Cara Membuat Fermentasi Pakan Kambing Kering

Cara membuat fermentasi pakan kambing kering. Pada saat ini banyak alternatif pakan dalam hewan ternak kita. Khususnya kambing, teori tentang pakan kambing sangatlah luas. Terutama  lagi dengan seiiring berkembangnya teknologi dan inovasi tentang pakan kambing yang telah berkembang pesat.Saat ini, banyak alternatif pakan yang dapat kita gunakan.Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang mungkin akan kita butuhkan, anda tidak perlu bingung dalam menentukan jenis pakan yang baik untuk kambing ternaknya .Jika pakan hijauan masih banyak disekeliling anda, tidak perlu memaksakan agar mengganti dengan pakan fermentasi. Karena pakan fermentasi belum tentu sangat baik dari pakan hijauan.

Dengan demikian, jika anda sulit menemukan pakan hijauan, jangan terlalu memaksakan agar tetap menggunakan pakan hijauan, itu akan mampu mempersulit anda dalam beternak kambing. Cobalah agar beralih ke pakan fermentasi. Karena hasil dari pakan fermentasi mungkin, bisa sebagus pakan hijauan.Cara membuat fermentasi pakan kambing kering
Untuk itu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan keunggulan, kekurangan dan cara membuat fermentasi pakan kambing. Setelah itu tinggal anda yang menentukan, untuk menggunakannya atau memilih alternatif lain.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Kambing

Mungkin sebelum masuk ke pembahasan saya bisa menjelaskan sedikit tentang apa itu fermentasi.Fermentasi merupakan sebuah proses produksi energi dalam sel dengan keadaan aneorobik atau tanpa oksigen. Mesin pencacah kompos.Ragi pada umumnya merupakan bahan untuk pembuatan fermentasi, namun pada proses pembuatan pakan kambing, dapat menggunakan prebiotik sebagai pengganti ragi. Prebiotik yang sering digunakan adalah jenis Em4.Di artikel yang saya tulis ini saya akan menjabarkan tentang cara pembuatan pakan fermentasi kering. Fermentasi daun bambu keting.Untuk itu simak baik-baik, agar manfaat yang diperoleh bisa dihasilkan secara maksimal.

Fermentasi Pakan Kambing Kering

Jenis Pakan Fermentasi Kering, pada umumnya memakai campuran dedaunan dan rerumputan yang telah di jemur dan dipotong-potong kecil. Dedaunan yang dapat di gunakan antaranya yaitu, daun mangga, daun rambutan, daun kelengkeng dll.

Bahan-bahan yang harus disiapkan Sebagai Berikut:

  • Prebiotik atau  Em4. Anda dapat mendapatkannya di toko pakan ternak ataupun di toko online dengan harga Rp 30000 per botol.
  • Tetes Tebu. Bahan seperti ini sangat mudah didapatkan di toko pakan ternak. Atau jika anda kesulitan mendapatkan tetes tebu, mungkin dapat diganti dengan air gula merah. Harga tetes tebu sekitar Rp 15000per botol.
  • Bekatul atau Dedak. bekatul atau dedak juga mudah di temukan ditoko pakan ternak. Harga bekatul sekitar Rp 5000 per kg.
  • Garam Petani. Anda dapat membeli garam jenis ini di toko ternak, dengan harga Rp.2000per kg
  • Drum atau Tong Plastik. untuk ukuran tong plastik sekitar 160 sampai 170 liter, anda dapat menggunakan tong bekas ataupun membelinya ditoko bangunan
  • Terpal atau Plastik. Terpal ini berfungsi dalam proses penjemuran bahan ataupun saat proses pencampuran bahan.
  • Langkah-langkah pembuatan fermentasi pakan kambing ukuran 160 sampai 170 liter:

    1. Siapkan ember birisi air, kurang lebih 2 sampai 3 liter
    2. Masukan 10 tutup botol cairan Em4
    3. Kemudian tambahkan tetes tebu atau air gula merah sebanyak 1 – 2 gelas.
    4. Tambahkan 1 sampai 1,5 liter garam petani.
    5. Setelah itu, campur hingga semua bahan tercampur dengan rata.
    6. Tuangkan cairan tersebut di dalam alat semprot.
    7. Sebelum penyemprotan, taburkan bekatul terlebih dahulu di bahan dedaunan atau rerumputan kering hingga merata.
    8. Setelah itu lakukan penyemprotan cairan fermentasi di seluruh bagian dedaunan atau rerumputan kering hingga lembab.
    9. Ketika bahan sudah menjadi lembab, lalu masukan ke wadah tong plastik atau buat sepadat mungkin.
    10. Tutup tong plastik serapat mungkin, agar menghindari keluar masuknya udara.
    11. Tempatkan tong berisi pakan fermentasi di area yang tidak terpapar sinar matahari langsung.
    Setelah semua proses dilakukan, anda tinggal menunggu 4 sampai 5 hari, setelah itu pakan fermentasi siap untuk di gunakan dan di berikan ke hewan ternak.

    Keunggulan Menggunakan Pakan Fermentasi

    Disaat musim kemarau tiba, tentunya ketersediaan pakan hijauan bisa menipis, ini akan mempersulit anda pada proses pencarian pakan.
    Melihat kondisi diatas, anda harus mencari solusi untuk ketersediaan pakan kambing harus terpenuhi dikala musim hujan ataupun musim kemarau. Salah satu langkah agar memenuhi kebutuhan pakan saat kemarau yaitu dengan cara membuat fermentasi pakan kambing.
    Kelebihan dari pakan fermentasi ini, selain kemudahan pada proses  membuatnya dan juga menurut penelitian mungkin banyak sekali keunggulan saat menggunakan pakan fermentasi ini, diantaranya sebagai berikut:
    • Memperbaiki Sistem Pencernaan
    • Menambah Produktivitas
    • Pertumbuhan Badan
    • Meningkatkan Nafsun Makan

 

 

Leave a Comment