Usaha Parut Kelapa yang Menguntungkan Untuk Bisnis

Usaha Parut Kelapa – Usaha Kelapa Parut Yang Menguntungkan- Kelapa adalah buah yang memiliki banyak manfaat,selain itu kelapa selalu membuka peluang untuk dikomersialkan, misalnya usaha dengan parutan kelapa. Dalam kehidupan sehari-hari, parutan kelapa selalu dibutuhkan untuk memasak, selain itu parutan kelapa juga berguna untuk membuat kue bahkan untuk membuat minuman.

Tahap Memulai Usaha Kelapa Parut

1. Prospek Usaha Kelapa Kering

Sebelum Anda memulai bisnis parutan kelapa, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang prospek bisnis parutan kelapa Anda. Prospek bisnis kelapa parut ini sangat bagus dan bisa menguntungkan untuk mendapatkan banyak uang. Dalam bisnis parutan kelapa ini diperlukan keuletan dan keuletan dalam mengolah kelapa agar menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Kesuksesan bisnis ini membutuhkan ide kreatif dan inovatif.

2. Bahan Baku Parutan Kelapa

Jika Anda menjalankan bisnis, Anda perlu memiliki bahan mentah. Dalam usaha parutan kelapa dibutuhkan kelapa sebagai bahan bakunya, kelapa bisa anda dapatkan dari pasar tradisional atau pengepul kelapa, jika ingin lebih murah bisa langsung bekerjasama dengan petani kelapa tentunya harga akan lebih murah.

Selain kelapa dibutuhkan mesin yang akan mengolah kelapa agar cepat dan efisien, jika dikerjakan dengan tangan memakan waktu lama dan kurang efisien, tangan bisa sakit karena menggosok kelapa. Harga parutan kelapa sendiri bervariasi dari ratusan hingga puluhan juta.

3. Harga Jual Serpih Kelapa

Anda perlu menentukan berapa harga jual parutan kelapa ini agar keuntungan yang anda dapat maksimal, anda dapat menentukan harga parutan kelapa agar lebih terjangkau. Umumnya kelapa parut dijual dengan harga sekitar 3500 per bungkus dan bisa lebih tergantung kemasannya.

4. Konsumen Kelapa Pipis

Serpihan kelapa tidak sulit diperoleh konsumen. Apalagi jika mengingat banyaknya ibu rumah tangga yang selalu membutuhkan parutan kelapa selain bahan baku industri makanan dan minuman, menentukan konsumen parutan kelapa relatif mudah. Ibu-ibu rumah tangga serta perusahaan makanan dan minuman menjadi target utama konsumen parutan kelapa.

5. Pemasaran Parutan Kelapa

Sebuah perusahaan sangat perlu mendefinisikan ceruk pasar agar dapat dijangkau oleh banyak orang. Usaha parutan kelapa ini dapat dijalankan dengan cara menyewa tempat di pasar tradisional dan memesan warung di sepanjang jalan raya dengan akses masyarakat umum. Selain itu, parutan kelapa sebaiknya diberikan ke berbagai toko atau pedagang kaki lima. dilakukan untuk menyebarkan bisnis.

6. Usaha Parutan Kelapa

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda sangat membutuhkan strategi yang tepat. Promosikan bisnis Anda dan tawarkan harga menarik untuk menarik konsumen. Pelayanan juga sangat penting dalam usaha pemarut kelapa ini. Anda bisa menggunakan mesin pengupas kelapa untuk memulai usaha ini.

Anda juga perlu mencari pedagang dan bekerja sama dengan petani kelapa untuk menekan modal dan mendapatkan keuntungan besar. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan orang lain untuk membuat bisnis yang menguntungkan ini. Yang terpenting sebelum memulai bisnis ini adalah agar sukses dan sejahtera, Anda harus menjalankan bisnis ini dengan sengaja dan serius. Jangan lupa berdoa agar bisnis ini lancar.

Contoh Makanan Dari Parutan Kelapa

1. Putu Ayu

Kue putu ayu merupakan kue tradisional yang melegenda hingga saat ini, cara pembuatannya dikukus seperti kukus jamur. Tekstur kue ini yang sangat lembut karena lapisan kelapanya yang khas membuat kue ini populer hingga saat ini. Rasanya yang manis bikin ketagihan saat mencoba makanan ini.

2. Klepon

Klepon merupakan makanan yang berisi makanan ringan berupa bola-bola kecil berisi gula merah yang membuat makanan ini sangat enak. Hidangan ini terbuat dari beras ketan dan di atasnya diberi parutan kelapa di bagian luarnya untuk menambah cita rasa.

3. Wingko

Hidangan ini biasa disebut wingko babat. Wingko tripo terkenal di bagian utara pulau Jawa. Sebagai bahannya terbuat dari tepung beras ketan, gula pasir dan juga kelapa muda sehingga menghasilkan cita rasa kelapa beraroma pandan.

4. Dadar Gulung

Kue ini merupakan kue khas Indonesia dan Malaysia yang isinya biasa disebut dadar gulung dan terdiri dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair. Dengan kulit yang khas berwarna hijau karena diwarnai dengan daun suji, rasa masakan ini manis bercampur asin parutan kelapa.

5. Serundeng Kelapa

Orang Indonesia biasanya menggunakan minyak kelapa dalam masakan nasi. Hidangan ini terdiri dari kelapa parut yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan dengan tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabai, kunyit dan gula. Karena rasa kelapanya yang bulat memiliki rasa yang gurih dan asin sehingga cocok untuk lauk pauk.

Manfaat Parutan Kelapa

1. Jantung Yang Sehat

Kelapa parut mengandung serat tinggi, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini dapat menyerap kolesterol jahat dari darah yang berbahaya bagi jantung di dalam tubuh kita.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serpihan kelapa mengandung selenium yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini karena selenium sendiri menghasilkan protein selenium yang dapat membantu melawan banyak penyakit dalam tubuh.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Kelapa kering mengandung nutrisi yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan usus besar.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Serpihan kelapa mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mengurangi masalah seperti wasir, sembelit dan duodenum yang dapat dicegah jika Anda rajin mengkonsumsi kelapa parut setiap hari.

5. Meningkatkan Sistem Fungsi Otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa parutan kelapa dapat memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer dan meningkatkan fungsi otak. Jadi kalau mau pintar, makanlah lebih banyak parutan kelapa.

 

Itulah beberapa usaha parut kelapa yang bisa anda coba dirumah sebagai usaha kecil-kecilan atapun sebagai  bisnis utama anda.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment