Kegunaan Briket Arang Batok Kelapa untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kegunaan briket arang batok kelapa Sebelum membahas kegunaan briket arang batok kelapa, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu briket arang. Nah berikut penjelasannya dibawah ini!

Pengertian Briket Arang

pengertian arang briket

Briket arang adalah jenis arang lain yang dibuat dari beberapa arang lainnya, yang dibuat dengan cara digiling terlebih dahulu kemudian dibentuk menjadi arang. dan dibentuk dengan mencampurkan dengan pati sesuai kebutuhan.

Setiap benda yang dibuat harus memiliki tujuan mengapa benda itu dibuat, seperti halnya briket batu bara. Tujuan pembuatan briket arang atau briket arang adalah untuk memperpanjang waktu pembakaran sehingga lebih menghemat biaya bahan bakar, diharapkan briket arang menjadi bahan bakar alternatif yang layak dan mengurangi pembalakan liar.

Namun, tidak sembarangan batu bara bisa diolah menjadi briket. Batubara yang digunakan sebagai bahan baku briket arang adalah jenis batubara tempurung kelapa. Untuk membuat briket arang kelapa, buah kelapa harus sudah tua karena batok kelapa tua lebih padat dan kadar air batok lebih rendah dibandingkan batok kelapa yang cukup muda.

Briket arang tempurung kelapa secara signifikan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dan gas, terutama pada masyarakat kecil di perkotaan, mendukung penggunaan limbah tempurung kelapa untuk bahan bakar.

Pemanfaatan kelapa tua khususnya sebagai santan sangat tinggi di Jakarta sehingga memberikan kontribusi terhadap produksi limbah tempurung kelapa di pasaran. Umumnya limbah tempurung kelapa digunakan sebagai bahan bakar. Membentuk briket arang dari batok kelapa menawarkan banyak keunggulan dibandingkan arang biasa, seperti: Tanpa asap, bersih dan mudah dikemas.

Selain itu, penggunaan briket arang tempurung kelapa sejalan dengan penyelesaian permasalahan global saat ini terkait polusi udara, energi alternatif dan teknologi hijau.

Kegunaan Briket Arang Kelapa

kegunaan arang briket batok kelapa

Selain sebagai bahan bakar alternatif, briket arang tempurung kelapa memiliki banyak kegunaan antara lain :

1.Untuk Kebutuhan Memasak

biasanya digunakan untuk memasak. Orang biasanya menggunakan briket batok kelapa untuk menyiapkan berbagai makanan yang perlu dibakar terlebih dahulu, seperti barbeque, steak atau yang lebih sering kita lihat yaitu sate bakar.

2. Mengkonsumsi Rokok

Di negara-negara Timur Tengah, briket ini biasanya digunakan untuk mengkonsumsi “sisha”, sejenis rokok yang dihisap dengan alat yang memiliki banyak rasa.

3. Sebagai Proses Pembakaran

Briket biasanya digunakan untuk membuat makanan dan makanan ringan seperti serpihan kelapa dan juga digunakan sebagai proses pembakaran. Bahkan ada briket yang digunakan untuk membangun pembangkit uap, karena briket digunakan sebagai pengganti batu bara, maka briket tidak memiliki fungsi lain yaitu sebagai bahan khusus. Pengoperasian briket ini tergolong alternatif.

4.Untuk Membakar Wewangian

Selain itu, briket tempurung kelapa juga ada di negara-negara Timur Tengah yang banyak digunakan untuk membakar pengharum rumah. sedangkan di Eropa dan Amerika, briket batok kelapa sering digunakan sebagai penghangat ruangan dan juga sebagai penghangat ruangan di spa. Namun, lebih umum digunakan sebagai bahan bakar tungku dalam proses memasak.

Buah yang bernama latin Cocos nucifera L atau populer disebut kelapa ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat dalam banyak hal, mulai dari daun, daging buah bahkan bagian luar daun kelapa, daging kelapa, air kelapa, batang , Akar dan Bunga Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagai umat bangsa kita harus bisa menyimpan buah kelapa agar tidak cepat habis.

Tentunya jika ingin membuat arang biket, anda perlu mengolahnya agar menjadi biket. Nah untuk itu anda harus memiliki alat pembuat briket dan mesin pembuat briket.  Dengan mesin ini anda akan bisa membuat biket yang nantinya dapat menentukan kualitas hasil briket yang bagus.

Leave a Comment