Tips Bisnis Kuliner Online Agar Berjalan Lancar

Memulai usaha atau bisnis kuliner dapat dibilang tidak terlalu sulit, asalkan anda paham menetapkan cara dan strategi yang tepat. Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati, apalagi di dunia digital ini segala proses dipermudah. Berikut ini tips bisnis kuliner online agar berjalan dengan lancar.

Tips Bisnis Kuliner Online

tips bisnis kuliner online

1. Buat Business Plan

Pertama tama sebelum memulai usaha kuliner, sebaiknya anda harus membuat rencana bisnis atau lebih sering disebut business plan terlebih dahulu. Mengapa? Karena business plan akan membantu anda untuk mengidentifikasi bagaimana bisnis anda akan berjalan kedepannya.

Di lain sisi, business plan bisa dijadikan sebagai acuan bagi para investor jika membutuhkan dana nantinya. Apa saja yang harus ditentukan dalam business plan?

  • Branding
  • Target pasar
  • Identitas brand
  • Jenis kuliner
  • Sistem operasional

Setidaknya, kelima unsur itu harus dipikirkan dengan matang. Seperti apa target pasar anda, apakah anak anak, remaja, atau orang dewasa? Tentukan juga apa menu yang akan disajikan beserta logo brand yang akan ditampilkan.

Wajib diperhatikan, untuk membuat logo brand semenarik dan seunik mungkin agar melekat di pikiran para pelanggan.

Disamping itu, pikirkan strategi branding yang tepat agar dapat meraih banyak konsumen. Anda bisa melakukan branding memalui media sosial secara online atau dengan promosi offline sekaligus.

Anda bisa juga membaca Bisnis Makanan Online Yang Menjanjikan

2. Kelola Keuangan

Aspek finansial adalah nyawa bagi segala bisnis, tak terkecuali bisnis kuliner. Oleh karena itu, cara tepat untuk memulai bisnis atau usaha kuliner agar dapat berjalan lancar adalah dengan mengelola finansial secara matang.

Sebagai modal awal, anda mungkin bisa menggunakan dana pribadi. Atau anda bisa mengajukan pinjaman ke orang terdekat maupun lembaga keuangan. Mungkin, anda juga bisa mengajukan dana kepada investor lewat business plan yang telah anda buat.

Jika meminjam uang dari orang lain atau lembaga keuangan sebaiknya kembalikan lebih dulu uangnya jika bisnis anda sudah meraup cukup banyak pendapatan. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari utang.

3. Tentukan Harga

Hal yang sering membingungkan dalam bisnis adalah menentukan harga. Salah satu solusi dari masalah itu adalah dengan melakukan riset harga pasar.

Misalnya anda berjualan nasi goreng. Dalam menentukan harga nasi goreng yang akan anda jual, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu harga nasi goreng yang dijual di pasaran.

Dengan begitu, anda bisa menentukan harga yang kompetitif sehingga tidak terkesan murah atau bahkan terlalu mahal. Di samping itu, anda juga harus mempertimbangkan harga dari modal. Berapa persen keuntungan yang akan diambil dari pengeluaran untuk membeli bahan bahan.

4. Riset Kompetitor

Kita akan terus bersaing secara sehat dengan puluhan atau bahkan ratusan kompetitor di dalam dunia bisnis. Supaya bisa masuk ke dalam lingkaran persaingan, cara yang tepat sebelum masuk ke bisnis kuliner adalah dengan melakukan riset kompetitor.

Cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor supaya bisa anda pelajari dengan baik. Dari situlah, anda akan menemukan celah yang tepat agar bisa menyaingi atau bahkan melebihi kompetitor baik dari segi harga, ciri khas, hingga pengemasan.

5. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi bisnis yang strategis adalah salah satu poin yang penting. Terlebih lagi, bisnis anda baru dimulai.

Pastikan lokasi yang dipilih merupakan lokasi strategis yang mudah diakses dan ramai. Selain itu, pertimbangkan juga peta pesaing bisnis di lokasi yang anda pilih.

Contohnya jika anda membuka bisnis kuliner yang sejenis dengan sebuah brand ternama dengan lokasi yang berdekatan, tentu anda mengalami kesulitan untuk menarik minat calon konsumen. Konsumen tersebut akan cenderung lebih memilih brand yang sudah memiliki nama.

Leave a Comment