Bisnis Keripik Pepaya dan Cara Membuat serta Strateginya

Masih sedikit masyarakat yang mengolah pepaya menjadi keripik, sehingga bisnis keripik pepaya masih sangat besar. Bahan dan caranya juga sederhana. Nah, jika Anda ingin memulai bisnis keripik pepaya, simak informasi usahanya di bawah ini:

Sebelum belajar tentang usaha keripik pepaya, terlebih dahulu kita mengetahui cara membuat keripik pepaya.

Cara Membuat Keripik Pepaya

Bagus jika anda sangat penasaran dan juga ingin tahu cara membuat keripik pepaya sendiri. Disini saya akan memberikan tips dan cara praktis membuat parutan pepaya yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama Siapkan buah pepaya yang akan anda olah.
  2. Selanjutnya pepaya matang yang sudah anda siapkan sebelumnya dikupas dan dipotong-potong setebal 5mm, jangan lupa buang bijinya.
  3. Kemudian rendam buah dalam air panas (95-98 0 C) selama 3 menit sambil diaduk perlahan.
  4. Untuk proses blansing ini dibutuhkan 2 liter air panas untuk setiap 1 kg irisan buah.
  5. Lalu anda jemur agar sisa kadar airnya tinggal 6-8 D44
  6. Dapat digoreng dengan minyak panas yang banyak dengan suhu 165 0 C selama 13-17 detik.
  7. Untuk kentang goreng yang lebih enak, Anda juga bisa menggoreng di penggorengan vakum.
  8. Pada suhu 120 0 C, tekanan 60-80 mmHg selama 58-62 menit.
  9. Setelah selesai digoreng, tiriskan hingga dingin.
  10. Selanjutnya, masukkan pepaya parut yang sudah matang ke dalamnya kemasan alumunium foil sesuai ukuran yang anda inginkan, mulai dari 50 gram, 100 gram, hingga 1 kg.

bisnis keripik pepaya

Dengan uraian di atas, Anda mungkin sudah mengetahui cara membuat keripik pepaya untuk berdagang keripik pepaya, bukan? Dan ternyata sangat mudah dan terlebih lagi anda juga bisa melakukannya di rumah tanpa harus membelinya di supermarket.

Target Pasar Keripik Pepaya

Cemilan ini juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Keripik pepaya sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, remaja dan orang tua, Bisa dikatakan semua umur bisa memakan potongan pepaya yang sudah diparut ini.

Itu juga harus dimakan sebagai camilan di waktu senggang. Semua sektor sosial juga dapat dijadikan sebagai target pasar dari bisnis keripik pepaya ini.

Bahan Membuat Keripik Pepaya

Cara membuat keripik pepaya sangat sederhana karena bahan pepaya mudah ditemukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat parutan pepaya, seperti buah pepaya segar dan minyak.

Peralatan Bisnis Keripik Pepaya

Peralatan untuk dapat membuat keripik pepaya ini  antara lain baskom, pisau, mesin vacuum frying, spatula, mesin peniris minyak, kompor dan juga gas serta beberapa aneka peralatan untuk pendukung lainnya.

Untuk bisa menghasilkan parutan pepaya yang berkualitas memang perlu menggunakan peralatan yang tepat. Jika anda membutuhkan berbagai peralatan untuk kebutuhan bisnis anda, anda bisa cek rumah mesin untuk melihat berbagai peralatan mesin kebutuhan anda.

Proses Pembuatan Keripik Pepaya

Cara membuat keripik pepaya sangat sederhana dan siapapun bisa mengikutinya. Proses pembuatan keripik pepaya meliputi mengupas pepaya kemudian dipotong-potong sesuai keinginan.

Jika Anda memotong pepaya, masukkan ke dalam penggoreng vakum, lalu tunggu beberapa saat. Setelah selesai, Anda mengambil parutan pepaya dan mengemasnya dengan berat dan juga membawanya ke pasar.

Pengemasan Produk Keripik Pepaya

Membuat kemasan yang menarik dan unik agar konsumen membeli produk. Cantumkan nama produk dengan label yang unik agar konsumen mudah mengingatnya. Daftarkan produk keripik pepaya ini ke BPOM untuk kehandalan produk lebih lanjut.

Promosi Produk Keripik Pepaya

Anda juga bisa memberikan produk snack keripik pepaya ini dengan cara memberikan produk ini melalui jejaring sosial dan juga memberikan produk ini kepada teman atau kerabat.

Dengan adanya promosi yang luas, kita dapat meningkatkan usaha kita dalam menjual produk. Produk pepaya kering juga akan semakin dikenal dan proses pemasarannya pun menjadi lebih mudah.

Strategi Bisnis

Agar bisnis keripik pepaya Anda laris manis, Anda perlu mengetahui strateginya. Misalnya dengan memberikan diskon pada setiap produk keripik pepaya yang akan dijual.

Mampu mengkreasikan berbagai keripik pepaya dengan rasa yang berbeda-beda untuk menciptakan kenikmatan dan juga membuatnya lebih unik bagi konsumen.

Anda juga bisa menjual parutan pepaya dengan harga terjangkau yang terjangkau oleh semua orang. Cukup berbicara tentang bisnis keripik pepaya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

Leave a Comment