Kegunaan Briket Batok Kelapa Sebagai Bahan Bakar Murah

Kegunaan Briket Batok Kelapa – Briket tidak memiliki fungsi lain selain bahan khusus. Fungsi briket ini tergolong substitusi. Biasanya kelebihan dari fungsi briket ini digunakan oleh industri, home industri, restoran, bahkan di rumah tangga dan lain-lain.

Biasanya orang membuat briket menggunakan mesin batok kelapa setelah itu di proses menjadi briket untuk digunakan sebagai bahan bakar sebuah restoran dan industri.

Dibandingkan dengan bahan bakar minyak, briket diketahui memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membedakannya dengan bahan bakar minyak. Keunggulan briket adalah hemat biaya, hemat biaya dan aman lingkungan. Oleh karena itu, briket juga berperan sebagai energi alternatif. Memang cara produksi briket menggunakan bahan sebagai sumber daya alam dalam produksinya dan sangat ramah lingkungan.

Selain itu, briket juga mengurangi limbah. Hal ini terjadi karena bahan baku pembuatan briket tidak lain adalah batok kelapa, kayu, limbah, gambut, jerami dan serbuk gergaji.

Namun briket yang aman digunakan adalah briket yang terbuat dari bahan alami, bukan briket yang terbuat dari arang. Hal ini diduga karena briket dapat menghasilkan asap yang sangat pekat dan umumnya tergolong beracun.

Berdasarkan penjelasan di atas, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan briket dan apa fungsi briket dalam kehidupan sehari-hari? Untuk mengetahui informasi tersebut Anda dapat melihat di bawah ini.

Pengertian Briket

Kegunaan Briket Batok Kelapa

Secara umum, konsep briket adalah bahan bakar alternatif yang dibuat dari bahan bukan kayu dengan cara pirolisis (pembakaran aerobik).

Dalam produksi briket digunakan bahan baku seperti sekam padi, jerami, tempurung kelapa, serbuk gergaji, daun dan lain-lain.

Proses produksi briket sebenarnya tidak sulit karena pada saat pembuatan briket bahannya tidak mengalami pembakaran sempurna, dalam artian tidak mengubah bahan menjadi abu.

Dalam produksi briket dalam hal ini pemanasan menggunakan vakum. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan arang dengan bahan pengikat, memadatkannya, dan mengeringkannya. Briket biasa digunakan untuk memasak dan juga untuk pembakaran. Bahkan ada briket yang digunakan untuk membuat pembangkit listrik tenaga uap. Memang, briket digunakan sebagai pengganti batu bara.

Briket mengandung karbon, abu dan komponen yang mudah menguap. Briket yang baik adalah briket yang dalam proses pembakarannya akan menghasilkan panas yang besar. Untuk menghasilkan panas yang signifikan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain rendahnya kandungan karbon dan abu. Jika ada sedikit abu, standar kadar abu minimum adalah 8%.

Kegunaan Briket

Berdasarkan penjelasan di atas dan informasi yang dihimpun penulis, fungsi briket disebut sebagai bahan bakar dengan 8 fungsi, diantaranya:

1. Go Green Energy

Briket sangat ramah lingkungan karena briket terbuat dari bahan alami yang cocok untuk energi alternatif.

2. Energi Terbarukan

Briket berfungsi sebagai energi terbarukan. Khasiat dan keuntungan ini terjadi karena briket dibuat dari sumber alami biomassa yang merupakan bahan biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa antara lain kayu bakar, kelapa, sampah bahkan alkohol.

3. Tidak Beracun

Fungsi briket adalah tidak beracun, terutama jika diproduksi melalui proses alami dengan penambahan tapioka dari singkong sebagai pengikat pasta. Oleh karena itu, arang tempurung kelapa merupakan bahan yang aman dan tidak beracun).

4. Tidak Berasap

Briket juga bebas rokok. Inilah keunggulan briket sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama.

5. Panas Maksimal

Selain itu, briket memiliki nilai kalori maksimum yang cukup tinggi, hingga 7000 kal. Dengan demikian, fungsi briket memiliki keunggulan dalam proses pemasakan sehingga lebih cepat matang dan sempurna.

6. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket batok kelapa memiliki waktu pembakaran yang lama, bisa dari 2-3 jam nonstop. Dengan keunggulan diatas, briket menjadi bahan bakar yang irit dan efisien.

7. Sumber Pendapatan

Membawa sumber pendapatan ke pemasok bahan baku briket seperti batu bara, tanah liat, kapur, bubuk biomassa, dll.

8. Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Ini adalah tempat kerja yang cukup penting baik di pabrik briket, distributor, industri mesin kiln dan briket, dan lainnya.

 

Berikut adalah informasi tentang kegunaan briket batok kelapa dan cara menggunakan briket sebagai bahan bakar yang murah.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.

Leave a Comment