Kegunaan Minyak Atsiri Yang Perlu Anda Tahu

Kegunaan Minyak Atsiri Yang Perlu Anda Tahu- Minyak atsiri, atau dieja minyak atsiri, adalah senyawa yang memiliki aroma berbeda dan mudah menguap. Biasanya minyak ini diperoleh dengan cara mengekstraksi akar, batang, kayu, bunga, biji atau bagian tanaman lainnya. Hasil ekstraksi ini memiliki banyak khasiat, kita mengenalnya sebagai penggunaan minyak atsiri.

Manfaat Minyak Atsiri

Kegunaan Minyak Atsiri

1. Atasi Masalah Insomnia Dengan Minyak Lavender

Aroma lavender dianggap menenangkan. Seperti aromaterapi, lavender juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi insomnia. Bagaimana? Anda bisa membuat semprotan dari lavender. Ini berisi beberapa tetes minyak esensial lavender dengan air suling.

Semprotkan pada bantal Anda atau aplikasikan langsung ke tubuh Anda agar cepat tertidur dan mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan nyenyak.  Atau jika Anda merasa sangat rumit karena harus membuat campuran semprotan itu sendiri.

Anda dapat membeli semprotan lavender siap pakai yang diformulasikan khusus untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak dan nyenyak. Brand yang menawarkan produk tersebut adalah oriflame.

2. Sebagai Pengharum Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat menumpuknya bakteri. Ruangan ini biasanya berbau pesing atau semacamnya. Ini sangat mengganggu ketika ini diperbolehkan. Karena bisa menyebar ke ruangan lain jika tidak segera ditangani. Cara mudah agar kamar mandi wangi adalah dengan memanfaatkan manfaat essential oil lavender.

Anda hanya perlu menyiapkan setetes minyak dan handuk kecil.Oleskan handuk kecil dengan minyak esensial lavender dan biarkan tergantung di kamar mandi. Menggunakan minyak esensial sebagai aromaterapi juga akan membuat ruangan Anda harum.

3. Untuk Mengatasi Masalah Ketombe

Salah satu manfaat non-aromatik lavender adalah kemampuannya untuk menghilangkan ketombe. Hal ini karena lavender mengandung zat antijamur yang efektif dapat membantu mengurangi ketombe. bagaimana cara menggunakannya

Ada 2 cara untuk mendapatkan manfaat lavender essential oil untuk rambut, yaitu:

  1. Campur minyak esensial dengan air suling dan cuka atau cuka sari apel. Gunakan larutan ini saat Anda mencuci rambut. Tapi pelan-pelan.
  2. Anda juga dapat mencampur lavender dengan berbagai minyak esensial dan efeknya mirip dengan bergamot, rosemary, tea tree, cedar, dll. Lalu aplikasikan ke seluruh rambut. Kemudian tutupi dengan handuk basah yang hangat. Biarkan selama sekitar 1 jam. Jika handuk terasa dingin sambil menunggu dingin, Anda bisa memanaskannya kembali.

Metode lain untuk menguji apakah ini kurang optimal adalah dengan menggunakan kapur untuk menghilangkan kerak.

4. Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya

Nyamuk termasuk serangga yang paling menyebalkan. Beberapa masih bisa terbang jika sudah menggunakan ventilator. Listrik hanya bertahan beberapa jam. Gunakan bahan bakar yang tidak cocok untuk anak-anak. Kadang saya bingung ketika punya bayi di rumah dan sedang musim nyamuk.

Nah, minyak lavender bisa menjadi pengusir nyamuk alami. Metodenya adalah:

  • Siapkan botol spray ukuran 100ml.
  • Siapkan minyak esensial.
  • Air sulingan.

Campurkan 30 tetes minyak lavender dalam air suling. Lalu kocok hingga tercampur rata. Semprotan ini juga siap untuk mengusir nyamuk.

Selain nyamuk, kegunaan minyak atsiri sebagai semprotan adalah dapat digunakan untuk mengusir serangga lain.

5. Semprotan Anti Bakteri

Apakah Anda sering keluar rumah untuk bermain dan makan di luar? Tentunya Anda membutuhkan agen antibakteri yang bisa Anda gunakan kapan saja. Karena kita tidak pernah tahu kuman apa yang digunakan di ruang publik. Kegunaannya untuk apa dan bakteri apa yang ada di dalamnya?

Agar tetap terjaga, Anda bisa membuat semprotan dengan manfaat minyak lavender. Yaitu mencampurkan 700ml air, 120ml cuka sari apel dan 15 tetes minyak esensial. Kocok campuran ini sampai tercampur rata. Dan semprotan yang kaya akan manfaat minyak esensial lavender siap digunakan.

6. Sebagai Pewangi Pakaian

Saat Anda mencuci pakaian, tambahkan setetes minyak lavender ke dalam detergen. Manfaat lavender diterjemahkan menjadi aroma pakaian yang melekat pada pakaian favorit Anda untuk waktu yang lama. Pakaian tidak hanya bersih, tetapi juga harum, segar dan menyejukkan.

7. Peningkatan Fungsi Otak

Selain yang tertulis di atas, penggunaan minyak esensial lavender juga berkaitan dengan otak. Yakni, meningkatkan fungsi otak. Bahkan ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Bahkan, lavender disebut-sebut bisa membantu mengobati alzheimer secara alami, lho!

Jadi tunggu apa lagi? Kalau memang banyak sekali khasiat minyak lavender. Mengapa tidak menawarkannya saja sebagai produk yang harus dimiliki di rumah? Jika Anda tidak memiliki minyaknya secara langsung, Anda masih bisa merasakan manfaat penggunaan essential oil atau minyak esensial lavender. Anda bisa mulai dengan mencari produk yang tersedia di pasar.

Demikian penjelasan tentang kegunaan minyak atsiri. Jangan lupa gunakan mesin penyulingan terbaik di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment