Macam-Macam SEO dan Fungsinya

Ada 3 macam SEO yaitu SEO off-page, SEO on-page dan SEO teknis. Manakah dari ketiga jenis SEO ini yang paling penting diterapkan di website kita? Jawabannya adalah segalanya. Ketiganya penting. Jadi mari ambil semuanya dari sini untuk memberi peringkat situs web Anda dengan baik di Google dan mendatangkan banyak pengunjung. Di bawah ini penjelasan tantang macam-macam SEO dan fungsinya.

Macam-Macam SEO

macam-macam seo

1. Seo On Page

Tujuan On Page SEO adalah mengoptimalkan konten website sedemikian rupa sehingga memudahkan target pasar untuk menemukannya. On-page SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan SEO di front end website. Rasio tinggi lebar yang dimaksimalkan meliputi:

  1. Permalink
  2. Judul konten
  3. Struktur Isi
  4. Gambar konten
  5. Distribusi Kata Kunci
  6. Kualitas Konten
  7. Tautan internal
  8. Elemen SEO dasar (seperti deskripsi meta, tag, dll.)

Dengan bantuan optimasi mesin pencari halaman, konten kita lebih mudah berada di halaman pertama Google. Dengan mendapatkan konten yang lebih relevan dengan kata kunci yang kami targetkan, kami melayani kebutuhan audiens dengan lebih baik dan Google meningkatkan peringkat situs web kami.

Perhatikan bahwa jenis SEO ini adalah yang paling mudah diterapkan dan harus kita kuasai. Jadi jika kita baru mulai belajar tentang SEO, asah dulu pemahaman Anda tentang SEO on page.

2. Seo Off Page

SEO di luar halaman bertujuan untuk membantu Google memahami seberapa bermanfaat dan relevan konten Anda bagi orang lain. SEO off-page adalah upaya mengoptimalkan SEO secara offline. Di bawah ini adalah aspek SEO off-page yang dapat ditingkatkan

  1. Link building (berfungsi untuk mendapatkan link dari situs lain, yaitu backlink)
  2. Peningkatan DA (Otoritas Domain): skor yang memprediksi kemungkinan peringkat situs web di Google)
  3. Peningkatan PA (otoritas halaman, nilai yang menunjukkan potensi situs web untuk mendapat peringkat tinggi di Google)
  4. Promosi Konten melalui Media Sosial
  5. Blogging tamu (tindakan memposting artikel berkualitas di situs web lain yang memiliki tautan balik ke situs web kami).

Dengan SEO yang kuat, Google lebih yakin bahwa website kita akan bermanfaat bagi orang lain. Ini meningkatkan kredibilitas situs web dan potensi investasi.

3. Technical Seo

Tujuan dari SEO teknis ini adalah untuk mengoptimalkan struktur situs web untuk memaksimalkan kinerja dan diterima oleh Google. SEO teknis, di sisi lain, adalah upaya untuk mengoptimalkan pengoptimalan mesin telusur di dalam situs web. Di bawah ini adalah pertimbangan terkait area teknis SEO:

  1. Kecepatan Situs
  2. Struktur situs web
  3. peta situs XML
  4. Keamanan situs web (SSL)
  5. Tema ramah SEO
  6. Tata letak situs web
  7. Navigasi.

Dengan menerapkan teknik SEO, website kita terstruktur dengan baik dan mudah dibaca oleh mesin pencari. Ini meningkatkan kemungkinan Google mengindeks situs web kita lebih banyak lagi.

Proses Dan Alur Kerja SEO dan SERP

Macam-macam SEO menurut fungsinya. Tentu saja, cara kerja SEO bukan hanya tentang membawa website ke posisi teratas SERP (Search Engine Results Page). Ada beberapa teknik yang digunakan Google untuk memilih situs web. Dengan mengetahui teknik-teknik tersebut kita memahami mengapa ada banyak jenis optimasi mesin pencari dan mengapa penting untuk mengoptimalkan bagian dalam, depan dan luar sebuah situs web. Kemudian mari kita lihat penjelasan macam-macam SEO.

1. Cara kerja SEO

Seperti yang kita tahu, Google memiliki alat bernama Webcrawler. Alat pengindeks web ini membantu Google mengumpulkan berbagai konten dari web, menyimpannya di database atau memori mesin pencari untuk memprosesnya. Sederhananya, SEO bekerja setelah kita memublikasikan website atau memublikasikan konten baru di blog.

  1. Pengindeksan: Kumpulkan dan simpan halaman web yang baru diterbitkan atau baru saja diperbarui
  2. Pengindeksan: Google menerapkan algoritme Google Mobile First Index, yang membantu Google memeriksa struktur situs web, kualitas konten, dan relevansinya dengan kebutuhan audiens, serta kredibilitas setiap situs web yang disimpan dalam basis datanya.
  3. Hasil Taruhan (peringkat): Google menyusun daftar halaman website terbaik untuk mencapai penempatan tertinggi di hasil pencarian (SERP).

Jadi, beginilah cara kerja SEO dengan mengurutkan halaman web untuk ditampilkan kepada pengguna internet.

2. Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)

Sekarang mari kita lihat bagaimana mesin pencari Google menghadirkan halaman tertentu dari sebuah situs web ke publik. Begini kira-kira cara kerja SERP untuk menyajikan rekomendasi konten kepada audiens:

  1. Audiens memasukkan kata kunci tertentu ke dalam permintaan pencarian Google
  2. Google menganalisis kata kunci ini (dari ejaan hingga sinonim kata) untuk memberikan hasil pencarian terbaik
  3. Dari seluruh halaman website yang ada di database, Google mencari konten yang mengandung kata kunci yang dimasukkan oleh publik
  4. Google menggunakan algoritme Google untuk menganalisis konten dan situs web untuk memastikan bahwa informasi tersebut relevan dan dapat diandalkan untuk audiens target.
  5. Google mempertimbangkan pemirsa. Dari lokasi, riwayat penelusuran, dan setelah penelusuran (filter TelusurAman: filter untuk menyediakan konten yang aman kepada publik)
  6. Google SERP menunjukkan kepada publik daftar konten terbaik.

Leave a Comment