Kegunaan Minyak Nilam Untuk Wajah Sehat dan Berseri

Kegunaan Minyak Nilam – Untuk Wajah Sehat dan Berseri- Minyak nilam mengandung bahan aktif nilam, yang dapat menyembuhkan peradangan dan kerusakan kulit. Selain itu, minyak nilam dikenal sebagai anti inflamasi, menyegarkan, antiseptik dan merangsang pembaharuan sel kulit. Oleh karena itu, minyak nilam sering digunakan untuk mengatasi kerusakan kulit, seperti: menghilangkan garis halus dan kerutan serta meminimalkan ketidaksempurnaan wajah.

Kegunaan Minyak Nilam

manfaat minyak nilam untuk wajah

1. Mengurangi Kerutan

Minyak nilam yang sering terdapat pada produk perawatan anti aging dapat mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan pada wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan minyak esensial geranium dengan minyak wajah favorit Anda. Selain anti-aging, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah hidrasi dalam.

2. Meredakan Peradangan

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi minyak nilam dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Sengatan matahari atau jerawat dapat membuat kulit meradang.

3. Mengobati Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat di wajah Anda dan merasa kesal dan tidak nyaman. Anda bisa mengatasinya secara alami dengan menggunakan minyak nilam. Ya, minyak ini memiliki sifat antiradang alami atau bisa mencegah peradangan yang biasanya terjadi pada jerawat. Selain itu, minyak ini juga berperan sebagai antijamur yang dapat mencegah berkembangnya mikroorganisme atau bakteri berbahaya pada wajah penyebab jerawat.

Caranya?

Jika kita bingung dengan kegunaannya. Jadi jawaban saya adalah ini. Pertama-tama kita harus memastikan kondisi wajah kita bersih, yaitu dengan cara mencuci muka menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita, atau bisa juga menggunakan sabun anti jerawat jika diperlukan.

Kedua: Siapkan masker jerawat, campurkan 3-5 tetes minyak nilam dengan 2-3 sendok makan air jeruk nipis atau lemon, lalu oleskan pada area yang berjerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Jika kita kesulitan mendapatkan lemon atau jeruk nipis, kita bisa menggunakan minyak nilam tanpa bahan lain tentunya. Jadi Anda bisa yakin bahwa metode ini nyaman dan mudah untuk Anda sendiri.

Selain itu minyak nilam memiliki banyak manfaat lain untuk kulit, di antaranya dapat mengobati iritasi dan bengkak serta mengatasi eksim.

4. Mengatasi Ketombe dan Menyehatkan Rambut

Ketombe bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi masalah tersebut muncul bersamaan dengan masalah rambut lainnya seperti rambut rusak dan tidak sehat. Masalah ini mungkin bisa kita atasi dengan sampo anti ketombe, namun penggunaan sampo jenis ini secara berlebihan dapat membuat rambut kering dan kehilangan kelembapan alaminya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut terlihat tidak sehat. Nah sebenarnya kita bisa menemukan cara alami untuk mengatasi kedua masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan minyak nilam.

Caranya?

Ini sangat mudah. Pertama siapkan minyak nilam alami dan juga buah lidah buaya atau jeruk nipis. Kedua bahan ini bisa kita pilih untuk digunakan, tergantung selera bisa lidah buaya dengan minyak nilam atau minyak nilam jeruk nipis. Kemudian campurkan minyak nilam dan perasan jeruk nipis, cukup gunakan 2 buah dalam 2 atau 3 gelas air hangat dan 2 sendok makan minyak nilam. Aduk rata dan tunggu hingga dingin.

Jika sudah dingin, Anda bisa mencucinya dengan air dan biarkan di kepala atau rambut Anda selama kurang lebih 15 menit. Cara ini bisa kita lakukan 2 kali dalam seminggu. Dan untuk menggunakan lidah buaya, kita cukup mencampurkan 3 sendok makan lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan bahan yang sama yaitu 3 gelas air hangat dan 2 sendok makan minyak nilam.

Keunggulan lain dari minyak nilam adalah baunya yang harum dan kuat. sehingga membuat rambut kita lebih segar dan juga wangi. Selain cara alami, minyak nilam dapat kita temukan di berbagai produk shampo dan juga minyak rambut yang memiliki fungsi yang sama seperti di atas yaitu untuk mengatasi ketombe dan juga menutrisi rambut.

5. Kegunaan Lain Minyak Nilam

Selain Kegunaan di atas, aroma minyak nilam merupakan manfaat lain yang perlu kita ketahui. Bau atau aroma yang kuat dari minyak ini sangat khas dan sering digunakan sebagai bahan tambahan parfum atau jenis wewangian lainnya. Aroma minyak nilam dipercaya menenangkan pikiran dan membantu kita rileks, dan biasa digunakan sebagai pengharum ruangan atau di kamar untuk membantu kita tidur lebih nyenyak.

 

Demikian penjelasan tentang kegunaan minyak nilam unuk wajah. Anda bisa mencoba membuat dengan cara diatas. Jangan lupa gunakan mesin penyulingan minyak atsiri. Semoga bermanfaat.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

 

Leave a Comment