Proses Pembuatan Keripik Pisang Coklat Yang Enak dan Modern

Proses Pembuatan keripik pisang-Keripik merupakan makanan ringan yang disukai hampir semua orang. Ada banyak sekali jenis keripik yang beredar di pasaran. Mulai dari keripik singkong, keripik talas, keripik bawang, keripik apel dan keripik lainnya. Diantara sekian banyak keripik yang ada, keripik pisang merupakan salah satu keripik favorit semua orang.

Bicara soal keripik pisang, bagaimana cara membuat keripik pisang sendiri di rumah? Apa mungkin kita bisa membuat keripik pisang yang enak dan modern seperti keripik pisang coklat?,tentu saja bisa,  pada kesempatan kali ini saya akan membahas  cara membuat keripik, pisang yang  enak dan modern,Simak baik-baik ya! Proses pembuatan keripik pisang ini!

Proses Pembuatan Kerpik Pisang Coklat

Bahan:

  • 1 sisir pisang tanduk
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 30 gram gula halus
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng
  • Air

Cara membuat:

  1. Potong pisang raja menjadi bulatan. Saat mengiris, gunakan mesin pemotong khusus agar ketebalan keripiknya sama.
  2. Campur air dengan garam, aduk rata.
  3. Masukkan irisan pisang ke dalam air, rendam sekitar 5 menit dan tiriskan.
  4. Nyalakan Vacuum frying dan Panaskan minyak, goreng irisan pisang dalam minyak hingga garing dan kuning.
  5. Angkat pisang jika buih minyak sudah berkurang  dan  goreng sampai berubah kecoklatan ,jika sudah angkat dan tiriskan
  6. Tunggu sampai dingin,lalu,campurkan  coklat bubuk dengan gula halus.
  7. Campur keripik pisang yang masih hangat dengan coklat dan gula pasir, aduk rata.
  8. Simpan keripik pisang cokelat di dalam stoples agar tetap renyah.
Ingatlah bahwa keripik yang dihasilkan akan memiliki warna yang bagus, usahakan untuk tidak memotong semua pisang menjadi irisan sebelum digoreng. Iris pisang sesuai selera lalu goreng.  Jika kita Memotong  seluruh pisang , jika ada sisanya dan diamkan maka sisa  pisang yang sudah dipotong pada suhu kamar  untuk waktu yang agak lama maka pisnag tersebut akan berubah warna menjadi hitam. Jika ingin warna pisang tetap bagus, rendam irisan pisang dalam air asin atau air biasa.
Dengan rasanya yang begitu nikmat, sebagian besar dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa keripik pisang tergolong makanan ringan dengan nutrisi sehat yang tak terhitung jumlahnya. Nilai gizi keripik pisang juga sangat penting untuk didapatkan tubuh.
Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut;
Mengandung Pektin
Pektin adalah zat yang membantu tubuh menyeimbangkan organ pencernaan. Selain itu pektin juga memiliki tugas untuk membuang racun yang tertimbun di dalam tubuh.
 Mengandung Catechin dan Dopamin 
Kedua zat ini bermanfaat dalam mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung. Selain itu, katekin dan dopamin dapat mencegah banyak masalah kesehatan degeneratif lainnya bila digunakan secara teratur.
Tryptophan 
Tryptophan merupakan salah satu jenis asam amino atau asam amino yang berguna untuk meningkatkan produksi hormon serotonin. Bagi yang belum tahu, serotonin adalah hormon yang dapat membuat Anda merasa rileks, mengantuk, dan tenang, maka dari itu keripik pisang merupakan camilan yang enak untuk melepas penat saat atau di tengah kesibukan bekerja.
Selain nilai gizi penting di atas, keripik pisang juga mengandung nilai gizi yang berbeda, meskipun melalui proses yang berbeda. Meski tidak sebanyak pisang mentah, nutrisi dalam keripik pisang tidak boleh diremehkan. Meski mengandung beberapa nutrisi tersebut, batasi jumlah keripik pisang yang Anda konsumsi untuk menghindari berbagai efek  negatif untuk kesehatan yang berbahaya.
Demikian ulasan yang dapat saya bagikan , semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kalian para pembaca, Sekian Dan Terimakasih!

Leave a Comment