Apa itu Backlink? Pengertian Backlink, Pengaruh dan Manfaat

Apa itu backlink?-Backlink adalah strategi yang perlu dipertimbangkan. Kemudian, website atau blog Anda juga berpeluang besar menjadi bertengger di halaman pertama dan keuntungan Anda pun akan meningkat.

Bisa dikatakan manfaat backlink bagi para blogger dan pengusaha sangatlah besar. Ini karena backlink dapat membantu Anda mengenal audiens Anda dengan lebih baik, memiliki otoritas di ceruk pasar Anda, dan mempromosikan produk atau layanan Anda di seluruh web.

Apa pun jenis situs web yang Anda miliki sekarang, dalam artikel ini kami akan membantu Anda memahami apa itu backlink. Selain itu kami juga menjelaskan tentang pengaruh fungsi backlink . Mari kita mulai apa itu backlink!

Pengertian Backlink

Backlink adalah link dari domain atau subdomain yang mengarah ke website lain. Terkadang backlink juga disebut sebagai “link masuk” atau “link masuk”, yang secara harfiah berarti “link masuk”, karena biasanya ditempatkan pada konten yang menerima atau menyediakan tautan ke situs web terkait lainnya.

Mirip dengan pilar, penggunaan backlink berfungsi untuk memperkuat posisi situs web atau konten yang ditautkan, sehingga mendapat peringkat tinggi dan stabil di SERP terkait dengan kata kunci tertentu.

Jika Anda ingin mendapat peringkat tinggi tanpa adanya susah payah Anda bisa menggunakan jasa backlink yang harganya murah tapi tidak murahan.

Misalnya, kami memiliki artikel tentang pengoptimalan situs web. Nah, untuk mendongkrak posisi artikel ini di Google, harus ada konten atau website lain yang mencantumkan link artikel kita di dalam konten, seperti yang sudah kami lakukan di paragraf ini. Backlink kemudian dibagi menjadi dua kategori umum, yaitu:

Internal Backlink

Internal backlink adalah tautan yang menghubungkan dua situs web di domain yang sama, memungkinkan pengunjung menemukan lebih banyak informasi tentang suatu topik atau membaca konten lain yang relevan.

Tujuan internal backlink adalah untuk meningkatkan jumlah waktu publik tetap menggunakan nama domain dan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke konten tertentu.

Internal backlink juga dapat mengurangi rasio pentalan, metrik yang menunjukkan bahwa pengunjung tidak suka membaca konten dan langsung menutupnya.

External Backlink

External backlink adalah tautan yang mengarah ke atau menerima dari domain lain. Tautan ini diperlukan saat situs Anda tidak memiliki konten yang dapat ditautkan pada topik tertentu, sehingga Anda menambahkan sumber daya dari situs lain.

External backlink tidak hanya membantu memberikan informasi kepada pengunjung, tetapi juga membantu situs lain yang Anda sebutkan membangun otoritas dan relevansi di mesin telusur.

Selain itu, jenis backlink ini secara perlahan “mengalirkan” lebih banyak lalu lintas ke domain eksternal yang ditujunya.

Manfaat Backlink untuk Ranking Website di Google

Apa itu backlink?

Secara umum, peran backlink adalah untuk mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain dengan produk, layanan, dan topik tertentu. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang mengelola website untuk menghasilkan pendapatan.

Jika situs web Anda mendapat peringkat dan menerima banyak backlink dari situs web lain, mesin pencari akan lebih memprioritaskannya untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Ya, mesin pencari seperti Google menganggap situs web atau konten yang sering direferensikan oleh backlink sebagai sumber yang kredibel dan andal, sehingga muncul lebih cepat di SERP untuk istilah pencarian.

Saat Anda mendapat peringkat tinggi, lalu lintas organik dan otoritas halaman situs web Anda (skor DA dan PA) di web juga meningkat, meningkatkan reputasinya sebagai referensi paling tepat untuk topik tertentu.

Tim periklanan atau pemasaran juga dapat mulai membuat kampanye penjualan produk atau bekerja sama untuk menempatkan spanduk iklan bersponsor di situs web yang telah mencapai posisi tinggi di SERPs.

Sekarang, dengan mengikuti prinsip ini, orang harus selalu ingat bahwa backlink internal dan eksternal sangat penting untuk situs web Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara mendapatkan backlink yang berkualitas, bukan hanya kuantitas.

Pengaruh Backlink Terhadap SEO Website

Anda bisa mendapatkan banyak peluang bisnis jika bisa mendapatkan posisi pertama di Google. Tentunya hampir semua pemilik website memimpikan hal ini.

Peringkat tinggi di Google menunjukkan bahwa situs web atau konten Anda berkualitas tinggi dan relevan, sehingga pengguna lain merujuknya di situs web mereka atau membagikannya di media sosial dan tautan balik mengarah langsung ke domain Anda.

Saat orang menelusuri topik tertentu di Google, situs web Anda menjadi salah satu referensi teratas karena relevansinya dengan topik yang dicari dan bahkan mungkin muncul sebagai artikel unggulan.

Jika banyak orang membagikan dan menautkan ke konten Anda, mereka akan merasakan manfaatnya. Nah, dari sinilah backlink bisa berdampak besar pada SEO yang menjadi salah satu faktor penentu ranking sebuah website.

Siap! Sekarang Anda tahu sedikit tentang backlink. Dimulai dengan pengertian backlink, bagaimana pengaruhnya terhadap SEO website dan manfaat backlink dalam hal peringkat situs Google.

Leave a Comment