadaan pohon kelapa di daerah tropis ini dikarenakan pohon kelapa dapat hidup dimana saja tanpa memperhatikan struktur tanah yang berbeda. Periwinkle berlimpah, hidup di daerah pesisir, dataran dan pegunungan.

Kegunaan pohon kelapa sering kita lihat di sekitar kita. Mulai dari daun, batang, akar, hingga buah. Banyak penelitian telah berhasil menunjukkan keefektifan bagian-bagian pohon kelapa. Namun, masih ada satu bagian dari pohon kelapa yang perlu diteliti dan dikembangkan manfaatnya, yaitu batok kelapa.

Tempurung kelapa adalah bagian kelapa yang berbentuk organ, keras dan dilapisi sabut. Bagian batok kelapa ini sering dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar, dan briket kelapa. Sedangkan cara membuat arang batok kelapa cukup mudah sebagai berikut :

  1.  Sebanyak 7,5 kg batok kelapa dimasukkan ke dalam drum oven yang disediakan hingga mencapai 1/4 drum. Lubang pengatur udara pada drum pembakaran tertutup rapat, kecuali lubang pada baris paling bawah dibiarkan terbuka. Pembakaran pertama dilakukan dengan membakar sabut kelapa yang direndam dalam minyak tanah sebagai umpan.
  2. Saat api sudah padam, masyarakat perlahan memasukkan selongsong ke dalam drum agar api tidak padam hingga drum penuh (sekitar 32 kg). Tutup drum kemudian dipasang, tetapi cerobong asap di bagian atas drum tetap terbuka. Asap terlihat keluar dari cerobong asap; Jika asap yang keluar banyak berarti pembakaran berjalan dengan baik.
  3. Dari lubang uji udara bawah (baris I) dapat dilihat apakah selongsong sudah benar-benar terbakar atau belum. Bila tempurung hangus, berarti pembakaran tempurung di bagian bawah sudah sempurna. Lubang pengatur udara Baris I ditutup rapat dan lubang Baris II dibuka, kemudian ditambahkan batok kelapa sampai drum penuh (sekitar 12 kg) dengan membuka penutup atas drum, kemudian penutup drum ditutup.
  4. Proses membuka dan menutup lubang pengatur udara dilakukan sambil memasukkan tempurung kelapa ke dalam drum. Caranya sama seperti di atas hingga lubang pengatur udara berada di baris paling atas (dengan lima baris lubang).
  5. Apabila asap yang keluar dari cerobong tidak lagi pekat tetapi lebih jelas, semua lubang pengatur udara dan pintu cerobong tertutup.

Itulah perkembangan produksi kelapa dan cara membuat arang untuk bisnis, semoga bermanfaat

 

Leave a Comment