Daftar Aplikasi Kirim Uang ke Luar Negeri Terbaik

Deretan Aplikasi Kirim Uang ke Luar Negeri Terpercaya dan Dijamin Aman

Dahulu mengirimkan uang ke luar negeri ada yang hal cukup sulit karena membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, ada prosedur yang harus dijalankan beserta biaya pengirimannya tidak murah. Namun sekarang sudah tidak lagi sebab adanya aplikasi kirim uang ke luar negeri yang memudahkan semuanya.

Beberapa Pilihan Aplikasi Kirim Uang ke Luar Negeri Terpopuler

Saat ingin mengirim uang ke rekening bank luar negeri, seseorang pasti mempertimbangkan keamanannya. Lebih-lebih jika biaya administrasi rendah apalagi bisa gratis. Inilah beberapa deretan aplikasi kirim uang ke luar negeri terpercaya dan dijamin aman yang bisa menjadi alternatif pilihan:

  1. Aplikasi Wise

Aplikasi transfer uang ke rekening bank luar negeri pertama adalah Wise. Aplikasi ini mempunyai banyak kelebihan. Beberapa diantaranya seperti biaya administrasi yang rendah, dan proses transaksi yang cepat. Selain itu, aplikasi ini dapat mengirimkan uang ke 50 negara lebih dalam 20 mata uang asing.

Wise sendiri diciptakan oleh Taavet Henrikus yang pernah bekerja di Skype. Pengguna tidak perlu khawatir cara transfernya, karena tahap-tahapnya dijelaskan dengan detail pada website/situs resmi Wise. Rekam jejak aplikasi ini sudah mengirimkan uang ke banyak negara di lima benua dengan aman.

  1. Aplikasi Spenmo

Karakteristik Spenmo adalah aplikasi transfer uang untuk kepentingan berbisnis. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan para pengusaha atau pebisnis ketika ingin bertransaksi antar negara dengan rekan bisnisnya. Cukup dengan mengirimkan invoice melalui e-mail, lalu semua urusan akan ditangani Spenmo.

CEO dan Founder Novel Ship, Richard Xia, mengatakan pembayaran di Spenmo sangat mudah seperti mengirim e-mail. Maka, ia dan pebisnis lain bisa menghemat waktu dan fokus pada usahanya yang lain. Kelebihan lain aplikasi ini yaitu Spenmo memiliki rate nilai tukar mata uang yang terbilang murah.

  1. Aplikasi Transfez

Aplikasi satu ini merupakan buatan lokal dalam negeri. Pendirinya bernama Edo Windratno yang pernah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Terdapat fitur khusus untuk transaksi bisnis dengan kurs kompetitif. Transfez menjamin keamanannya karena dipastikan tidak ada biaya tersembunyi.

Ada salah satu blogger yang sempat me-review aplikasi ini. Ia mengatakan bahwa Transfez memiliki kecepatan transaksi tinggi. Uang dapat diterima di hari yang sama saat pengiriman. Tidak hanya itu, biaya admin tetap sama (tidak berubah) berapapun jumlah nominal uang yang hendak ditransfer.

  1. Aplikasi Paypal

Jika disandingkan dengan ketiga aplikasi di atas, Paypal ada aplikasi yang pertama kali mempelopori layanan transfer uang ke luar negeri. Hadirnya aplikasi ini beberapa tahun lalu setelah internet menjadi booming seperti sekarang ini. Maka tidak heran jika Paypal sudah memiliki banyak pengguna.

Pengguna dapat mengirimkan uang dalam bentuk saldo ke rekening bank apapun dan dimanapun, baik dalam negeri atau luar negeri. Dalam proses transaksi, tidak ada keterangan apapun tentang pengirim yang bisa dilihat penerima. Maka dalam hal ini transaksi sangat aman dan privasi sangat dijaga.

  1. Aplikasi Western Union

Western Union merupakan salah satu money transfers yang juga mempunyai kecepatan saat proses transaksi sampai diterima. Biaya admin relatif rendah (murah) dan nilai tukar mata uang yang dapat menguntungkan pengirim. Aplikasi pesaing Paypal ini juga tidak kalah populer dengan lainnya.

Kelebihan Western Union khusus bagi pengguna Indonesia yaitu segala proses transaksi dijamin aman karena aplikasi ini bekerjasama dengan berbagai pihak. Beberapa diantaranya seperti PT Pos Indonesia dan BUMN. Selain aplikasi, ada juga versi website yang dapat difungsikan sama, yaitu bernama wu.com.

 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Menggunakan Aplikasi

Bagi pemula, pasti belum terbiasa dan mungkin masih kebingungan cara mentransfer uang ke bank antar negara. Memang tidak sederhana, namun bukan berarti sulit. Untuk mempermudah pemahaman, simak berikut ini gambaran cara mengirim uang ke luar negeri menggunakan contoh salah satu aplikasi di atas:

  1. Menggunakan Aplikasi Wise

Sebelum melakukan pengiriman uang, pastikan smartphone sudah terinstall aplikasi Wise. Jika belum, instalasi Wise bisa dilakukan melalui Google Play Store bagi pengguna android, dan App Store untuk pengguna iPhone. Kemudian pastikan koneksi internet kuat dan stabil untuk memulai transaksi.

  • Buka aplikasi Wise di smartphone.
  • Lakukan registrasi menggunakan e-mail.
  • Lalu masukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer.
  • Kemudian akan muncul biaya administrasi dan keterangan lengkap pengiriman.
  • Selanjutnya isi informasi dan rincian bank penerima.
  • Verifikasi identitas pengirim.
  • Lalu bayar transfer beserta biaya administrasi melalui transfer bank atau kartu debit/kredit.
  1. Menggunakan Aplikasi Transfez

Sama halnya seperti Wise, sebelumnya pastikan smartphone sudah terinstall aplikasi Transfez. Aplikasi ini memiliki rating 3+ dengan bintang 4,5. Ukuran Transfez yang tidak terlalu berat, membuat aplikasi ini bisa dioperasikan dengan mudah melalui smartphone tipe apapun. Berikut ini cara transfernya:

  • Buka aplikasi Transfez.
  • Lakukan pendaftaran/registrasi.
  • Pastikan registrasi berhasil.
  • Kemudian ketik jumlah nominal uang yang akan dikirim.
  • Lalu verifikasi identitas pengirim.
  • Selanjutnya masukkan nama lengkap penerima.
  • Masukkan informasi lainnya seperti alamat, swift kode bank yang dituju.
  • Berikutnya lakukan pembayaran total transfer.

Itulah beberapa aplikasi kirim uang ke luar negeri yang sering digunakan banyak orang. Masih banyak aplikasi lainnya baik dari bank konvensional ataupun perusahaan. Namun deretan aplikasi di atas memiliki kelebihan dan dan keunggulan tersendiri dari mulai kecepatan transaksi hingga tarif yang rendah.

Leave a Comment