Jenis Jenis Minyak Atsiri Yang Wajib Anda Tahu Saat Ini

Jenis Jenis Minyak Atsiri Yang Wajib Anda Tahu- Minyak atsiri adalah ekstrak pekat dari berbagai tanaman yang digunakan dalam pengobatan alami, aromaterapi, dan praktik naturopati. Ada banyak tumbuhan yang mengandung beberapa senyawa yang dapat mengatasi gangguan kesehatan.

Minyak Atsiri Yang Paling Umum Digunakan

jenis jenis minyak atsiri

1. Minyak Lavender

Lavender adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak digunakan. Minyak lavender memiliki banyak manfaat. Minyak ini dikenal untuk membantu mengatasi stres, nyeri otot, dan insomnia. Biasanya digunakan dengan menambahkan minyak lavender ke dalam bak mandi atau diffuser sebagai aromaterapi, sebagai room mist atau body mist, atau dikombinasikan dengan carrier oil untuk memijat tubuh.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sering digunakan sebagai agen antiseptik, antimikroba, dan antijamur. Jika Anda bermasalah dengan jerawat, Anda bisa menggunakan tea tree oil, sama seperti jika Anda bermasalah dengan kurap. Aplikasinya sangat sederhana, Anda bisa mengencerkan tea tree oil dengan minyak dasar seperti minyak kelapa atau jojoba. Kemudian oleskan ke area bermasalah pada kulit.

3. Minyak Kemenyan

Minyak kemenyan juga dapat membantu mengatasi peradangan, suasana hati, dan gangguan tidur. Selain itu, frankincense essential oil juga dapat mengobati sakit gigi dan gusi. Minyak kemenyan memiliki aroma kayu dan sedikit pedas, sehingga dapat digunakan dalam aromaterapi dan disertakan dalam krim kulit. Pastikan untuk mencairkannya sebelum digunakan.

4. Minyak Peppermint

Minyak peppermint dikenal dapat mengatasi masalah jamur dan bakteri, mengurangi peradangan, meredakan sakit kepala, memulihkan stamina, memperbaiki suasana hati dan suasana hati, mengatasi masalah pencernaan, dan meningkatkan daya ingat. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, minyak peppermint juga baik untuk mengobati sakit perut.

5. Minyak Lemon

Minyak lemon, diekstraksi dari kulit lemon, dapat disemprotkan di dalam ruangan atau dioleskan ke kulit untuk mendapatkan manfaat. Beberapa manfaat menggunakan minyak lemon antara lain mengurangi kecemasan dan depresi, mengurangi nyeri, menghilangkan rasa mual dan membunuh bakteri.

6. Minyak Sereh

Minyak serai memiliki aroma lemon yang kuat dan dikenal dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Sifat antibakteri minyak sereh juga sering membuatnya bermanfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan membunuh bakteri.

Manfaat Minyak Atsiri

jenis jenis minyak atsiri

1. Menyegarkan Udara

Anda dapat menemukan aroma atau penyegar udara yang berbeda dengan beberapa aroma yang berbeda. Wewangian yang tercipta pada pengharum ruangan sebenarnya diekstraksi dari minyak esensial dengan berbagai sumber tanaman. Setiap tanaman biasanya memiliki khasiat yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menemukan pengharum ruangan wangi yang Anda sukai.

Bahkan saat ini, banyak jenis minyak esensial tertentu dijual dengan campuran minyak esensial untuk digunakan dalam aromaterapi.

2. Produk Kecantikan dan Perawatan Pribadi

Berbagai produk yang digunakan dalam perawatan tubuh berbau sangat segar. Aroma yang dihasilkan berasal dari minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan utama. Rasa minyak esensial yang berbeda dicampur dengan jenis bahan tertentu untuk membuat sabun, wewangian, minyak mandi, dan produk lainnya.

Beberapa sumber tanaman yang biasa digunakan sebagai minyak esensial dalam produk kecantikan dan perawatan pribadi adalah: Jasmine, Rose, Fennel, Pepper, Basil, Ginger dan banyak aroma lainnya.

3. Mengompres

Kompres biasanya dilakukan untuk menurunkan demam atau panas tubuh saat sedang pilek atau flu. Minyak atsiri digunakan sebagai salah satu bahan yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit tersebut. Beberapa bahan minyak atsiri khusus seperti minyak kayu putih, minyak serai wangi dan jenis minyak lainnya digunakan untuk membuat bahan ini.

Bahkan kandungan minyak atsiri pada produk ini dapat menyembuhkan demam, sakit kepala, sakit perut dan berbagai penyakit ringan lainnya.

4. Bahan Untuk Pijat dan Terapi

Minyak atsiri yang terbuat dari bahan yang berbeda, seperti Minyak seperti minyak yang diekstrak dari tanaman kayu putih sangat berguna dalam mengobati berbagai penyakit tubuh seperti nyeri, kelelahan dan luka ringan. Beberapa penyakit lain juga dapat diobati dengan minyak esensial seperti gangguan tidur, demam, mual, sakit kepala, menenangkan pikiran dan mengatasi kecemasan. Oleh karena itu, sebagian lansia sering menggunakan ramuan yang mengandung minyak atsiri pada sore atau malam hari.

5. Bahan Krim Kulit

Minyak atsiri biasanya digunakan sebagai bahan utama krim alami yang digunakan pada semua jenis perawatan kulit. Minyak atsiri memiliki sifat menenangkan dan menenangkan kulit. Produk yang mengandung essential oil biasanya tidak memberikan efek tertentu pada kulit, sehingga sangat aman untuk digunakan.

Ini adalah beberapa minyak esensial yang bisa Anda dapatkan. Meski bisa meringankan berbagai gangguan kesehatan baik fisik maupun mental, jangan terlalu mengandalkan minyaknya ya. Jangan lupa gunakan mesin penyulingan terbaik di pabrik terpercaya.

Leave a Comment